Selasa, 05 Februari 2013

Pengusaha A.Kasoem


Pengusaha pribumi pertama merintis usaha kacamata di Indonesia. Dia memulai bisnis sejak tahun 1930-an itu kemudian dikembangkan dengan berbagai merek, seperti A Kasoem, Lily Kasoem, dan Cobra.

Nama kacamata Kasoem yakin tidak asing di telinga masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang tinggal di kota Garut dan Bandung. Namun, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa toko telah tersebar di seluruh negeri itu dipelopori oleh seorang pengusaha terkemuka dari Jawa Barat disebut Atjoem Kasoem atau lebih dikenal dengan Kasoem A.

Kasoem Seorang lahir di desa Bojong, Kadungora, Garut, Jawa Barat, 9 Januari 1917. Penghasilan ayah yang bekerja sebagai petani, membuat Kasoem kecil terbiasa hidup sederhana. Untuk setiap urusan pendidikan, ia melewati hanya berhasil tingkat Dewasa siswa taman College Park. Namun, kendala ekonomi tidak mematahkan semangatnya.

Sebelum dikenal sebagai pengusaha sukses, Kasoem bergabung membela kemerdekaan Indonesia. Ini bahkan telah lakukan sejak saya adalah seorang mahasiswa belajar di taman dengan berbagai organisasi yang terlibat dalam gerakan. Dari sana, ia kemudian mendapat kesempatan untuk mengenal banyak pemimpin perjuangan sebagai Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta.

Setelah SMA, Kasoem bekerja pada sebuah toko kacamata yang terletak di Jalan Braga, Bandung. Toko tersebut dimiliki oleh orang Jerman bernama Kurt Schlosser. Dari majikan, Kasoem kemudian banyak belajar tentang seluk-beluk bisnis kacamata. Perlahan-lahan, dengan modal sepeda, Kasoem memulai usahanya jalan berkeliling dari pintu ke pintu untuk menjajakan barang dagangannya gelas.

Sebelum dikenal sebagai pengusaha sukses, Kasoem bergabung membela kemerdekaan Indonesia. Ini bahkan telah lakukan sejak saya adalah seorang mahasiswa belajar di taman dengan berbagai organisasi yang terlibat dalam gerakan. Dari sana, ia kemudian mendapat kesempatan untuk mengenal banyak pemimpin perjuangan sebagai Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta.

Akhirnya, setelah beberapa tahun, berkat semangat kerja keras dan ketulusan, Kasoem berhasil membuka toko mereka sendiri dalam gelas Jalan Pungkur yang merupakan toko kacamata pertama dibuka oleh penduduk asli. Kacamata bisnis perlahan-lahan berkembang dan berhasil memperluas cabang-cabangnya ke kota-kota besar di Indonesia seperti Solo, Yogyakarta, hingga ibukota Jakarta. Usahanya terus berkembang itu memberinya kesempatan untuk membantu orang-orang yang aktif dalam gerakan nasional. Karena kontribusinya, interaksi antara pejuang menjadi lebih luas. Dalam perjalanan karirnya, Kasoem memang membantu dan dibantu sejumlah pemimpin gerakan.

Ketika tentara Jepang masih berkuasa di Indonesia, kacamata Kasoem dapat memiliki di Jalan Braga, Bandung bantuan Ki Hajar Dewantara dan Bung Hatta. Setelah proklamasi kemerdekaan, Belanda kembali ke Indonesia mendominasi. Selama revolusi itu, Kasoem ingin aktif di Palang Merah Indonesia. Tapi kemudian, ia terpaksa mengungsikan keluarganya ke Klaten, Jawa Tengah, Bandung Lautan Api saat kejadian meletus pada tanggal 24 Maret 1946. Kemudian, atas saran dari Bung Hatta, yang saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden, Kasoem toko di Yogyakarta gelas dan kacamata hitam polishing pabrik di Klaten.

Setelah pengakuan kedaulatan Indonesia, kisah sukses seorang pengusaha ini kembali ke Bandung. Sayangnya, gelas toko di Jalan Braga telah dikendalikan oleh orang Cina. Tidak ingin hanya menerima nasib, Kasoem mencoba untuk mengambil kembali dengan mengajukan gugatan di pengadilan sampai akhirnya berhasil mendapatkan kembali toko. Pada tahun 1955, ia membuka tokonya dan membuka jaringan di berbagai daerah.

Lima tahun kemudian, ia pergi ke Jerman Barat untuk menambah pengalaman dan wawasan karena tidak puas dengan keahliannya. Di sana ia belajar optik dan magang di pabrik-pabrik yang dimiliki oleh Dr Herman Gebest sampai akhirnya mampu menguasai ilmu pembuatan kacamata baik secara teoritis maupun praktis. Setelah perasaan mendapat ilmu yang cukup, Kasoem kembali ke negara itu. Pada tahun 1970, ibukota bank, ia mendirikan pabrik di kampung nya lensa bifokus, Kadungora, Garut, Jawa Barat. Tanaman ini merupakan pabrik pertama di Indonesia dan terbesar di Asia pada saat itu. Namun, krisis tahun 1997 yang mengguncang perekonomian Indonesia membantu berdampak pada kelangsungan hidup tanaman. Krisis yang sangat kuat, akhirnya membuat pabrik yang diresmikan oleh Adam Malik adalah bangkrut.

Di antara sibuk membangun bisnis yang dimulai sejak 30-an itu, antara tahun 1961-1971, kisah sukses seorang pengusaha ini masih mengambil waktu untuk menjadi dewan mahasiswa atau nomor pembangun kurator universitas dan organisasi mahasiswa Indonesia, seperti Institut Bandung Teknologi, Universitas Padjadjaran Universitas Pasundan dan Perhimpunan Pelajar Indonesia.

Kasoem Seorang meninggal di London pada tanggal 11 Juni 1979. Kacamata bisnis kemudian diteruskan oleh delapan putra dan putri dan cucu dengan menggunakan nama merek yang berbeda, seperti A Kasoem, PT Kasoem, Lily Kasoem dan Cobra, yang sampai sekarang telah tersebar di sejumlah kota besar seperti Jakarta, Bandung, Solo , Yogyakarta, Cirebon, beberapa kota di luar Jawa. Kasoem telah menyebar bisnisnya dalam semangat delapan anaknya sejak usia dini. Menurut salah Ruba’ah putrinya, ayahnya tidak akan memberikan uang saku kepada anak-anak mereka jika tidak membantu pekerjaan di optik.

Sumber : profilpengusahasuksesindonesia.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar