Senin, 15 Juli 2013

Dipimpin CEO Mantan Pegawai Google, Saham Yahoo Naik Dramatis

Untuk pertama kali dalam satu setengah tahun, saham Yahoo berhasil mencapai level tertinggi. Hal ini tak lepas dari kepercayaan para investor atas kinerja CEO baru, Marissa Mayer.

Sang mantan pegawai Google itu pernah mengatakan bahwa tidak mudah menangani carut-marut Yahoo tetapi sebagai CEO baru dia yakin bisa mengembalikan sukses bisnis Yahoo seperti beberapa tahun lalu. Apa yang disampaikan Mayer tampaknya juga telah dilihat oleh para pengamat pasar sebagai kesungguhan karena mereka mendapati Yahoo mengalami kemajuan yang cukup berarti di bawah kepemimpinan Mayer.
“Dengan jumlah traffic dan aset yang dimiliki, mereka seharusnyua bisa menekan sejumlah nilai. Yahoo akhirnya menemukan seseorang yang dipercaya pasar mampu melakukannya,” ujar Colin Gillis dari BGC Partners.

Sementara itu analis Adam Seessel dari Gravity Capital Management yang juga memiliki saham di Yahoo berpendapat bahwa pengangkatan Mayer sebagai CEO Yahoo dan COO Henrique de Castro yang juga merupakan jebolan pegawai Google, telah membantu memperbaiki citra Yahoo.

“Yang dilihat pasar bukanlah jumlah finansial karena mereka lebih melihat orang-orangnya, yang bersedia pindah dari Google ke Yahoo. Orang-orang yang berasal dari Google tersebut tidak akan mau ikut bersama Mayer jika mereka pikir Mayer tidak memiliki kartu jitu untuk memimpin Yahoo.”

Pada perdagangan Senin kemarin (19 Nov), saham Yahoo naik 2,8% di angka $18,36. Nilai tersebut merupakan saham tertinggi Yahoo sejak Mei 2011 dengan $18,30. Meskipun Yahoo masuk dalam daftar perusahaan paling top di dunia dengan visitor mencapai 700 juta per bulan tetapi laba perusahaan ini terus menurun setiap kuartal. Hal itu tak lepas dari pesaingan dengan Google dan Facebook serta perubahan yang sangat besar di bisnis oline advertising, yang sayangnya tidak bisa ditangkap dengan baik oleh Yahoo.

Kini dengan CEO Marissa Mayer dan kepercayaan investor yang cukup besar padanya, Yahoo diharapkan mampu membuat perubahan berarti, termasuk menaikkan nilai sahamnya. Sebagai perbandingan, perdanganan saham hari ini menunjukkan saham Google ada di angka $668 per lembar sementara Yahoo hanya $18,36.

Sumber : media.gopego.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar