Kamis, 14 Februari 2013

Sukses Pabrik Kertas Leces


PT Kertas Leces menargetkan perolehan pendapatan pertahun Rp 1,2 triliun dengan mengoperasikan lima mesin kertas yang ada saat ini. Hal ini dikatakan Direktur Utama PT Kertas Leces, Budi Kusmarwoto ketika memaparkan strategi kedepan bisnis PT Kertas Leces, Selasa, 16 Oktober 2012.

Menurut Budi, sejak Juni 2012 lalu, PT Kertas Leces baru beroperasi 20 hingga 22 persen. “Untuk `break event point` saja harus beroperasi 60 persen,” katanya. Karena itu, untuk mendapatkan keuntungan, PT Kertas Leces harus beroperasi 100 persen. Artinya, lima mesin kertas milik PT Kertas Leces harus beroperasi semua.

Budi mengatakan, pihaknya telah mendapatkan suntikan dana sebesar Rp 50 miliar. Namun, Budi tidak bersedia mengungkap darimana suntikan modal tersebut. Suntikan dana itulah nantinya yang akan digunakan sebagai modal untuk bisa memaksimalkan proses produksi hingga 100 persen. Pendapatan Rp 1,2 triliun tersebut, kata Budi, cukup realitis.

Dalam seminggu kedepan ini, proses produksi hingga 100 persen akan mulai dilakukan dengan target produksi sebanyak 14.200 ton setiap bulannya. Kertas yang diproduksi PT Kertas Leces sebagian besar adalah produk kertas yang tidak diproduksi perusahaan kertas lainnya. “Kami produksi kertas yang tidak disasar produsen lain dan dengan margin yang tinggi,” katanya.

Budi menyebut produksi kertas tersebut merupakan produk inovatif. Dengan modal sebesar Rp 50 miliar dalam setiap siklus produksi dengan menghasilkan 14.200 ton perbulan, maka pendapatan Rp 1,2 triliun itu dapat diperoleh.

Untuk persiapan produksi 100 persen ini, dirinya telah mengirim orang hingga ke Talaud. Penjajakan sudah dilakukan PT Kertas Leces selama melakukan proses produksi 20 persen itu. “Mulai dari market hingga suplier,” katanya. Karena itulah kemudian PT Kertas Leces mendapat suntikan dana sebesar itu. “Verifikasi juga sudah dilakukan.” kata Budi.

Budi juga mengatakan, dengan keuntungan yang diperoleh dalam setiap siklus produksi tersebut, maka tanggungan-tanggungan yang yang harus dibayar perusahaan kepada karyawan bisa terselesaikan. Budi menolak untuk menyebutkan berapa tanggungan perusahaan kepada karyawan PT Kertas Leces yang berjumlah 1.850 karyawan ini.

Sumber : megapasar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar