Kamis, 18 April 2013

Pengusaha Abidin Hasibuan


Abidin Hasibuan seorang atasan SN(Sat Nusapersada) asal Batam.  Saat ini, SN telah memiliki 10 pabrik dengan jumlah seluruh karyawan hingga 4 ribu orang dan ekspor produknya sampai ke 8 negara, omsetnya mencapai Rp 1,6 hingga 2 triliun. Semua berawal dari mimpinya saat kelas 3 SD, yaitu ia ingin mempunyai perusahaan  sendiri yang memiliki 4 lantai.

Namun apa daya hingga usianya 30 tahun ia belum sanggup mencapai mimpinya itu. Apapun ia kerjakan demi tercapainya mimpi itu, jadi preman pun ia lakoni bahkan menjadi calo paspor. Yang terpenting baginya ialah jangan sampai memvonis diri sendiri.

Abidin Hasibuan menyebutkan 4 hal menjadi sukses, berikut ulasannya:

1. Percaya Diri
Apapun yang kita lakukan, kita harus percaya dan yakin bahwa diri dapat melakukannya.

2. Berkomitmen dan memiliki kepercayaan
Misal jika kita memegang dana Rp5 miliar, maka orang miliki kepercayaan pada kita Rp20 miliar. Berarti Jumlahnya menjadi Rp25 miliar, sehingga dengan kepercayaan itu kita miliki aset sebesar Rp 25 miliar. Siapa sangka Abidin sebelum berada di SN ia pernah satu hari tak makan, dan kalau lapar hanya meminum air putih saja. Untuk itu kepercayaan sangatlah penting,  karena jika seseorang dibohongi satu kali maka esoknya ia tak akan percaya.

3. Bekerja keras
Jadi orang haruslah bekerja keras jika inginkan  keberhasilan, dan citanya dapat terwujudkan. Abidin juga pernah alami masa rumit saat membesarkan Sat Nusa. Saat itu untuk membayar karyawannya yang berjumlah 5 orang ia meminjam uang dari pengusaha asal Batam.

4. Menurut garis tangan dan keberuntungan
Ada yang mencoba untuk menjadi seorang pengusaha namun yang terjadi hanyalah hutang yang terus membelit dan bisnisnya tak kunjung berkembang. Ia yakin bahwa kesuksesannya berkat nasibnya yang baik dan kerja keras yang ia lakukan dengan sungguh-sungguh. Menurutnya ”Jika perusahaaan belum masuk dalam daftar bursa,maka bisa di katakan perusahaan belum sukses,” kata Abidin.

Dalam memasukkan perusahaannya dalam daftar bursa, ia berusaha selama 6 bulan lamanya. Dia berpesan bahwa jika menjadi Pengusaha janganlah curang dan harus taat pajak. Biasanya ada yang membuat tiga pembukuan dalam perusahaan yang fungsinya untuk internal, perbankan, dan untuk perpajakan.Itu membuat rusak perusahaan yang dijalani. Untuk itu jadilah pengusaha yang jujur agar menjadi pengusaha yang sukses seperti Abidin Hasibuan.

Dan jangan sampai terjerembab dalam menkonsumsi obat terlarang. Jalan usaha pasti terdapat kemunduran dan kemajuan.

Abidin Hasibuan adalah salah satu tokoh yang mengawali usahanya dari nol, bahkan itu datang dari mimpinya ketika ia masih di kelas 3 SD, dan ternyata mimpinya menjadi kenyataan. Tekatnya yang sangat kuat menjadikannya sesukses sekarang. Keadaan yang sulit bukan halangan untuk maju, namun hanya sebesar apakah kemauan dan usaha kita untuk merubahnya.

Sumber : andiazhari.com

2 komentar: