Jumat, 26 Juli 2013

Jatuh Bangun Bambang Krista, Bos Ayam Kampung Super

Permintaan terhadap daging ayam kampung di daerah perkotaan sangat tinggi. Dan tidak diragukan lagi potensi bisnis nya begitu tinggi. Entrepreneur satu ini mencium dan memanfaatkan peluang bisnis ini dengan baik.

Bambang Krista, seorang entrepreneur asal Solo yang tinggal di Bekasi, dengan sigap menangkap peluang ini dengan mendirikan sebuah bisnis peternakan bernama " Citra Lestari Farm " seluas 6 ha dan membangun jaringan bisnis ayam kampung di daerah Jabodetabek. Tak kurang 5 ribu ekor ayam dan 10 ribu telur ayam ia mampu jual tiap minggu. Yang ia pasok berupa banyak jenis produk, dari ayam kampung siap potong, telur ayam kampung hingga bibit ayam kampung. Untuk produk daily old chicken (DOC) perusahaan Bambang sanggup menghasilkan 7 hingga 10 ribu ekor untuk tiap minggu. Tak ayal, omset mingguan puluhan juta pun ia raup. "Omset kami mencapai Rp 20 juta per minggu," terangnya.

Sebelum berwirausaha, pria 48 tahun ini sudah banyak makan asam garam di dunia peternakan ayam. Sejak tahun 1989 ia sudah mulai bekerja sebagai tenaga ahli di peternakan ayam broiler di Jakarta Timur. Usaha tempatnya bekerja itu kolaps di saat krisis 1998 dan ia terpaksa mencari nafkah dengan berdagang sembako. Ia mendapat tawaran beternak dengan seorang rekan di tahun 1999 dan berhasil mengecap untung meski akhirnya tahun 2003 usahanya kembali runtuh karena krisis Asia. Tahun 2008 ia kembali menapaki bisnis peternakan ayam namun kali ini bukan ayam broiler yang rentan krisis.

Bagaimana ia merintis bisnis tersebut? Awalnya lulusan Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro itu memiliki niat yang tinggi untuk berbisnis . Bambang mengaku telah melakukan banyak persiapan matang sebelum terjun dalam bisnis peternakan ayam ini. Salah satu aspek yang ia persiapkan ialah kualitas bibit ayam kampung yang baik. Untuk itu, Bambang tak segan turun ke lapangan demi menemukan jenis induk berkualitas bagus.

Riset yang mendalam tentang kualitas induk ayam kampung mengantarnya pada DOC ayam kampung super yang siap panen hanya dalam 2 bulan. Ketekunannya teruji saat itu karena ia harus menempuh uji coba sebanyak 6 kali demi mendapatkan DOC ayam kampung super tersebut. Jadi dapat dikatakan aral yang melintang dalam perjalanan awalnya sebagai entrepreneur tidak sedikit. Banyak waktu dan tenaga serta uang tersedot ke dalamnya.

Dengan berbekal temuannya, Bambang melangkah mantap untuk membangun usaha peternakan ayam kampung di Bekasi. Tak cuma menghasilkan ayam kampung, ia juga melaksanakan upaya pembibitan sehingga dapat dijual kembali ke peternak lainnya yang ternyata juga menggemari ayam kampung supernya itu. Dari aspek produksi, jelas ia berada di atas angin dibandingkan para pesaingnya plus harga jual ayam kampung yang lebih baik. Di pasar, selisihnya bisa mencapai Rp 9.000 per kilogram. Tentu ini menggiurkan bagi para pengusaha lain.

Setelah sukses, Bambang melakukan upaya CSR dengan membina sejumlah peternak yang bersedia dibina di Jonggol, Bogor. Daripada hanya berdagang, kini mereka juga diajari memproduksi ayam kampung. Dengan modal DOC dari Bambang, peternak binaan ini merawat semua ayam itu dan setelah siap panen, Bambang akan bantu memasarkan. Masa panen ayam kampung ini berakhir setiap 2 bulan dan setidaknya 5 ribu ekor ayam kampung siap dijual.

Ia juga turut aktif berbagi ilmu dengan peternak pemula lain melalui training-training. Semua itu agar ilmu dan pengalaman yang ia miliki sejauh ini dapat dimanfaatkan orang lain yang membutuhkan. Bahkan ia menyempatkan menulis buku peternakan ayam.

Kunci sukses Bambang di antaranya ialah kecermatan dalam membuat kemasan. Dari pengalamannya berjualan telur, ia memastikan pentingnya kemasan yang baik bagi sebuah produk. Dengan kualitas yang terjaga baik, telur produknya yang terkemas dengan lebih elegan mendapatkan tempat di supermarket. Labanya melonjak berkat kemasan yang lebih baik.

Ia juga mengatakan pengelolaan peternakan juga harus dimodernisasi jika mau untung lebih banyak dan peternakan lebih maju. Peternakan ayam kampung jangan ikut ‘kampungan’. Cara tradisional harus ditinggalkan agar proses produksi lebih cepat dan baik. Nilai ekonomis ayam yang dihasilkan juga lebih meningkat jika peternakannya lebih modern. Jangan anggap
bisnis ayam kampung bisnis recehan , ujarnya. Padahal di baliknya, perputaran uang bisnis ini begitu tinggi


Sumber : kontan.com

1 komentar:

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jayapura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .

    BalasHapus