Senin, 25 Februari 2013

Mangga Gedong Siap Ekspor


Pemerintah Kabupaten Majalengka melalui Dinas Pertanian dan Perikanan terus mendorong produksi mangga gedong gincu yang saat ini produksinya mencapai 17.375 ton per tahun agar bisa merajai pasar dunia.

Mangga gedong gincu asal Kabupaten Majalengka yang dikenal dengan sebutan gedong gincu seraton atau kepanjangan dari selera orang keraton pohon induknya telah memiliki sertifikasi dari departemen pertanian (Deptan) dan memiliki kualitas buah lebih baik dari gedong gincu daerah lain seperti Kabupaten Cirebon dan Indramayu.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Majalengka Wawan Suwandi mengatakan pada tahun-tahun mendatang pihaknya optimis produksi gedong gincu semakin meningkat menyusul pemberlakuan aturan pengurangan impor hortikultura yang menjadi gerbang awal bagi para petani untuk merajain pasar lokal khususnya untuk komoditas mangga gedong gincu.

“Para produsen gedong gincu tentu saja memiliki banyak peluang pemasaran baik untuk pasar dunia [ekspor] ataupun pasar lokal sejak aturan pengurangan impor diberlakukan,” katanya.

Wawan menuturkan dengan modal kualitas buah yang jauh lebih baik dari gedong gincu yang diproduksi daerah lain, dirinya optimistis untuk masalah pemasaran produk gedong gincu seraton dari Majalengka tidak akan mengalami kendala.

“Tinggal meningkatkan produksi mangga agar hasilnya meningkat agar bisa memenuhi permintaan pasar ekspor maupun pasar lokal,” ujarya.

Sumber : jpmi.or.id


1 komentar:

  1. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan paclobutrazol 100ml untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www.tokopedia.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    BalasHapus