Solo Best Brand Index (SBBI) merupakan
sebuah survey tahunan yang bersifat independen terhadap pengguna produk
di wilayah Solo untuk menentukan brand terbaik dari sebuah kategori
produk. Di tahun 2010, survey yang dilakukan oleh harian SOLOPOS bekerja
sama dengan Pusat Studi Penelitian Pengembangan Manajemen Bisnis (PPMB)
UMS ini kembali digelar di Diamond Solo Convention Center pada hari
Selasa (29/6).
SBBI mensurvey 62 produk yang dikelompokkan
menjadi lima kategori yaitu kebutuhan rumah tangga, elektronik, jasa,
farmasi, dan teknologi informasi. SBBI 2010 kali ini menekankan pada
analisis kesetiaan pelanggan pada suatu brand sebagai ukuran dari
kinerja brand tersebut. Variabel-variabel yang diukur antara lain
kesetiaan pada merk, reputasi merk, sikap konsumen pada iklan, dan
pangsa pasar. Variabel-variabel ini diukur untuk dapat menunjukkan
tingkat kepentingan masing-masing atribut produk bagi konsumen.
Penilaian indeks SBBI dihitung berdasarkan skor variabel dan frekuensi
responden yang menggunakan brand tersebut.
Pada SBBI 2010, Paramex mendapatkan
penghargaan sebagai brand terbaik untuk kategori obat sakit kepala.
Paramex mengungguli kompetitor-kompetitornya seperti Panadol, Bodrex,
Saridon, dan Neuralgin. Selain itu, Paramex juga merupakan brand yang
paling banyak digunakan oleh responden. Terpilihnya Paramex sebagai merk
terbaik oleh konsumen se-Solo Raya merupakan bukti bahwa Paramex
merupakan obat sakit kepala yang mampu memberikan kepuasan tertinggi
dibandingkan dengan obat sakit kepala yang lain.
sumber : konimex.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar