Selasa, 23 April 2013

Wulan Pengusaha Hijab yang Sukses


Di Indonesia hijab sudah menjadi trend. Banyak orang menggunakannya karena sangat di anjurkan untuk menutup aurat. Selain untuk menutup aurat hijab juga bisa mempercantik diri.

Mengambil kesempatan emas ini, maka seorang yang bernama Tsummadana Wulan (22) merintis karir dengan mendesain hijab dan menjualnya via online. Bahkan saat ini produknya sudah dipakai puluhan artis di tanah air.

Wulan, panggilan akrabnya memiliki butik kecil bernama Miulan di samping rumahnya di Jl Kedung Batu Selatan no.88 Semarang atau tepat di belakang Klenteng Sam Po Kong, Wulan dan tujuh karyawan mengemas puluhan hijab dan busana muslim yang siap dikirim ke penjuru tanah air bahkan luar negeri. Pelanggannya tersebar di seluruh Indonesia, ada juga dari Singapura, Brunei Darusalam dan yang paling sering adalah Hongkong. Dengan menjual hijab dan baju muslim, saat ini Wulan sudah bisa mewujudkan keinginannya untuk Umroh, jalan-jalan ke luar negeri dan membeli barang yang diinginkannya.

Kisah Pengusaha sukses Wulan cukup sering diberitakan. Awalnya ia hanya mahasiswi biasa di Fakultas Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang hingga akhirnya dosen memberikan tugas kewirausahaan yaitu membuat usaha tanpa modal. Gadis cantik ini pun memutar otak dan mengawalinya dengan menjual pakaian pantas pakai miliknya. Kemudiaan dari penjualan itu akhirnya Wulan dapat modal dan membuat pernak pernik asesoris buatan sendiri misalnya gelang, kalung, cincin dan lainnya.
Untuk menyokong usahanya,Wulan juga menjadi anggota salah satu Multi Level Marketing (MLM) hingga akhirnya dia bisa membangun toko. Tapi tidak seperti yang diharapkan, tokonya tidak dipenuhi pengunjung bahkan sepi. Kemudian Wulan kembali harus memutar otak agar usahanya sukses.

Wulan kemudian mendisain hijab sendiri yang di ambil dari referensi internet. Dari situ ternyata banyak peminatnya, maka lahirlah Miulan bulan November 2011 lalu. Usahanya kemudian berkembang dan pada akhirnya Dia bisa mempekerjakan 7 orang karyawan. Wah, hebat ya?

Sistem penjualan Wulan juga menggunakan sistem penjualan online yang sering dilakukan pada umumnya, yaitu sistem penjualan agen dan reseller. Hijab buatan Wulan dijual dengan sistem Distributor dengan minimal pembelian 100 buah, Agen dan Reseller dengan minimal pembelian 20 buah akan mendapatkan diskon khusus.
Yang menjadi ciri khas hijab dari Wulan hingga banyak diminati adalah karena bahannya yang terbuat dari kain kaos, serta disain minimalis dengan asesoris bunga berwarna soft yang terkadang saling bertabrakan namun tetap menjadi kombinasi yang baik. Dari usahanya yang baru berdiri setahun itu, Wulan saat ini memiliki pendapatan bersih hingga jutaan rupiah perbulan, omsetnya pun hingga seratus juta rupiah.

Selain itu dengan memanfaatkan twitter, ia berhasil membuat produknya dipakai oleh beberapa artis untuk dipakai dalam pengambilan gambar film. “Misalnya Julia Peres, Lyra Virna, Lia Ananta, Asti Ananta, Sheza Idris dan masih banyak lagi”. Sementara itu menurut Wulan, lebih efektif untuk menjual produknya lewat jejaring sosial karena pasar anak muda sekarang lebih condong menggunakannya.

Dengan akun facebook, Wulan memperoleh pelanggan berlimpah bahkan tak ayal ada orang yang meniru desain bahkan namanya. “Itu tidak masalah, yang penting kita saat menjual saling percaya saja. Menggunakan panggilan akrab seperti ‘sist dan cint’ ternyata efektif membuat pelanggan merasa nyaman untuk berbelaja,” kata Wulan sambil tersenyum.

Rahasia Sukses Wulan
1.Kreatifitas
Kita bisa lihat dari kisah pengusaha sukses Wulan. Terlihat dengan jelas bahwa Wulan punya kretifitas yang tinggi. Memang sudah tidak di ragukan lagi kalau kretifitas sangat membantu dalam meraih sukses. Kreatifitas wulan dapat di lihat dari cara dia mendesain jilbabnya.

2.Sesuai Hobi
Wulan juga sepertinya sangat menikmati sebagai pengusaha hijab. Dia terlihat sangat senang dan jelas ini adalah hobinya. Kalau kita menjadikan hobi sebagai bisnis maka kita bisa menikmati prosesnya. Kita akan selalu bertindak sepenuh hati. Jadi, kalau anda ingin berbisnis, sesuaikanlah dengan hobi anda.

3.Tekun
Ketekunan Wulan akhirnya menjadikan Wulan sebagai pengusaha sukses. Wulan begitu tekunnya menggeluti bisnis hijab dan pada akhirnya berhasil.

4.Memanfaatkan Teknologi
Bisnis apapun bila di bumbui dengan teknologi, bisa dipastikan bisnisnya akan maju. Seperti halnya Wulan yang melengkapi usahanya via online, tidak hanya offline. Sebagaimana kita ketahui bahwa internet berkembang sangat pesat. Jadi, manfaatkan internet untuk bisnis anda!

Sumber : Ilawati-apt.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar