Selasa, 07 Mei 2013

Raup Laba dari Bisnisn Makanan Kecil


Denawati Jufri dikenal sebagai pengusaha yang inovatif. Pengusaha yang tinggal di Perum Mutiara Permai Jalan Swakarya masuk Jalan Lengkuas No. A 21 Tuah Karya, Panam, Pekanbaru ini membuka usaha makanan kecil khas Riau.  

Saat pertama kali memulai usaha, Des -sapaan Denawati Jufri- memproduksi keripik jagung. “Saya pernah menjaga stand pameran. Pengunjung ada yang bertanya, apa makanan khas Pekanbaru. Padahal, makanan khas Pekanbaru itu tak ada. Dari situ, saya mulai mencari ide untuk membuat makanan yang beda dari produk lain," kenangnya. 

 Berangkat dari pengelaman itulah, muncul ide kratif Des. Ia kemudian membuat keripik jagung dengan rasa khas Pekanbaru, yakni ikan patin. “Akhirnya saya coba buat keripik jagung dengan rasa ikan pantin,” ujar Des seperti dilansir Riauterkini. Keripik jagung buatan Des, di ikutkan dalam berbagai pameran yang diadakan Disperindag. 

Wanita 49 tahun ini, juga berinisiatif membuat pastel mini isi abon ikan patin. Alasan Des membuat produk ini karena ikan patin merupakan produk perikanan unggulan di Riau.

Desember 2010 lalu, Des pernah mendapat juara UKM tingkat provinsi Riau.  “Sejumlah kriteria telah dipenuhi, sehingga saya mendapat penghargaan itu, yaitu teknik pembuatan, aspek bisnis, tempat produksi dengan rumah harus terpisah, pembukuannya, aspek pembuangan limbah, dan pernah tidaknya membagi ilmu yang dimiliki pada orang lain,” ujar Des.

Sumber : eciputra.blogspot.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar