Memanfaatkan kebutuhan pasar untuk mendatangkan banyak keuntungan,
menjadi kunci kesuksesan Laksmi Collection dalam menjalankan usahanya.
Digawangi oleh sepasang suami istri Laksmita dan Nugroho, bisnis yang
beralamat di Desa Kalirejo, Wirosari, Kabupaten Grobogan ini memproduksi
beragam jenis peralatan rumah tangga terutama untuk produk kasur. Kasur yang saya produksi adalah kasur busa, terutama untuk topper
springbed,ungkap Laksmita ketika ditanya mengenai produk unggulannya.
Bermula dari bisnis rumahan yang melayani jasa pembuatan bantal, sekarang ini Laksmi Collection
sudah berkembang cukup pesat dan bahkan berhasil membuka lini usaha baru
yaitu sebuah toko meubel yang menawarkan produk-produk unggulan seperti
misalnya kasur, springbed, kursi, lemari, dan lain sebagainya.
Tak hanya itu saja, untuk menambah pundi-pundi keuntungan setiap
bulannya, Laksmi juga mulai melebarkan sayap bisnisnya dengan
memproduksi aneka macam sprei yang ukurannya bisa disesuaikan dengan
kebutuhan para konsumen. Saya sengaja menyesuaikan sprei dengan
kebutuhan para konsumen, karena di sekitar sini banyak masyarakat yang
menggunakan tempat tidur dari kayu jati yang memiliki ukuran khusus,
sehingga konsumen cukup kesulitan menemukan produk sprei yang sesuai
dengan ukuran tempat tidur mereka.
Disamping memproduksi sprei, Laksmi Collection juga mulai memproduksi
bed cover, gorden, sarung bantal kursi, membuat bantal cinta, guling,
serta kasur untuk bangku jati yang ukurannya bisa di sesuaikan dengan
permintaan para konsumen.
Dengan membidik segmen menengah ke atas sebagai pasar potensialnya, Laksmi mematok harga sekitar Rp 85.000,00 untuk produk bantal cinta, Rp 200.000,00 untuk bantal kursi dan Rp 390.000,00 untuk satu set sprei dan bed covernya.
Untuk pemasaran kami masih menggunakan jasa broker atau pedagang, kami belum melakukan
penjualan lewat online karena terbatasnya persediaan barang dan modal
ujar Laksmita mengenai strategi pemasaran yang Ia jalankan. Dalam hal
ini Laksmi lebih memilih menggandeng teman-teman yang berada di luar
daerah Purwodadi untuk membantu memasarkan produk mereka. Jadi, walaupun
Laksmi Collection belum dipasarkan secara online, namun
produk-produknya sudah mulai merambah daerah-daerah lain berkat bantuan
para broker yang Ia miliki.
Melihat persaingan pasar di bisnis peralatan rumah tangga yang sekarang ini sudah sangat sesak, Laksmi berusaha mengikuti
permintaan calon konsumennya sehingga Ia mampu menjaga eksistensi
usahanya dan juga siap berinovasi untuk menghadapi kompetisi yang ada di
sekitarnya. Kedepannya, saya ingin Laksmi Collection bisa lebih maju,
membuka cabang baru dan memberikan lapangan pekerjaan yang lebih banyak
lagi bagi orang-orang di sekitar kami,” kata Laksmita.
Sumber : bisnisukm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar