Rabu, 31 Oktober 2012

Sukses Pemilik Hotel Losari Group


Semua orang pasti pernah diperhadapkan dengan pilihan. Berani menantang pilihan dan risiko itulah yang memberi sukses untuk Arwan Tjahjadi. Pengusaha sekaligus tokoh Tionghoa Sulsel ini kini memiliki grup hotel tersebut di Indonesia. Dia juga warga keturunan yang sempat merasakan duduk sebagai politisi di DPRD Makassar.
Bagi pemilik Hotel Losari Group, risiko itu laksana hujatan yang justru akan membuatnya lebih semangat dalam berusaha. “Dulu saya diperhadapkan pada dua pilihan. Apakah saya berada di dunia ekademisi atau di dunia usaha. Dengan segala pertimbangan, saya akhirnya memilih dunia yang saya geluti sekarang yakni dunia usaha,” beber Arwan mula-mula mengisahkan perjalanan hidupnya.
Banyak orang yang ingin menjadi pengusaha dengan iming-iming kebebasan waktu dan kebebasan finansial yang ditawarkan dunia bisnis. Namun tidak banyak dari mereka yang bertahan dengan segala risiko dan ujian yang selalu siap menghadang. Hal itu pula yang membuat banyak gagal dan terhenti di tengah jalan.
Memang tidak mudah menjadi pengusaha. Apalagi pengusaha yang benar-benar sukses dengan beberapa kepemilikan aset. Arwan adalah salah satu dari sedikit contoh terbaik tentang pengusaha sukses yang memulai kariernya dari nol. Kegagalan bukan hal asing lagi bagi pria berdarah Tionghoa ini.
“Saya memulai semuanya dari kontraktor kecil-kecilan. Biasanya juga saya menghendel panggilan pengecetan, pembersihan kamar mandi dan usaha kecil lainya,” kata bapak tiga anak itu.
Uniknya lagi, usaha itu dia mulai sejak dia masih berstatus mahasiswa. Ternyata usaha yang dibangun tidak menggangu kegiatan akademik. Hal itu terbukti karena semasa kuliah dia bahkan diangkat menjadi asisten dosen di Fakultas Teknik tempatnya menimba ilmu.
Lantas bagaimana Arwan memulai usahanya hingga saat ini dia telah memiliki berbagai aset usaha yang tidah hanya terdapat di Makassar tapi juga di Bali? Semuanya bermula pada waktu ia berkenalan dengan pemilik sebidang tanah yang di dalamnya terdapat gedung tua di Kota Daeng ini. Arwan lantas mengajukan untuk membuat ruko dan ide itu ternyata disambut baik sang pemilik tanah.
“Gedung itu selanjutnya saya buatkan restoran di lantai satu dan dua sementara di lantai tiga saya buat semacam hotel kecil. Uniknya, belum selesai pembuatan hotel di lantai tiga itu sudah ada yang mau menghuni,” Arwan berkisah.
Arwan kemudian memberi nama ruko itu Losari Beach Restaurant. Nama tersebut diberikan karena lokasinya yang memang berdekatan dengan pusat keramaian Kota Makassar yakni Pantai Losari.
Pengembangan hotel berjalan terus. Arwan akhirnya mendirikan Losari Beach Inn dengan 36 kamar. Itu pun hasil dari keraguan di tengah kondisi ekonomi sulit. Bagi Arwan, tak ada kata mundur dengan kondisi sesulit apapun. Dengan susah payah, Arwan kembali membangun Metro Losari Hotel  dengan 57 kamar. Bersamaan dengan itu, juga berlangsung pembangunan Losari Blok M, Jakarta.
“Waktu itu resiko yang saya hadapi besar sekali karena bertepatan dengan krisis ekonomi tahun 1997. Namun itu tidak membuat saya menyerah dengan penuh kesabaran dan ketekunan saya menyelesaikan pembagunan Hotel Losari Blok M itu,” tuturnya.
Hotel Losari Beach yang bernaung di bawah di bawah Group Hotel Losari merupakan hotel kedua yang dibangun setelah Hotel Losari Inn. Di Makassar, Arwan memiliki tiga hotel. Sementara Hotel di Blok  M Jakarta merupakan hotek keempat dan Hotel kelima Arwan yang terdapat di di Bali yakni Hotel Losari Kuta.
Sosok Arwan bukanlah pria yang ingin sukses seorang diri. Setiap ada waktu luang, dia sering mengadakan diskusi dengan para karyawannya. Melalui diskusi itu, Arwan selalu menyelipkan motivasi kepada semua karyawannya.
“Saya selalu berkata kepada mereka, kalau kalian mau melihat ke atas jangan lupa untuk melihat ke bawah. Dengan begitu kamu akan bersyukur bahwa masih banyak orang yang kurang beruntung dibanding diri kalian,” kata mantan anggota DPRD Makassar ini.
Demikian pula saat Arwan memberikan bantuan kepada orang. Arwan selalu memberikan motivasi dengan kata pamungkasnya.
“Tanamkan dalam diri kalian bahwa kalau hari ini anda yang diberi bantuan, maka anda harus yakin suatu saat kalian yang akan memberi bantuan kepada orang lain,” demikian Arwan.
Menurut dia, semua orang bisa sukses asal ada kemauan dan komitmen. “Suksek itu bukan meloloti biji jagung kemudian berdoa. Kita harus membawa biji jagung itu ke sebuah kebun lalu menanam dan merawatnya. Artinya, sukses itu butuh usaha dan keinginan yang kuat,” ujarnya menutup perbincangan.
Sumber : wordpress.com

Pengusaha ASKES


Mungkin tidak pernah terlintas dipikiran seorang I Gede Subawa untuk dapat menempati posisi strategis sebagai direktur perusahaan asuransi kesehatan. Lahir di Tabanan, Bali, dari keluarga petani, I Gede mempunyai cita-cita untuk membela negara, dan masuk ke sekolah AKABRI. Namun, keinginannya masuk sekolah AKABRI mendapatkan hambatan dari orangtuanya.

"Orangtua saya kan petani, saya sadar betul kalau kuliah ke Fakultas Kedokteran itu pasti mahal. Jadi saya pilih masuk ke AKABRI, karena AKABRI dibiayai oleh negara, tapi tidak boleh sama orangtua," kata dia, kala berbincang dengan Okezone beberapa waktu lalu.

Anak pertama dari enam bersaudara ini akhirnya serius menjalani kuliahnya di Fakultas Kedokteran sesuai keinginan orangtuanya. Selain karena dorongan orangtua, pengalaman masa kecilnya juga memantapkan langkahnya di dunia kesehatan. Ini terjadi karena saat masih kecil, I Gede pernah menderita penyakit disentri akibat hobinya jajan makanan di pinggir jalan.

Saat itu, orangtuanya kewalahan memeriksakan anaknya ke klinik terdekat karena disentri yang cukup hebat, mengingat dokter yang membuka praktek di daerah Tabanan sangat minim, hanya satu dokter yang membuka praktek.

I Gede masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) kelas 2 cukup takut saat diperiksa oleh doktor. Bahkan, karena terlalu takut dia sampai melarikan diri. Bukan karena ketakutannya akan dokter yang membuat dia lari, namun lebih kepada perlatan yang digunakan oleh si dokter. "waktu itu saya lari karena melihat suntikan sebesar itu ga kebayang sakitnya seperti apa," tutur I Gede sambil tertawa.

Namun, peristiwa tersebut malah membawa dampak positif. Sejak saat itu, karena takut akan dibawa ke dokter, dia enggan untuk jajan sembarangan di pinggir jalan lagi.

Selain kisah jajanan di pinggir jalan dan jarum suntik, I Gede mengungkapkan masih ada alasan lain yang mendorongnya menjadi seorang dokter. Bukan karena kejadian tidak menyenangkna, namun karena dia melihat mobil sedan putih yang terparkir di halaman seorang dokter, di daerah Tabanan. "waktu itu saya tihat mobil sedan putih milik dokter kok sepertinya keren sekali, saya ingin seperti dokter itu," kata dia.

Oleh karena itu, meskipun berasal dari keluarga seorang petani, yang memiliki kemampuan ekonomi pas-pasan, namun I Gede tetap masuk ke kedokteran. Hal tersebut, lantaran usaha keras kedua orangtua I Gede. Upaya ini, mampu mendorong I Gede masuk fakultas Kedokteran Universitas Udayana Bali.

"Dengan kondisi ekonomi yang pas-pasan saya menjalani kuliah di Fakultas Kedokteran. Saya masuk 1971 dengan biaya seadanya, keinginan orangtua yang keras dan saya berusaha menjalaninya dengan sungguh-sungguh, karena kuliah di Fakultas Kedokteran itu tidak murah," jelas dia.

Untuk tetap menjaga agar pendidikannya berjalan, dia rela pulang-pergi menggunakan sepeda dari tempat kuliahnya di Udayana, Denpasar, ke tempat tinggalnya di Tabanan. Bukan jarak yang dekat, karena sehari dia harus menempuh perjalanan kurang lebih 60 kilometer, untuk sekedar membawa bekalnya seperti beras dan bahan pokok lainnya. "setiap hari jumat pasti saya pulang ke rumah untuk membawa bekal, bersama teman-teman yang bertempat tinggal di Tabanan beramai-ramai naik sepeda," kenang I Gede.

Untungnya, pihak unversitas tidak terlalu membebankan dia dengan biaya kuliah yang terlalu tinggi. Bahkan pihak Universitas tetap mengizinkannya mengikuti kegiatan kuliah, ketika dia belum membayar uang semester. Usahanya tidak sia-sia, setelah menjalai lima tahun perkuliahan, dia berhasil menyabet gelar predikat mahasiswa terbaik dari 24 orang teman satu angkatannya pada 1978.

"Sebenarnya saya lulus 1977, namun karena menunggu teman-teman untuk menjalani pelantikan yang berbarengan, sehingga saya dicatat lulus tahun 1978," tutur pria lulusan SMA Tabanan Bali tahun 1970 ini.

Setelah lulus dari Udayana, penyuka lagu-lagu Broery Marantika tersebut langsung menjadi dokter, dan mengabdikan diri di puskesmas di Nusa Tenggara Timur, di salah satu kecamatan yang jauh dari pusat kota, berbatasan dengan Timor-timur, selama 2 tahun sejak 1978 hingga 1980.

Lalu tahun 1980 sampai tahun 1983 I Gede dipilih oleh Bupati Atambua menjadi Direktur rumah sakit di Atambua yang memiliki sekira sembilan tempat tidur pasien. Di rumah sakit itu, hanya dia yang menjadi dokter di poliklinik yang siaga selama 24 jam, dan itu dijalaninya selama tiga tahun. Setelah itu, dia dipindahkan ke Flores Timur di Dinas Kesehatan. 

Di sana, I Gede menjabat sebagai kepala kantor perwakilan cabang di Ende NTT dan wilayah Manggarai selama lima tahun, kemudian pada 1988, I Gede dipromosikan sebagai Kepala kantor Cabang di Bali selama dua tahun hingga 1990.

Guna menunjang keperluan pekerjaannya, I Gede kembali mengambil kuliah di Universitas Gajahmada (UGM) pada 1996, dan mengambil jurusan Manajemen Rumah Sakit. Karena prestasinya tersebut, dia dipilih menjadi Kepala Kantor Cabang Jawa Tengah.

Bekerja menjadi kepala kantor cabang membuat I Gede harus meninggalkan statusnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan 4B pada 1996. Baru pada tahun 2000 I Gede dipercaya sebagai Direktur Operasional PT Askes, "saya tidak menyangka perjalanan karir ini menjadi Kepala Kantor Cabang lalu diangkat sebagai Direktur Operasional," tutur I Gede.

Pindah ke salah satu perusahaan pelat merah tidak lantas membuat I Gede dapat santai. Menurutnya, Askes selalu di nomor duakan karena pelayanannya yang belum memadai, sehingga menjadi tantangan besar dirinya untuk mengubah citra Askes di mata masyarakat. "saat itu kami di lapangan selalu dihadapkan dengan situasi tidak nyaman," tutur I Gede.

Dia mengungkapkan, keraguan masyarakat untuk mengikuti Askes, juga didasar atas belum adanya kerjasama askes dengan rumah sakit swasta. Oleh karena itu, dia membuat perubahan dengan cara bekerjasama dengan rumah sakit swasta. Hingga kini, askes lebih bekerjasama dengan 250 rumah sakit swasta di seluruh Indonesia.

"Saya yakin kedepan akan sangat banyak sekali membutuhkan rumah sakit swasta dengan perlakuan yang sama terhadap peserta pengguna Askes," tutur I Gede.

I Gede memaparkan, melayani orang sakit memang harus lebih hati-hati karena lebih sulit ketimbang melayani orang-orang yang datang ke bank, maupun ke hotel. Karena, orang sakit memiliki ketidakstabilan mental psikologis antara bisa di sembuhkan atau tidak yang juga selalu terbentur dengan permasalahan biaya. Namun, semua itu terbayarkan, karena masyarakat yang tertolong banyak yang berterimakasih. 

Dia menambahkan, PT Askes merupakan perusahaan yang utamanya bukan mencari untung, mengingat tugas pokoknya adalah memberikan pelayanan yang baik kepada pesertanya.  "saya akan mengerjakan pekerjaan sebaik mungkin, sesuai amanat dari kitab suci yang saya pegang. karir ini saya jalankan dengan cara yang terbaik," jelas dia.

Hingga kini, Askes telah memproduksi lebih dari 1.600 jenis obat yang telah di negosiasikan dengan pabrikan obat sehingga para peserta Askes bisa membeli obat dengan harga murah. Selain itu, Dia juga mengaku telah mencapai cita-citanya yakni memiliki mobil sedan berwarna putih yang di lihatnya semasa kecil di halaman rumah dokter yang tidak jauh dari rumahnya. 

Sumber : ceritadanwarta.com

Dibalik Kisah Sukses Harley Davidson


Kalau mendengar kata "Motor Gede" alias Moge, pasti semua melirik nama Harley Davidson. Dapat dikatakan inilah pabrikan moge paling terkenal diseluruh dunia. Pabrikan asal Amerika Serikat ini dikenal sebagai pelopor mesin berkonfigurasi V dua silinder yang lebih sering disebut V-twin. Mesin yang kini banyak digunakan oleh pabrikan moge lainnya, termasuk pabrikan Ducati.

Kisah sukses pabrikan Harley Davidson berawal pada tahun 1903, dimana William Harley dan Arthur Davidson mempunyai ide untuk membuat motor yang mampu menjinakan tanjakan yang terletak di daerah Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat. Kedua remaja yang baru berumur 20 tahunan ini akhirnya berhasil membuat sepeda motor pertama mereka. Didukung mesin satu silinder berkapasitas 60cc, motor ini berhasil melahap tanjakan tersebut dengan mudah.

Setelah sukses pertama tersebut, dua tahun berselang perusahaan bernama Harley-Davidson Motorcycles Co. Mulai berdiri. Sebelumnya dua saudara dari Arthur telah bergabung di dalamnya, yaitu Walter dan William Davidson. Menggunakan gubug kecil yang terletak di belakang rumah keluarga Davidson, mereka berempat memproduksi hasil karyanya sebanyak 3 buah, sebelum akhirnya berpindah ke Juneau Avenue. Di ruangan yang lebih luas mereka berhasil menyelesaikan 150 unit produksi yang semuanya ludes terjual.

Dan mesin V-twin yang menjadi ciri khas Harley Davidson terbentuk di tahun 1911. Berawal dari mesin V-twin 45 derajat berkapasitas 790cc, Harley Davidson mulai membentuk image sebagai pabrikan moge pelopor mesin V-twin. Dengan hasil karyanya ini Harley Davidson mampu menembus angka produksi hingga lebih dari 1.000 unit. Dua tahun setelahnya Harley Davidson bahkan mampu menembus angka produksi hingga 13.000 unit setelah pabriknya diperluas, dan masih terus bertambah.

Kesuksesan yang diraihnya, menjadikan Harley Davidson sebagai perusahaan sepeda motor terbesar di dunia di awal tahun 1920. Berbagai karya terbaru mulai lahir, mulai dari mesin V-twin yang kapasitasnya menjadi 1.184cc, Tangki bahan bakar yang berbentuk tetesan air (1925), hingga penggunaan rem depan (1928). Semua karyanya menuai kesuksesan sehingga mampu mengantarkan Herley Davidson melewati masa The Great Depression di tahun 1933, bersama saingan terdekatnya Indian.

Setelah mampu melewati masa kritis tersebut, Harley Davidson mulai bangkit kembali dengan membuat mesin V-twin model EL berkapasitas 976cc yang sering disebut model Knucklehead. Kebangkitannya berlanjut hingga masa Perang Dunia II, dimana produksi motornya dialihkan untuk kebutuhan perang pasukan sekutu. Pada masa PD II antara tahun 1941-1945 tersebut, mereka mampu memproduksi 90.000 unit seri WML. Dengan prestasinya membantu pasukan sekutu, Harley Davidson memperoleh penghargaan dari Angkatan Laut USA berupa medali "E".

Setelah masa PD II, Harley Davidson kembali memproduksi kendaraan roda dua untuk masyarakat sipil. Terlepas dari itu, ternyata banyak para veteran PD II yang tertarik untuk memiliki motor yang setia menemaninya di masa PD II. Para veteran tersebut kemudian menjadi awal munculnya penggemar fanatik Harley Davidson.

Tiga tahun setelah PD II berakhir, Harley davidson kembali berinovasi dengan memperkenalkan mesin berkapasitas 1.184cc V-twin yang dilengkapi dengan katup hidrolik dan silinder head yang terbuat dari bahan alumunim. Mesin ini kemudian dikenal dengan nama The Pan Head, karena bentuknya yang menyerupai wajan terbalik. Tak sampai disitu, mereka terus mengeluarkan karya-karya terbarunya, sebut saja Harley Davidson Sportster yang legendaris dan Duo Glide yang menggunakan suspensi hidrolik di tahun 1957. Tahun 1963 Harley Davidson mulai menggunakan bahan fiberglass dengan membeli 60% saham produsen fiberglass bernama Tomahawk Boat Manufacturing Co.

Pada tahun 1969 , Harley Davidson Motorcycles Co. bergabung dengan perusahaan American Machine and Foundry. Ketika bergabung, Harley Davidson justru mengalami masa paling sulit dimana pabrikan sepeda motor dari Jepang mulai menggerogoti pangsa pasar mereka di Amerika di tahun 1970-1980. Bayangkan dalam rentang waktu tersebut, Harley Davidson yang awalnya menguasai 80% pangsa pasar sepeda motor di Amerika, turun drastis hingga tinggal 20%. Hal ini diakibatkan oleh harga sepeda motor asal Jepang yang jauh lebih murah serta prestasinya di lintasan balap motor dunia macam MotoGP.

Tak tinggal diam, pada tahun 1980-an Harley Davidson mengambil langkah besar dengan mengajukan bantuan dana sebesar US$80 juta kepada Citycorp untuk membeli sahamnya kembali. Dengan langkah tersebut, Harley Davidson mulai merubah konsep jualannya, dari produk yang harganya terjangkau berubah menjadi produk yang berharga tinggi. Namun hal itu tidak menurunkan minat dari pabrikan moge legendaris ini.

Harley Davidson kini menjelma menjadi pabrikan sepeda motor elite di dunia. Tak heran jika banyak bermunculan pecinta Harley Davidson di seluruh dunia. Dan Harley Owner Group (HOG) merupakan komunitas pecinta Harley Davidson terbesar di dunia, dengan anggotanya yang mencapai angka 1juta dan tersebar di seluruh penjuru dunia. Sebuah komunitas sepeda motor yang mungkin terbesar di dunia. Selain itu, kesuksesan Harley Davidson juga ditandai dengan banyaknya produk mereka yang muncul di layar lebar. Sebut saja dalam film Terminator maupun Ghost Rider. 

Sumber : kabar-banten.com

Sukses Sabun Raih Ratusan Juta


Wiyana Dewi pernah mengalami segala macam masalah hidup. Namun,dari sanalah ibu dua anak ini menempa diri sehingga bisa seperti sekarang, menjadi pelaku usaha yang mampu menghidupi orang di sekelilingnya.
Perjalanan Wiyana Dewi menjadi pengusaha sabun berawal dari beragam cobaan hidup yang dia alami. Kisah Wiyana membuat mata terbuka bahwa Tuhan sebenarnya selalu punya rencana di balik masalah demi masalah yang ditimpakan kepada umatnya. Wiyana merupakan korban pemutusan hubungan kerja (PHK).
Perusahaan di bidang kosmetik yang telah mempekerjakannya selama sembilan tahun gulung tikar pada 1999 lantaran terjangan krisis ekonomi global.
PHK itu sekaligus menjadi akhir petualangannya sebagai karyawan. Selama 19 tahun, sosok yang tegar ini bekerja dari satu perusahaan ke perusahaan lain karena tuntutan ekonomi.
“Waktu terkena PHK, saya benar-benar bingung. Mau ke mana masa depan saya dan keluarga? Sementara saya masih punya tanggung jawab yang harus dituntaskan,” terang anak kedua dari empat bersaudara ini.
Wiyana dikenal sebagai sosok yang peduli dengan kehidupan saudaranya. Uang hasil jerih payahnya bekerja sebagian dia gunakan untuk membantu pendidikan adik-adiknya.
Dia rela mengorbankan kuliahnya di bidang farmasi demi melihat kakak dan adik-adiknya berhasil dalam pendidikan. “Saya lebih baik mengalah asal mereka bias menyelesaikan studi,” ujarnya.
Di tengah kegamangan menghadapi cobaan hidup tersebut, Wiyana memutuskan memulai usaha pembuatan sabun. Perempuan yang sekarang menginjak usia 54 tahun itu mengaku sudah “jatuh cinta” dengan dunia kosmetik dan kecantikan sejak remaja.
Awalnya dia hanya membeli bahan baku yang sudah jadi, untuk kemudian dijual lagi kepada konsumen.Waktu itu Wiyana mengaku kehidupannya memprihatinkan. “Untuk makan saja susah,” kenangnya.
Usahanya menunjukkan perkembangan positif ketika dia berkenalan dengan supplier peralatan mandi untuk hotel. Dalam waktu bersamaan, dia pun sempat mendapat pesanan sampo khusus untuk mencuci motor. Ketika mendapat pesanan tersebut, Wiyana mengaku begitu semangat mengerjakan.
“Saya angkut-angkut sendiri bahannya pakai celana pendek yang penting saya bisa memenuhi pesanan tersebut,” ujarnya seraya menunjukkan lokasi awal dia memulai usaha di sekitar tempat tinggalnya di wilayah Bekasi, Jawa Barat.
Dari sana, usaha pembuatan sabun yang dilakoni Wiyana mulai berkembang. Pesanan mulai berdatangan. Dari yang awalnya dikerjakan sendiri,Wiyana mulai mempekerjakan beberapa karyawan.
Namun, di saat usahanya mulai berkembang, masalah baru kembali menghampiri. Kali ini terkait dengan biduk rumah tangganya. Pernikahan yang telah terbina bertahun-tahun dengan suami tercinta dan menghasilkan dua buah hati kandas pada 2003. “Saya kembali ke titik nol karena perceraian tersebut,” tutur perempuan yang memutuskan tetap sendiri hingga sekarang.
Namun, kehidupan harus tetap berjalan. Selepas perceraian tersebut, Wiyana kembali menggeluti usaha pembuatan sabun. Ketika memulai lagi usahanya, dia mengaku banyak dibantu Bank Tabungan Negara (Bank BTN), khususnya dalam permodalan. Wiyana mendapat gelontoran pinjaman modal dari Bank BTN sebesar Rp300 juta.

Wiyana telah menjadi nasabah Bank BTN Cabang Bekasi sejak 1984 ketika dia memutuskan mengambil rumah yang sekarang dia tempati. “Kebetulan Bank BTN menawari saya mengambil pinjaman untuk usaha,” tuturnya.
Pinjaman itu dia manfaatkan untuk membuat pabrik kecil-kecilan dan membeli mesin produksi. Dari pengembangan itu, usahanya kini tak hanya memenuhi pesanan peralatan mandi hotel, melainkan juga melayani pemesanan dalam bentuk sabun jadi yang diminta para supplier.
Ibu dari Felisia dan Michel tersebut mengaku, perkembangan usahanya juga banyak dibantu anak bungsunya. “Michel banyak membantu pengembangan usaha saya dengan beragam inovasinya,” katanya bangga.
Saat ini beberapa inovasi produk yang dikembangkan adalah dengan membuat sabun-sabun transparan yang memiliki cita rasa seni. Dalam sabun transparan tersebut bisa dibuat gradasi atau dimasukkan foto-foto. Juga aneka bentuk hiasan lain seperti bentuk cocktail.
Beberapa produk sabun lainnya yang dikembangkan adalah sabun-sabun dengan bahan herbal, misalkan saja dari daun sereh atau pepaya. “Ke depan kita akan terus melakukan inovasi,” kata Wiyana yang telah mematenkan tiga produknya, freshmint untuk pasta gigi, we-ef untuk sabun, dan produk shampo.
Hingga sekarang produk usaha Wiyana telah menyebar ke mana-mana, bahkan hingga mancanegara. Anehnya, Wiyana menyebut dia tak pernah menggunakan jasa sales untuk menjual produknya.
“Ya, puji Tuhan pesanan datang dengan sendirinya tanpa perlu saya keluar dari rumah,” kata perempuan yang begitu yakin dengan berkah yang diberikan sang pencipta tersebut. Wiyana menjelaskan, penjualan produknya setidaknya mampu meraih omzet Rp100 juta per bulan.
Usahanya juga mampu mempekerjakan 27 karyawan yang ratarata anak-anak kurang mampu dari lingkungan sekitar usahanya. Untuk memperlancar operasional usahanya,
Dia mengaku menggunakan kendaraan Daihatsu Gran Max sejak setahun lalu.
Meski kesuksesan sudah diraih, kehidupan Wiyana tetap sederhana. Dia hanya ingin kehidupannya bermanfaat bagi orang-orang di sekitarnya.

“Satu hal yang ingin saya tekankan dari kisah saya adalah, jangan menyerah dengan masalah. Justru masalah itu harus kita hadapi. Dari sana, kita akan menjadi manusia yang lebih kuat,” kata Wiyana. 
Sumber : wirasmada.wordpress.com

Bisnis Batik Miliki Puluhan Karyawan


Karyawan sekaligus juragan. Itulah peran Sumarlinah selama lebih dari 20 tahun. Hebatnya, kendati harus memikul tanggung jawab besar, ibu dua anak ini sukses menjalani karier gandanya. Hanya, untuk meraih keberhasilan itu, perjalanannya tak selalu mulus.
Lina, sapaan gaulnya, bertutur bahwa usaha yang dia rintis berawal dari iseng. Suatu ketika di awal tahun 1990-an, seorang temannya di Jakarta meminta dikirimi batik dari Pekalangon untuk dijual kembali. Saat itu jumlahnya hanya beberapa potong baju. Rupanya, batik tersebut cukup diminati.
Ordernya pun terus bertambah. Merasa mendapat angin, Lina mulai menawarkan barang dagangannya kepada beberapa pedagang di Yogyakarta. Hasil-nya pun tak sia-sia: laris manis. Omzet penjualan yang semula hanya ratusan ribu, membengkak hingga Rp 11 juta setiap kali mengirim barang.
Namun wanita pensiunan ini sempat ragu melanjutkan bisnis sampingannya. Maklum, Bank Rakyat Indonesia (BRI), tempatnya pernah meniti karier, melarang para karyawan bekerja di luar kantor. Tapi karena tergoda dengan keuntungan yang lumayan gede, profesi ganda itu dia lakoni secara diam-diam. “Untungnya setelah reformasi larangan itu dicabut. Jadi saya makin leluasa berbisnis,” tutur dia.
Untuk memasok permintaan dari luar kota, awalnya Lina hanya membeli barang dari pedagang di Pekalongan dan menjualnya kembali. Pasalnya, di kota santri itu batik merupakan industri rumahan. Lama-kelamaan Lina menyadari sistem berdagang seperti itu tak bakal bertahan lama. Maklum, persaingan di bisnis ini amatlah ketat.
Sejak 2005, Lina makin serius menekuni bisnis batiknya. Jika sebelumnya hanya sebagai penyalur, ia bertekad untuk memproduksi sendiri barang dagangannya. Untuk memudahkan rencananya, Lina mengajukan pinjaman senilai Rp 50 juta ke tempatnya berkarier. Setelah cair, sebagian dana tersebut ia gunakan untuk mendirikan toko di Jalan Gajah Mada Pekalongan. Dengan memiliki tempat penjualan sendiri, Lina merasa akan lebih mudah mengelola usahanya.
Selain itu, agar batiknya memiliki ciri tertentu, Lina mulai membuat desain baju dan motif sendiri. Awalnya pemilik Lina Collection ini juga tak terlalu pede bisa membuat desain menarik. Sebab, dia tak memiliki latarbelakang pendidikan maupun keluarga pembatik. Tapi dengan keyakinan tinggi, sembari terus belajar dari berbagai desain dan motif batik yang sudah ada, Lina memantapkan langkahnya.
Suatu ketika datang pesanan batik dari Maluku. Untuk memuaskan sang pelanggan, dia lantas mempelajari berbagai corak batik yang dominan di wilayah tersebut. Misalnya, orang Maluku lebih banyak menggunakan corak seperti pakis, pala, dan burung. Semen-tara itu, warna yang dia sukai cenderung alami, seperti warna hijau.
Dari sana, Lina pun mencoba membuat motif batik yang sesuai dengan karakter dan budaya Maluku. Hasil kreasinya itu kemudian diberikan kepada para perajin batik untuk diproduksi. Ternyata, sang pelanggan mengaku puas terhadap produk tersebut.
Agar kualitasnya terjaga, Lina mengangkat seorang manajer untuk memonitor produksinya. Sebab, ia tak punya banyak waktu karena masih harus mengurusi pekerjaan di kantor. Meski begitu, ia tetap mengontrol langsung proses produksi tersebut; terutama dalam memilih bahan baku. “Saya mengurus bisnis ini setelah pulang dari kantor,” ujar dia.
Anak ketujuh dari delapan bersaudara ini mengungkapkan, keberaniannya membuat produk sendiri ternyata direspon positif oleh masyarakat.Ter-bukti, permintaan dari beberapa daerah terus bertambah. Padahal jika dibandingkan dengan produk sejenis di Peka- longan, harga batik buatannya relatif lebih mahal.
Selain menjual batik tulis, Lina juga memproduksi batik cap. Harganya pun bervariasi. Satu lembar kain batik tulis dihargai Rp 900.000. Namun, untuk menjaga pangsa pasarnya tetap stabil, Lina lebih banyak membuat batik yang harganya kurang Rp 1 juta per lembar batik.
Wanita kelahiran Pekalongan, 57 tahun silam ini mengaku batiknya dijual seharga Rp 85.000-Rp 200.000 per potong. Dalam sebulan omzet penjualannya antara Rp 20 juta – Rp 70 juta. Untung bersihnya sekitar 30 persen. Selain mengandalkan penjualan lewat tokonya di Pekalongan, kini Lina juga telah membuka sebuah outlet di ITC Kuningan Jakarta Selatan.
Untuk memperluas pasar, Lina juga sering mengikuti berbagai ajang pameran. Apalagi sebagai salah satu mitra binaan PT Taspen, dia memperoleh berbagai kemudahan. Misalnya fasilitas dan akomodasi gratis selama berpameran. Setiap kali  mengikuti pameran, Lina bilang, penjualannya bisa mencapai Rp 70 juta.
Lina menuturkan, perjalanan bisnisnya tak selalu mulus. Kegagalan demi kegagalan pernah ia alami. Misalnya, ketika menawarkan barang ke luar kota. Karena belum dikenal, tak jarang batik buatannya ditolak. “Tapi itu bagian dari usaha. Buktinya, dengan kerja keras akhirnya banyak pembeli yang datang,” kata dia.
Di masa tuanya, kini Lina bisa berbangga. Disamping hidupnya secara materi berkecukupan, dia juga bisa memberikan lapangan kerja kepada para tetangganya. Oh, iya, jumlah karyawan yang bekerja di tokonya sekarang sebanyak 13 orang; sementara perajin batik yang menjadi mitranya jauh lebih banyak lagi.
Taspen awali kehidupan Sumarlinah
Sebagai ibu rumah tangga, Sumarlinah sadar bahwa pilihan hidupnya untuk bekerja di kantor sambil berdagang bakal banyak menyita waktu. Maka, setiap kali ada kesempatan, wanita yang 35 tahun mengabdi di BRI itu selalu berusaha menyelesaikan tugas-tugasnya.
Salah satu tugas yang tak pernah dia tinggalkan adalah melayani suami dan memonitor perkembangan putra-putrinya. “Saya sering nungguin mereka kalau belum sampai di rumah saat Magrib tiba,” ujar dia.
Alhamdulillah, semuanya bisa berjalan tanpa masalah. Keluarga utuh, pekerjaan kantor lancar, bisnis pun makin encer. Lina menuturkan, keberhasilan yang kini diraihnya tak lepas dari bantuan banyak pihak. Salah satunya PT Taspen. Di samping mendapatkan pinjaman lunak, sebagai mitra binaan, ia sering mendapatkan undangan untuk mengikuti berbagai pameran.
Momentum. Itulah yang membuat usahanya makin bertambah moncer. Soalnya, jika hanya mengandalkan penjualan di satu kota, pasar tidak akan pernah berkembang. Apalagi batik bukan lagi monopoli produk pribumi.
Saat pertama ikut pameran, Lina  langsung mendapat pesanan besar. “Itu momen yang tak pernah terlupakan,” ujar wanita yang menjadi mitra Taspen sejak tiga tahun lalu itu. 
Sumber : wirasmada.wordpress.com

Presiden Maicih Inovasi Kesuksesan


Pengalaman pribadi dalam menghadapi pahit-manis kehidupan menjadi inspirasi tersendiri bagi Reza Nurhilman untuk membagikan perjalanan suksesnya tersebut kepada masyarakat. Presiden (pemilik dan pendiri) Maicih, produk keripik pedas dari Bandung ini, meluncurkan buku Revolusi Pedas Sang Presiden Maicih di Blitz Megaplex Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (29/6/2012) lalu.

"Semua cerita dalam buku ini adalah cerita kisah nyata dari kehidupan saya sendiri," ungkap Reza kepada Kompas Female.

Buku ini memaparkan jatuh-bangun dan perjuangan Reza, atau yang biasa disapa AXL, untuk bertahan hidup bersama keluarga. Terlahir dari keluarga yang tidak kaya membuatnya harus berpikir keras membantu perekonomian keluarga. Suatu ketika ia memutuskan untuk menjual keripik singkong. Keberanian untuk menjadi penjual keripik singkong yang identik dengan makanan tradisional yang tak berkelas ini patut diacungi jempol.

Kreativitas dan inovasinya dalam mengolah keripik singkong ternyata mampu menaikkan derajat camilan tersebut menjadi makanan yang punya nilai jual lebih, dan menjadi produk bergengsi yang sukses menembus pasar internasional. Keberhasilan pria berusia 24 tahun ini dalam menggawangi Keripik Maicih dari nol sampai menembus omzet miliaran rupiah per bulan merupakan bukti bahwa kreativitas dan kerja keras merupakan kunci kesuksesan usaha.

"Melalui berbagai cerita kegagalan dan jalan hidup pribadi saya, buku ini diharapkan mampu memotivasi semua orang agar tak mudah menyerah untuk sukses," ujar Reza.

Meski termasuk jenis buku motivasi, buku ini tidak menggunakan bahasa yang kaku dan serius. Gaya bertutur yang ringan dan terkadang menyentuh hati khas anak muda menjadi ciri khas Reza dalam menulis. Ia menambahkan, meski buku ini isinya memotivasi anak muda untuk berani berbisnis, ia tidak memberikan tips dan trik secara detail tentang cara berbisnis.

Revolusi Pedas Sang Presiden Maicih lebih menyerupai buku harian yang menggambarkan perjalanan kehidupan. Namun, lembaran ceritanya tak hanya diisi dengan pengalaman sedih dan jatuh-bangunnya dalam membangun Maicih, tetapi juga dibumbui dengan warna-warna kehidupan yang lain. Ada berbagai cerita humor, serta kisah romantis ala Reza dan sang istri, Lyrra Nursagita Manggala, sewaktu berpacaran.

Melihat kesuksesannya yang diraih dalam waktu singkat, orang pasti bertanya-tanya tentang kunci suksesnya. Satu-satunya motivasi dan kunci sukses usaha yang dibagikan dalam bukunya terdapat di bab 10. Di situ terdapat sebuah paragraf bertuliskan, "bagi saya bukan begitu adanya. Kesuksesan enggak datang dengan sendirinya, tapi untuk mencapainya juga enggak diperlukan rumusan yang rumit. Menurut saya, sikap, keyakinan, dan totalitas adalah tiga kunci sederhana kesuksesan".

Melalui buku ini, Reza berharap pembaca menyadari bahwa setiap orang bisa mengubah hidupnya menjadi apa pun yang diinginkan. Lewat perjuangannya, Reza ingin "menampar" kaum muda untuk berani keluar dari zona nyaman dan memperjuangkan impiannya. Buku ini juga mengingatkan bahwa hidup terlalu berharga untuk diisi dengan penyesalan dan keterpurukan saat menghadapi kegagalan. Kegigihan Reza dalam mengubah dirinya, dari remaja biasa menjadi seorang wiraswasta sukses, menunjukkan bahwa impian adalah milik semua orang, tetapi kesuksesan adalah milik mereka yang mau berusaha mewujudkannya.

Sumber : female.kompas.com

Sukses Usaha Ayam Penyet


Meski kesuksesan hidup telah diperoleh Muhammad Rozin atau akrab disapa Pakde , tidak membuatnya merubah penampilannya yang sederhana dan bersahaja. Pakde merupakan pria pemilik warung makanayam penyet Budhe di Bengkong, Batam, Kepulauan Riau. Berkat usaha warung makan ayam penyet inilah ia bisa membeli rumah, mobil dan berbagai keperluan hidupnya. Tidak hanya satu warung makan ayam penyet yang telah didirikan, ada beberapa rumah makan ayam penyet yang ia kelola di Batam. Pengunjungnya bisa mencapai ratusan orang per hari.

Namun siapa sangka ternyata perjalanan Pakde mendirikikan rumah makan ini cukup panjang dan berliku. Semua dilakukannya dari nol dan miskin pengalaman. Awal pertama kali Pakde hijrah ke Batam pada tahun 1965, ia tidak memiliki pekerjaan sehingga ia terpaksa harus bekerja serabutan.

Berbekal uang 625 ribu ia memulai profesi sebagai tukang ojek, uang tersebut digunakan untuk menyewa sebuah sepeda motor selama sebulan. Namun tak lama kemudian, sepeda motor yang ia sewa itu disewakan ke orang lain. Pakde hanya menerima setoran dari uang sewa ojek tersebut.

Dari hasil setoran menyewakan ojek tersebut ia jadikan modal untuk membuka warung ayam penyet. Dalam mengelola usaha warung ayam penyet ini Pakde barbagi tugas dengan isterinya, isterinya diberi tugas sebagai manajer keuangan. Modal yang ia gunakan untuk membuka usaha warung ayam penyet ini hanya 1,2 juta. Selain usaha warung ayam penyet, Pakde juga menjalankan usaha warung sembako.

Ketelatenannya menjalankan setiap usaha membuat kehidupan Pakde semakin membaik, meski ia tetap mendapatkan penghasilan dari ojek, ia memiliki penghasilan dari warung ayam penyet dan warung sembako.

Dalam mengelola usaha ayam penyet , Pakde tidak sembarangan dalam masalah bumbu. Bumbu harus 100 persen asli, tidak boleh ada campuran atau imitasi. Sehingga, rasanya tetap lezat dan membuat pelanggan kangen mencobanya lagi.

Selain masalah citarasa kiat sukses usaha warung ayam penyet tergantung juga pada lokasi. Karena itu Pakde Selalu melakukan survey lokasi-lokasi yang kira-kira strategis untuk usaha ayam penyet. Cara survey lokasi untuk usaha ayam penyet cukup sederhana, pukul 00.00 WIB ke atas, dia menyurvei lokasi yang akan didirikan usaha. Jika lokasi tersebut ramai, maka dipastikan tempat itu cocok untuk usaha dagang.

Kesuksesan pakde dengan ayam penyet tidak lepas dari kegigihan dan ketekunannya merintis usaha dan mengumpulkan modal sedikit demi sedikit. Hinga kini menjadi pengusaha ayam penyet sukses di kota Batam.

Sumber : andystonecold.com

Cup Cake Sukses di Pasaran

Kemunculan cupcake beberapa tahun belakangan ini, ternyata cukup diminati para konsumen di Indonesia. Rasanya yang enak dan variasi bentuknya yang menarik, mampu memberikan paduan sempurna bagi para konsumennya. Tidaklah heran bila sekarang ini kue kecil berbentuk cetakan mangkok (cup cake) ini tidak hanya dijadikan sebagai camilan ringan yang rasanya cukup lezat, namun juga mulai diminati para konsumen sebagai salah satu bingkisan unik untuk melengkapi moment istimewa yang mereka miliki.


Tingginya minat konsumen dan besarnya keuntungan yang dijanjikan, membuat sebagian besar masyarakat mulai memanfaatkan peluang tersebut untuk merintis sebuah usaha. Salah satunya seperti Jessica Winston Jap yang tertarik menekuni bisnis cupcake sejak duduk di bangku perkuliahan. Bermodalkan uang senilai Rp 200.000,00 untuk membeli bahan baku, Jessica memanfaatkan perabot rumah tangga yang tersedia di rumah untuk mencoba memproduksi cupcake.



Dengan bahan baku yang cukup sederhana yakni meliputi tepung terigu, butter, susu cair, telur, gula, dan sedikit garam dan soda kue, Jessica hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk membuat cake yang kemudian akan Ia hiasi dengan fondant/ plastic icing yang akan membuat cupcake terlihat cantik dan menarik. Setelah semua bahan dikocok, selanjutnya Jessica memasukkan adonan tersebut ke dalam cetakan (kertas cup) dan dipanggang selama 20 menit hingga cake benar-benar matang.



Setelah cake sudah siap, tahapan berikutnya yang Jessica kerjakan yaitu menghias cupcake dengan topping sesuai dengan pesanan konsumen. Biasanya Jessica menggunakan topping atau hiasan berupa fondant icing yang terbuat dari campuran gula halus, putih telur dan sedikit lemon. Bentuk fondant tersebut sangat mirip dengan lilin malam yang sering digunakan sebagai mainan anak-anak, sehingga tak heran bila topping berupa fondant bisa dikreasikan menjadi aneka macam bentuk sesuai dengan pesanan konsumen.



Meskipun bisnis ini baru berjalan kurang dari 2 tahun, namun Jessica berusaha memenuhi keinginan konsumen dengan menghadirkan berbagai macam varian rasa. Sebut saja seperti cupcake rasa vanilla, cheese, blueberry, chocochip, serta dua rasa yang paling popular yaitu rasa coklat dan green tea. Uniknya citarasa dan topping cupcake yang Ia tawarkan, membuat bisnis Jessica selalu laris manis kebanjiran pesanan. Setiap harinya Jessica mampu melayani tiga pesanan dari konsumen yang setiap orderannya memakan waktu pengerjaan sekitar 3-4 jam.



Dengan membandrol harga cupcake sekitar Rp 20.000,00 – Rp 35.000,00 per pcs, Jessica menginovasikan produknya dengan menawarkan harga paketan mulai dari Rp 200.000,00 berisi 6 buah cupcake, Rp 300.000,00 berisi 9 buah cupcake, serta isi 16 cupcake dengan harga paket sekitar Rp 450.000,00. Harga tersebut disesuaikan dengan tingkat kesulitan topping yang dipesan para konsumennya.



Dari bisnis cupcake yang Ia tekuni, setiap bulannya Jessica bisa meraup omset sekitar Rp 8 juta – 10 juta dengan keuntungan bersih sekitar 40% dari omset yang Ia terima. Semoga informasi berita bisnis yang membahas tentang kreasi cupcake cantik untungnya kian menarik ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesi untuk terjun di dunia usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber : yptrading.co.id

Sukses Bisnis Kayu Jati


Direktur Utama PT Jaty Arthamas Santi Mia Sipan mendapatkan penghargaan Ernst & Young untuk kategori Best Women Entrepreneur of the Year 2010. Santi pun membagi resep suksesnya dalam berwirausaha.

Santi mengemukakan bahwa untuk menjadi pengusaha, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengubah mindset. Mindset ini, menurutnya sangat penting untuk memupuk optimisme.

"Ada motivator bilang, sejahtera lebih penting dari kaya. Saya tidak pernah berpikir begitu, yang selalu ada dalam mindset saya adalah orang akan lebih elegan nangis di dalam Mercedes Benz dari pada di motor," ujarnya baru-baru ini.

"Ingat, bekerja ikut orang hanya akan membuat kita sejahtera dan bukan kaya," tegasnya.

Ia juga menceritakan, sebelumnya dia sempat menjadi sekretaris direktur utama di tiga perusahaan skala nasional. Tapi ia memilih hengkang dan memulai usaha sendiri, dengan mengikuti multi level marketing (MLM) yang bermodal hanya Rp275 ribu. "Siapa bilang MLM itu tidak memiliki prospek? MLM adalah sekolah candra di muka yang mendidik kita memiliki mental baja dan pantang menyerah," lanjutnya lagi.

Langkah cerdas lainnya yang harus dilakukan dalam mencapai sukses adalah dengan mengikuti seminar-seminar hebat dan membaca buku. "Baca buku minimal dua bulan, its a must," tambahnya.

Perempuan pemilik usaha kayu jati ini mengemukakan alasannya berbisnis jati, "Jati itu komoditas kayu yang paling mahal dan kualitasnya bagus, harganya itu bisa menjadi dua kali lipat dalam lima tahun. Dan sampai saat ini, Indonesia hanya mampu memasok sekitar 30 persen kebutuhan nasional, sisanya kita ganti dengan kayu kualitas lebih rendah seperti sengon," jelasnya.

Wanita yang mengaku lebih sreg mempekerjakan pegawai perempuan di kantornya ini mempunyai banyak trik untuk menggaet investor agar mau bekerjasama dengan perusahaannya.

"Saya katakan dalam 7-8 tahun pohon jati sudah bisa ditebang dan mereka sudah bisa ambil untung sekira Rp400 juta. Tapi kalau mereka tidak sabar, kita tawarkan juga bisnis MLM lain, kayak bakso, kebab, dll. MLM makanan itu saya join dengan pihak lain, investor banyak yang tertarik karena dalam satu tahun sudah bisa untung," ungkapnya.

Jaty Arthamas adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan bibit jati. Perusahaan ini memiliki lahan di kawasan Jonggol, Sukabumi dan Semarang. Perusahaan yang mulai dirintis sejak 1998 dan berkantor di Senayan ini memiliki pendapatan sekira Rp10 miliar tahun lalu.

Dalam kesempatan ini, ia juga sempat mengutarakan bahwa market share perusahaannya adalah 60 persen warga keturunan Tionghoa (Cina) dan selebihnya adalah asing dan perajin lokal.

Sumber : economy.okezone.com

Wingko Babat Chandra


Usaha dalam bisnis makanan, apalagi khas suatu daerah, memang gampang-gampang susah. Kompetisi sangat ketat dan nyaris tak ada celah untuk berkembang hingga membuat produsen semacam itu akhirnya hanya mampu bertahan hidup saja tanpa ada pertumbuhan. 

Demikian juga dengan produk makanan khas kota Semarang, namanya sudah dikenal dengan wingko babat. Masyarakat yang berkunjung ke ibukota Jateng ini pasti tidak melupakan untuk membawa dan mencoba produk berbahan baku tepung ketan dan kelapa ini sebagai buah tangan. 

Salah satu merek wingko yang mampu bertahan dan berkembang cukup menonjol adalah wingko babat Cap Kereta Api Mutiara yang diproduksi oleh Chandra. 

Dari usaha yang bisa dikatakan modal dengkul dalam perkembangnnya kini omzetnya sudah mampu mencapai lebih dari Rp500.000 per harinya, tentu didukung dengan keuletan dan pengelolannya yang baik. 

Keuletan dan ketekunan memang menjadi modal dasar yang utama bagi Chandra. Ia memulai usahanya dari nol pada 1993, meski makanan wingko babat sebelumnya sudah dikenal sekitar tahun 70--an. 

Dengan bermodalkan uang Rp 20.000, ia mencoba memasarkan dengan mengambil makanan wingko babat yang diproduksi warga sekitar stasiun kemudian dipajangnya di kios-kios pinggir jalan Pandanaran Semarang. 

Dari hasil keuntungan yang didapat disisihkan 10% untuk pengembangan usaha dan menambah modal.  Tidak mengherankan jika dalam jangka waktu kurang lebih 5 tahun, Chandra sudah mampu memproduksi sendiri. 

Modal yang terkumpul ia gunakan untuk membeli mesin pengolah makanan itu seharga Rp7 juta lebih dengan mempekerjakan sedikitnya lima orang karyawan. 

Semakin hari usaha wingko miliknya bertambah berkembang dan banyaknya konsumen yang menggemari rasa khas produk buatannya dengan mutu dan kualitas rasa yang terjaga. 

Agar bisa bertahan dalam persaingan Chandra mengaku kiatnya yang terpenting adalah harus bisa memberikan sentuhan pribadi pada proses pembuatan dari awal hingga akhir, dengan langsung ikut terlibat terjun menangani produk awal sampai saat finishing pengepakan. 

"Saya tanamkan kepada karyawan saya, untuk tetap menjaga kebersihan dari sebelum masuk oven, sampai proses akhir pembungkusan dan pengemasan." ujarnya. 

Meski dalam proses produksi wingko menggunakan bantuan mesin-mesin modern, tetapi dia tetap berusaha agar cita rasa wingko babat hasil produksinya memiliki cita rasa sama dan tidak berubah dengan sentuhan rasa tradisional. 

Dari pengalamannya bekerja di pabrik atau industri wingko babat yang lebih besar, Chandra sudah bisa membandingkan dengan pas rasa antara wingko babat hasil buatan mesin dan mana yang dihasilkan dari racikan-racikan buatan tangan yang dikerjakan secara tradisional. 

Menurutnya, secara umum rasa yang dihasilkan pembuatan tradisional dengan tangan lebih pas dengan lidah konsumen, karena dari segi komposisi adonan lebih sesuai. 

"Dengan resep khusus yang saya punya, rasa wingko babat produksi saya tetap lebih enak dan tahan lama. Adonan-adonan yang diolah secara tradisional dan manual dengan tangan, komposisi bahannya bisa lebih pas dan menghasilkan citarasa tinggi. Produksi saya merupakan perpaduan antara produksi secara modern tapi masih bercitarasa tradisional" tutur Chandra. 

Berkat kehati-hatiannya dalam menjaga kualitas dan mutu produk makanannya kini dia berhasil mengembangkan usahanya. 

Satu persatu proses produksi selalu dilakukan pengecekan sendiri oleh Chandra serta diawasi ketat yang dibantu istrinya. Bahkan hingga risetpun dia juga melakukan sendiri. 

"Memang merepotkan dan melelahkan tapi demi kepercayaan konsumen pada produk makanannya, pekerjaan itu semua harus dilakukan." 

Dalam risetnya Chandra selalu berusaha mengetahui keinginan dan perkembangan selera konsumen, beberapa konsumen yang diminta keterangannya, baik di Semarang maupun saat menawarkan produknya di luar kota maka saran dan kritikan dijadikan sebagai bahan masukan termasuk saran mana bagian yang harus dan perlu ditambah, dikurangi atau dipertahankan. 

Saat ini produk wingko buatannya memiliki tiga jenis rasa masing-masing rasa durian, coklat dan nangka. 

Chandra sengaja tidak menjual produknya di toko-toko besar yang banyak tersebar di kota Semarang, dengan alasan efisiensi distribusi dan kebaruan produk, serta harga eceran yang lebih terkontrol. 

Untuk menunjang pemasaran, Chandra juga mengembangkan sayap, tidak hanya menggarap pasar Semarang tapi juga Yogyakarta, Gringsing dan kota sekitar Semarang. 

Dipilihnya daerah Grinsing Kabupaten Kendal tersebut, katanya, karena merupakan daerah transit alternatif dari Semarang yang merupakan kawasan transit jalur pantai utara. 

"Sedangkan Yogyakarta dipilih karena daerah itu adalah tempat transit untuk jalur Jateng Selatan, antara kawasan barat dan timur," ujar dia.

Mengenai sistem promosi, Chandra mengaku tidak memiliki strategi khusus dan lebih mengandalkan pada promosi dari mulut ke mulut. Dari kemasan tas atau besek (keranjang bambu) dan bungkus wingko itu, dianggapnya sudah menjadi semacam trademark produknya untuk dikenal ke masyarakat. 

"Orang yang datang ke Kota Semarang membeli produk wingko babat buatan kami, pasti puas dan akan menceritakan pada orang lain di daerah asal mereka," kata Chandra. 

Hal ini terbukti dari pembeli luar kota yang kebetulan atau sengaja singgah ke kota Semarang pasti menyempatkan mampir ke kiosnya di Jalan Pandanaran atau langsung datang ke rumah

Pada waktu tengah malam pun, lanjutnya, masih saja ada konsumen yang mau membeli produknya langsung ke rumah, karena akan segera melanjutkan perjalannannya saat itu juga. 

"Bagaimanapun tetap kami layani karena konsumen adalah segalanya. Bahkan, pernah ada pembeli yang datang dari Kalimantan yang hanya mampir ke Semarang untuk membeli wingko babat produksi kami, setelah dia mendengar cerita dari seorang temannya yang kebetulan berkunjung ke sana" ujar dia. 

Kiat yang paling bagus agar pelanggan menjadi loyal, menurut Chandra adalah kebutuhan dan keinghinan pelanggan itu sedapat mungkin harus di penuhi dengan pelayanan dan kualitas yang terus ditingkatkan. 

Dari segi pemasaran ia tidak mengalami kesulitan yang berarti, untuk efisiensi ia hanya membutuhkan satu orang tenaga pemasaran, yang memang terbukti cukup andal. 

Sementara dari segi lapangan pekerjaan sebenarnya, ia juga menyerap lapangan kerja cukup banyak, terutama orang-orang tua dan pensiunan di pedesaan yang sudah tak punya pekerjaan. 

Tenaga mereka dimanfaatkan untuk membuat kemasan atau bungkusnya yang terbuat dari bahan baku kertas. 

Selain murah berkisar ongkos tenaga hanya Rp1.000 untuk setiap jadi 1000 lembar dengan bahan kertas dipasok dari perusahaan miliknya dan hasilnya lebih baik karena dilakukan secara hati-hati. Pekerjaan ini lebih sekadar untuk mengisi waktu mereka. 

"Alhamdulilah produk wingkobabat produksi kami cocok dengan lidah penikmatnya. Citarasa yang pas, satu langkah maju menentukan keberhasilan usaha saya." Ujarnya mengakhiri pembicaraan.

Sumber : ciputraentrepreneurship.com