SIAPA yang tak tahu Soto! Makanan Indonesia yang
banyak dijual di restoran, kedai, cafe, hingga di warung kaki lima.
Rasanya yang menggiurkan dan enak disantap dikala hujan. Bisa Anda
bayangkan, bila soto dijual dalam kemasan seperti mi instan yang sudah
familiar di masyarakat.
Adalah Rohmat Sastro Sugito yang menjadi ahli dalam membuat dan
meracik soto instan. Berbekal keinginan menyajikan makanan siap saji,
namun tetap kaya gizi, terpikirlah membuat penganan tersebut.
“Awalnya banyak petani jamur. Nah, kalau sedang panen harganya kan
jadi murah. Kalau diolah harganya jadi stabil,” katanya saat berbincang
dengan Okezone beberapa waktu lalu.
Dari awalnya iseng coba-coba membuat menu dari berbagai macam jenis
jamur yang ada, saat ini dia mengaku sudah mematenkan makanan yang
dibuatnya yaitu “Sotoji” atau Soto Jamur Instan. Menurutnya, rasa jamur
tiram-lah yang mampu diterima pasar dan enak untuk dijadikan olehan
Sotoji-nya.
“Sebelumnya sempat dicoba segala jenis jamur, ada tiram, kancing,
akhirnya setelah dipertimbangkan yang paling bisa diterima pasar adalah
jamur tiram,” akunya.
Saat ini, usahanya ini telah menjadi sebuah perusahaan kecil dengan
nama PT Tri Rastra Sukses Sejahtera. Meski diakuinya perusahaan ini
masih dalam bentuk skala kecil, yang hanya memproduksi 40 dus setiap
harinya, namun dia menargetkan dalam waktu dekat bisa memproduksi lima
kali lipat.
“Sehari 40 dus, satu dus isi 20 pieces. masih skala kecil karena terbatas di mesin,” akunya.
Untuk memulai usaha, tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit.
Saat disinggung berapa modal yang digunakan untuk memulai usaha yang
masih tergolong hijau ini, dia enggan menyebut angka pasti. “Yang jelas,
modalnya seharga satu unit mobil kijang,” katanya berkelakar.
Dalam waktu dekat, perusahaan akan segera mendatangkan mesin baru
yang berasal dari Malang, Jawa Timur. Dengan datangnya mesin baru
tersebut, dipastikan produksi akan bertambah menjadi sekira 500 dus per
hari. Karena menurutnya, jumlah optimal yang seharusnya diproduksi
adalah sekira 100 dus per hari.
“Mesin dari Malang, pokoknya produknya, semuanya dari Indonesia,” akunya mantap.
Keuntungan Sotoji
Berbicara modal, tentunya tidak terlepas dari berapa pundi-pundi yang
dikantongi. Dengan rendah hati dia memastikan, setahun pertama belum
ada keuntungan fantastis yang bisa diraihnya. Sebab, usahanya ini masih
tergolong muda dan masih perlu banyak waktu untuk semakin maju.
Saat ini, per dus sotoji di jual seharga Rp50 ribu. Dalam sehari,
perusahaan baru memproduksi 40 dus dan rencanannya akan meningkat dalam
beberapa bulan ke depan. Jadi jika dikalkulasikan, pendapatan per hari
Rp2 juta atau jika dihitung dalam satu bulan bisa meraup pendapatan Rp60
juta.
“Namun tahun pertama belum untung. Masih dalam tahap ekspansi pasar,” elaknya.
Franchise
Usaha yang digelutinya ini diakuinya akan dibuat sistem waralaba.
Bentuk waralabanya ini juga masih dalam proses pengembangan. Dalam
kedai-kedai yang sudah dimilikinya saat ini, selain dijual Sotoji
kemasan, juga dijual yang sudah siap makan. Hal ini menjadi salah satu
cara pemasaran Sotoji. Sebab, belum banyak yang menjual Sotoji kemasan.
Karena, Sotoji baru bisa diperoleh di beberapa toko kecil.
Untuk lokasi kedainya juga baru berada di kawasan Depok. Dan dia
berencana akan terus berekspansi ke pasar lokal yang menurutnya memiliki
banyak peluang. “Masuk pasar luar memungkinkan kenapa tidak. Tapi fokus
di pasar Indonesia karena saat ini kemungkinan terbuka masih sangat
luas,” katanya lagi.
Berbicara produk tidak terlepas dari bagaimana cara pemasaran yang
baik agar produk tersebut cepat dikenal oleh masyarakat. Rahmat memiliki
cara unik dan jitu dalam memasarkan Sotojinya. Bagaimana caranya?
“Gerakan pertama lomba blog, menggunakan ranah online. Hal itu
dilakukan karena terbatas dana. Mereka (peserta lomba) membuat blog
segala hal mengenai Sotoji,” tutupnya
Sumber : wirasmada.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar