Selasa, 16 April 2013

Kiat Sukses PT. Sari Incofood

PT. Sari Incofood Corporation didirikan pada tanggal 11 Januari 1970 . Perusahaan ini berpusat di Tanjung Morawa, Sumatra Utara . PT. Sari Incofood Corporation merupakan sebuah perusahaan yang berdiri dengan penjualan produk kopi , salah satunya kopi indocafe coffemix 3 in 1 .Indocafe coffeemix 3 in 1 merupakan kopi 3 in 1 pertama di Indonesia , yang mulai dipasarkan pada tahun 1985. Coffemix 3 in 1 dapat dikomsumsi oleh semua kalangan,baik muda maupun tua.

STRATEGI PEMASARAN & PENGEMBANGAN PRODUK INDOCAFE :

Indocafe mengalami kenaikan penguasaan market share dari 26% hingga menjadi 28%. Indocafe mungkin akan sulit untuk meningkatkan market share dengan menyerang penguasa market share besar lainnya (Nescafe). Oleh karena itu strategi yang paling tepat adalah strategi bertahan dengan memperbaiki performa produknya dari pada harus menonjolkan kelebihan-kelebihannya. Penurunan harga tidak sesuai karena bisa menjadi pemicu untuk perang harga dan persaingan yang merusak.

STRATEGI DALAM MENGHADAPI PERSIANGAN DAN TANTANGAN : 

Dengan produk instannya, Indocafe yang antara lain juga memproduksi sereal, serta dengan bendera Max juga memproduksi Max-Creamer dan Maxtea ( rasa lemon ) telah menggelegar seluruh pasar berkategori baru untuk dinikmati sendiri, sebab kompetitor yang memiliki pabrik sendiri di Indonesia belum muncul ( pada saat itu )
Masalahnya, hanya mendidik masyarakat supaya mengenal kualitas produk instan yang sudah diolah teknologi modern sebagai minuman/makanan yang lebih menyehatkan.

Ternyata tidak mudah memperkenalkan produk instan kepada publik melalui pendekatan kesehatan atau teknologi. Indocafe pun tidak kekurangan akal, meraka lalumencoba menarik perhatian masyarakat dengan mengandalkan cita rasa produknya.

Tim Indocafe turun langsung ke lapangan dengan menyajikan produk nya secara gratis untuk dicoba orang mulai dari gedung perkantoran hingga ke pusat keramaian.

Cara ini belakangan terbukti sukses. Kini, Indocafe Coffemix menjadi produk yang paling digemari karena rasa "gurih" nya dan MaxTea LemonTea juga merupakn produk minuman yang terkenal pas rasa nya dengan lidah orang Indonesia. 

Indocafe tahu bahwa pada waktunya pertumbuhan penjualan kopi instan akan mengalami stagnasi. Strategi utama yang digunakan pabrik consumer goods untuk senantiasa mengusahakan peningkatan omset antara lain dengan memperluas jarigan distribusi dan mencuri pangsa pasar kompetitor.

Indocafe giat memperluas jangkauan pasarnya. Indocafe memberikan harga "buy in" yang sama terhadapsemua agen dan distributornya. Harga penjualan pabrik kepada grosir yang memborong dalam jumlah banyak.

PROSPEK BISNIS INDOCAFE BERDASARKAN MODEL BISNIS, SITUASI PASAR DAN PERSAINGAN :
  1. Membuat dan mencoba menjual produk berkategori baru berarti selalu membuka pasar. Akan tetapi Indocafe jeli memilih memproduksi komoditas yang paling digemari masyarakat, bukan asal melemparkan sesuatu yang baru kepada masyarakat.
    terlebih-lebih menyangkut cita rasa lidah.
  2. Indocafe memperkenalkan produk dari sisi keunggulan sehingga diperoleh kemungkinan menjual produk dengan standart harga lebih baik sesuai dengan kualitas jenis produk Indocafe.
  3. Consumer goods kategori suatu makanan atau minuman pada suatu waktu akan mencapai titik jenuh untuk dapat dipacu lagi dengan pertumbuhannya. Sehingga Indocafe memikirkan kemungkinan memperluas jaringan distribusi.
  4. Indocafe memanfaatkan potensi jalur produksi untuk menghasilkan diversifikasi menuju pemerkayaan komoditas sehingga dapat dimunculkan suatu produk yang lebih unggul dan lebih meningkatkan omset perusahaan
Sumber :netii.net

2 komentar:

  1. Saya butuh produk max creamer non dairy creamer dalam jumlah besar. Tlg hub saya di wa 082340979804. Makasih

    BalasHapus