Selasa, 28 Agustus 2012

One Vilage One Product Mengembangkan Usaha Kecil

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengembangkan usaha kecil adalah melalui konsep One Vilage One Product (OVOP). Meski konsep ini bukanlah hal yang cukup baru namun cukup relevan di dalam pengembangan sektor usaha kecil. Dalam model OVOP paling tidak dalam satu wilayah tertentu (vilage) harus memiliki satu produk unggulan yang memiliki kompetensi di pasaran. Konsep one vilage tidak mutlak secara geografis berada dalam satu kampung tetapi lebih pada wilayah ekonomi yang memiliki potensi tertentu.

Jika dalam sebuah daerah memiliki produk unggulan maka dan didukung oleh pemerintah maka akan memiliki daya saing dan potensi untuk berkembang lebih baik. Usaha kecil yang menjadi tulang punggung pengembangan OVOP menjadi ikut berkembang. Selain itu OVOP akan membantu menggali dan mempromosikan produk inovatif dan kreatif lokal berdasarkan potensi sumberdaya yang ada, bersifat unik khas daerah, bernilai tambah tinggi dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan.

Jika di tiap wilayah sudah tercipta satu produk yang memiliki tingkat kompetensi yang tinggi, tinggal pihak pemerintah memberikan bantuan penyediaan pasar dan membantu dalam hal modal serta bantuan lain dalam masalah teknis dan manajemen. OVOP pada dasarnya merupakan pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah yang patut diseriusi untuk meningkatkan kesejahteraab bangsa.

sumber : galeriukm.web.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar