Senin, 29 April 2013

Usaha Ternak Unggas


Sejak tanggal 21 Januari 2013 PT. Bumi Mas Farm telah resmi menjalin kerjasama dengan perusahaan kami dalam bentuk penggunaan Viterpan Unggas sebagai program suplemen probiotik wajib bagi seluruh mitra peternaknya. Perusahaan kemitraan ayam broiler yang bermarkas besar di Kab. Cianjur – Jawa Barat ini menggalang kemitraan dengan peternak-peternak di Cianjur, Bandung Barat, Purwakarta dan Subang. Imam Budi Santoso, S. Pt selaku Direktur PT. BMF menyampaikan bahwa wilayah usahanya akan segera menjangkau Karawang dan Bekasi. Beliau mengakui bahwa Viterpan Unggas sangat nyata meningkatkan performans ayam broiler.

Tidak mau percaya begitu saja, kami memutuskan untuk mengunjungi PT. BMF guna melihat langsung sepak terjang perusahaan ini dan mendengar langsung dari para peternaknya mengenai khasiat Viterpan Unggas. Maka pada tanggal 6 Maret 2013 pesawat Lion Air menerbangkan kami ke Bandung dan dilanjutkan dengan bus ke Cianjur. Setiba di sana kami di sambut oleh seluruh awak PT. BMF dengan hangat. Pak Imam mengatakan bahwa kebetulan keesokan hari akan ada pertemuan seluruh peternak di Puncak. kami pun diajak.

Pertemuan itu diselenggarakan di Hotel Bukit Raya Talita – Cipanas, Puncak dengan sponsor sebuah perusahaan pakan ternak yang produknya juga dipakai PT. BMF selama ini. Kami berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan beberapa peternak yang hadir mengenai banyak hal termasuk soal Viterpan Unggas. Pertemuan berlangsung dengan semangat karena peternak mendapatkan banyak ilmu pengetahuan seputar peternakan ayam. Acara ini memang secara berkala diadakan sebagai ajang ramah tamah sekaligus pendidikan bagi mitra peternak, tegas Pak Imam.

Keesokan harinya, kami diajak berkeliling ke kandang-kandang peternak mitra PT. BMF di sekitar Cianjur, Bandung Barat dan Purwakarta. Salah satunya ke kandang milik Pak Usman di Cipatat, Bandung Barat. Peternak muda ini menyambut kami dengan keramahan khas orang Sunda. Cukup lama kami bertiga berbincang-bincang sambil berfoto dan bersyuting. Pak Usman telah 3 periode menjadi mitra dengan hasil yang selalu baik alias memuaskan. Atas Izin Allah dengan  memkai ViterpanUnggas selama 2 periode terakhir, ujarnya tersenyum. Hasilnya bau kandang jauh berkurang, sekam senantiasa kering (kandangnya postal 2 lantai), ayam tak mudah sakit, irit obat-obatan dan bobotnya oke.

Pak Imam menyebutkan bahwa Viterpan Unggas diberikan melalui air minum tanpa klorin/kaporit mulai umur 5 hari pada sore hari sampai pagi. Jadwal pemberiannya setiap saat ketika tidak ada program obat lainnya (waktu air putih). Karena PT. BMF mengkhususkan diri pada panen ayam kecil < 1 kg (umur 17-20 hari panen) maka kebutuhan Viterpan Unggas hanya 1 botol per 1.000 ekor ayam. Diakui bahwa penggunaan Viterpan Unggas sangat menghemat biaya obat-obatan secara keseluruhan. Biaya OVK cukup maksimal 350 rupiah per ekor, tegasnya.  Lanjut Pak Imam, guna meyakinkan tumbuh kembang ayam yang optimal peternak wajib serius menjaga masa pemanasan. Harus benar. Harus sempurna. Harus dijaga ayam nyaman dengan suhu kandang pada siang dan malam.

Menurut Pak Usman, dirinya betah bermitra dengan PT. BMF karena sistem kontrak dan waktu panennya menguntungkan kedua belah pihak dalam kondisi apapun (berbeda dengan perusahaan lain yang pernah diikutinya), kagum kepada Pak Imam yang meski Direktur PT. BMF tapi selalu rutin berkunjung dan menemui peternak bersama ayam-ayamnya (jarang ada sekelas pimpinan perusahaan yang mau masuk kandang) dan senang memakai Viterpan Unggas karena ayamnya bagus terus selama 2 periode (keuntungan panen sangat menggairahkan). Setiap chick-in jangan lupa Viterpan nya ya Pak Imam, katanya mengingatkan. Pak Imam mengacungkan jempolnya sambil tersenyum dan kami pun pamit.

Sumber : http://kandangclosedhouse.wordpress.com

1 komentar: