Kamis, 09 Mei 2013

Bisnis Internet


Ada beberapa bisnis internet yang sedang marak di tahun ini. Tentunya bagi Anda yang ingin membuka usaha, Anda dapat mencoba salah satu dari peluang usaha yang ada di bawah ini:

1. Bisnis Toko Online

Tren belanja online yang semakin menjadi-jadi membuat bisnis toko online akan tumbuh lebih pesat lagi 2013 ini. Oleh karena itu, banyak pelaku bisnis online yang juga membuka toko online. Dengan beragam kepraktisan dan kemudahan belanja yang ditawarkan oleh toko online, membuat masyarakat lebih menyukai belanja di toko online.

Hadirnya beragam gadget dan teknologi baru saat ini menjadikan kegiatan e-commerce dan toko online menjadi primadona. Tak terhitung lagi berapa banyak toko online yang muncul di 2012 lalu, dan 2013 pasti pertumbuhan jumlah toko online akan semakin tinggi.

Bukan tak mungkin dalam waktu beberapa tahun lagi, toko online akan sanggup mengalahkan berbagai toko ritel yang ada di dunia nyata. Jadi, jika Anda adalah seorang pengusaha maka bisnis toko online tidak ada salahnya untuk Anda geluti. Belum punya toko online? Mari segera buat.

2. Bisnis Social Media Marketing

Pertumbuhan jumlah pengguna jejaring sosial di Indonesia saat ini begitu luar biasa, bahkan Jakarta disebut-sebut sebagai ibukota Twitter dunia.  Nah hal ini menjadikan peluang bisnis social media marketing menjadi tumbuh subur. Seperti apakah bisnis social media marketing itu?

Bisnis social media marketing yang saya maksud adalah segala kegiatan bisnis yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran lewat jejaring sosial (social media). Trend ini menawarkan berbagai peluang bisnis online baru, seperti:

a. Jasa pengelolaan fans page (halaman) Facebook.

Banyak para pelaku bisnis yang memanfaatkan fans page di Facebook untuk kegiatan pemasaran mereka. Nah tak jarang para pelaku bisnis tadi siap menyewa atau membayar orang khusus yang mau mengelola fans page mereka, bahkan salah satu teman saya ada yang berprofesi sebagai penyedia jasa pengelolaan fans page ini. Dan profit yang beliau dapatkan juga cukup lumayan. Selain itu ada 3 profesi Facebook marketing lain yang juga perlu Anda lirik.

b. Jasa marketing twitter.

Penggunaan Twitter dalam bisnis juga sudah tak dapat dielakkan lagi. Tak pelak kondisi ini menjadikan para penyedia jasa Twitter marketing menjadi sangat dibutuhkan. Jika Anda sudah cukup berpengalaman berpromosi melalui social media, maka barangkali saja Anda berniat membuka bisnis di bidang pelayanan social media marketing.

c. Jasa pembuatan video untuk promosi di Youtube.

Seiring dengan semakin gencarnya pemanfaatan Youtube untuk berpromosi, menjadikan banyak para desainer video  dibutuhkan oleh para pebisnis. Jika Anda punya kemampuan di bidang membuat tampilan video, maka Anda bisa coba bisnis ini. Di tahun 2013 ini dijamin social media akan memegang pernanan yang sangat besar untuk bisnis Anda.

3. Bisnis Ebook dan Video Tutorial

Jika Anda berbisnis informasi lewat ebook dan atau video tutorial maka bisnis yang Anda tekuni ini akan semakin berkembang. Alasannya semakin hari, orang-orang semakin haus akan informasi. Jika Anda mampu menyajikan informasi tersebut dalam bentuk yang menarik dan punya nilai jual, maka orang pasti akan tertarik dan membeli.

Apapun keahlian, hobi atau kemampuan Anda itu bisa dijual dalam bentuk ebook dan atau video tutorial. Jika Anda pintar membuat kue, Anda pintar dalam hal pemasaran, Anda jago bisnis properti, Anda pandai main piano, atau apa saja dan Anda tertarik untuk menjual keahlian dan ilmu Anda itu maka media ebook dan video tutorial pasti sangat cocok.

Dan perlu diketahui, ada banyak topik ebook atau video tutorial yang diperkirakan akan laris manis di tahun 2013 ini. Topik tersebut seperti seputar:

- Percintaan dan membangun relasi.

- Seputar pemasaran dan bisnis.

- Seputar kantor dan managemen.

- Topik seputar makanan dan kesehatan.

4. Bisnis MLM dan Kaitannya dengan Pemasaran Jaringan

Bisnis MLM memang selalu saja sanggup menebar pesona nya di mana saja. Termasuk di internet. Di tahun 2012 saja saya sering mendapatkan permintaan bantuan dari beberapa klien untuk membantu mereka memasarkan jaringan MLM mereka. Nah apalagi di 2013, tren MLM online masih akan terus mencuat.

Apalagi saat ini sering bermunculan berbagai macam produk, baik itu produk kesehatan dan herbal, produk perawatan tubuh, dan berbagai produk lain yang mendukung sistem pemasaran MLM. Tentu saja, peluang bisnis ini kerap dilirik oleh rekan-rekan yang baru mau mencoba bisnis online.

Nah rekan pembaca, itulah 4 tren bisnis online yang diperkirakan akan tumbuh pesat sekali di 2013 ini. Saran kami, apapun bidang bisnis online yang Anda tekuni, lakukanlah itu sebaik mungkin dan penuh fokus. Jangan mudah goyah apalagi menyerah, sukses bisnis internet hanya bisa dicapai dengan kerja keras dan proses belajar.

Sumber : jpmi.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar