Kamis, 29 November 2012

Pisang Ijo Raih Omzet Jutaan


Kini selera makan masyarakat Indonesia makin beragam. Tidak melulu makanan londo cepat saji yang sekarang kian merebak, penikmat kuliner juga mulai melirik makanan tradisional Nusantara. Salah satunya adalah pisang ijo asal Makassar, Sulawesi Selatan.
Menu makanan dengan bahan dasar pisang berbalut tepung berwarna hijau ini sukses dipasarkan Riezka Rahmatiana. Perempuan muda berusia 24 tahun ini sanggup meraup omzet mencapai Rp 850 juta dari hasil jualan pisang ijo dengan merek dagang JustMine.
Padahal, saat memulai usaha pada 2007, dia hanya merogoh koceknya Rp 2 juta. Modal tersebut kemudian habis dibelanjakannya untuk membuat etalase kecil serta bahan-bahan pembuat pisang ijo.
“Waktu buka usaha ini modalnya kecil. Hanya Rp 2 juta,” ujarnya saat ditemui di sela-sela Expo Wirausaha Mandiri di Jakarta Convention Center, Jakarta, Sabtu (23/1/2010).
Riezka berkisah, kesuksesan diraihnya dengan penuh kerja keras. Awalnya, dia pernah menjadi anggota multilevel marketing (MLM). Karena tidak membuahkan hasil, Riezka beralih menjajal bisnis voucer pulsa yang akhirnya kandas juga.
Tak patah arang, Riezka akhirnya banting setir dan mulai menggeluti usaha di bidang kuliner. Saat itu, dia merintis sebuah kafe di Bandung. Namun, lagi-lagi usahanya gagal.
Akhirnya, pada tahun 2007 Riezka mulai melirik pisang dan berpikir untuk mengemasnya menjadi panganan yang digemari orang. “Saat itu saya hanya berpikir, pisang itu kalau laku dijual enaknya dibikin apa. Akhirnya saya memutuskan untuk memasarkan pisang ijo,” katanya.
Yang unik, Riezka yang asal Mataram, Nusa Tenggara Barat, ini mengaku belum pernah sekali pun menyambangi Makassar. Kunci keberhasilan mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikai Universitas Padjadjaran ini sebenarnya terletak pada kreativitasnya mengembangkan makanan pisang ijo dalam berbagai aneka rasa. Dari pisang ijo tradisional dikembangkan dengan campuran vla yang ditambahkan dengan berbagai rasa, vanila, cokelat, keju, hingga durian.
Bandingkan dengan pisang ijo makassar yang hanya berbungkus terigu berwarna hijau pandan plus lamuran vla ditambah sirup sebagai pemanis. Ada juga yang dilumuri bubur sumsum dan es batu.
Harga pisang ijo JustMine dipasarkan Rp 6.000 hingga Rp 7.000 per porsi. Semangkuk pisang ijo ini menjadi makanan yang digemari banyak orang. Buktinya, saat Expo Wirausaha Mandiri hari ini, ratusan pengunjung tidak henti-hentinya menyerbu stan pisang ijo ini. Bahkan, dalam hitungan jam, stok pisang ijo milik Riezka ludes.
“Ini makanya telepon lagi minta dikirim ke sini. Pengunjungnya sudah antre dari pagi,” ujarnya.
Untuk mengembangkan usahanya itu, Riezka membuka peluang untuk berinvestasi bagi siapa saja yang berminat dengan sistem waralaba pisang ijo. Hingga kini, ada 20 gerai pewaralaba pisang ijo yang tersebar di Bandung, Jakarta, dan Bekasi. Di samping itu, Riezka juga punya tiga outlet di Bandung.
Untuk menjamin keuntungan bersama dengan para mitra, proses seleksi mitra waralaba pisang ijo cukup cermat. Riezka menjelaskan, untuk menjadi mitra pisang ijo JustMine, cukup dengan investasi mulai dari Rp 6,5 juta.
Nantinya, para mitra akan mendapatkan satu booth, paket perlengkapan booth lengkap, paket promosi, jaminan kualitas produk, biaya delivery, trainning karyawan, dan hak pakai booth.

Sumber : binder724studio.com

3 komentar:

  1. KEMITRAAN ES PISANG IJO AZZAM HEBAT


    ES PISANG IJO
    Es pisang ijo adalah salah satu kekayaan kuliner nusantara yang tidak pernah lekang oleh waktu dan tidak pernah pudar dengan zaman. Makanan ini merupakan makanan khas Makassar. Rasanya yang manis dan gurih serta aroma pandannya yang khas dengan penyajian yang menggoda, maka makanan ini layak untuk dijadikan sebagai jajanan sehat dan lezat yang bisa dinikmati kapan saja terutama ketika kita sedang lapar dan dahaga. Es pisang ijo ini benar-benar bisa menghilangkan lapar dan dahaga seketika. Untuk bisa menikmati es pisang ijo ini kita tidak harus pergi jauh ke tempat asalnya di Makassar, karena untuk saat ini hampir di setiap kota di pulau jawa, sumatera, Madura dan bali kita bisa dengan mudah menemukan penjual es pisang ijo. Survey membuktikan bahwa makanan khas Makassar ini bukan saja digemari oleh orang-orang Makassar saja tapi orang di luar Makassar juga sangat banyak yang menyukainya. Kami sendiri sebagai penjual es pisang ijo telah membuktikan kurang lebih sudah 4 tahun kami berjualan sampai sekarang tahun 2013 masih bertahan bahkan semakin berkembang. Rata-rata tiap hari kami bisa menjual es pisang ijo 50 porsi per hari dari per outlet, jika ada 10 outlet saja berarti tiap hari kami telah menjual rata-rata 500 porsi es pisang ijo. Ini menandakan bahwa es pisang ijo adalah makanan khas daerah yang layak dilirik untuk dijadikan bisnis. Memang bisnis es pisang ijo ini tidak terlalu menjanjikan karena mungkin sebagian orang berfikir bisnis es pisang ijo ini tidak tahan ketika musim hujan tiba. Ya walau bisnis es pisang ijo ini tidak menjanjikan menurut sebagian pelaku bisnis kuliner, tapi kami telah membuktikannya. Ketika musim hujan kami tetap berjualan, dan ternyata peminatnya tetap ada. Jadi musim hujan bukan suatu penghalang untuk mengais rejeki dengan kelezatan es pisang ijo khas Makassar ini.
    Nah, bagi Anda yang ingin mencicipi lezatnya bisnis es pisang ijo, sekarang kami telah membuka kemitraan dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Mengajukan permohonan
    2. Memiliki semangat kewirausahaan
    3. Menjalankan bisnis dengan sungguh-sungguh
    4. Memiliki target pasar
    5. Mentaati dan melaksanakan peraturan usaha dan system operasional yang ditetapkan oleh manajemen es pisang ijo azzam hebat
    6. Memiliki dana untuk membeli paket kemitraan
    7. Membeli minimal satu paket kemitraan di kota yang terjangkau oleh kami
    8. Membeli minimal 5 paket kemitraan jika lokasi mitra jauh dari tempat produksi kami.

    Paket kemitraan ini kami tawarkan dalam dua pilihan harga sebagai berikut:
    1. Harga Rp 3.000.000,- mitra akan mendapatkan satu unit gerobak lipat full banner, perlengkapan jualan: 1 buah termos es, 1 buah toples vla, 1 buah cidukan vla, 1 buah toples pisang ijo, 1 set toples toping coklat, keju dan kacang, 1 buah pisau, 1 buah jepitan pisang ijo, 1 lusin mangkok, 1 lusin sendok bebek, 1 buah kain serbet, 1 buah lap kanebo, 1 buah parutan keju, 2 baju seragam kerja, 500 lembar brosur promosi.

    2. Harga Rp 7.000.000,- mitra akan mendapatkan satu unit gerobak dorong full banner, perlengkapan jualan: 1 buah termos es, 1 buah toples vla, 1 buah cidukan vla, 1 buah toples pisang ijo, 1 set toples toping coklat, keju dan kacang, 1 buah pisau, 1 buah jepitan pisang ijo, 1 lusin mangkok, 1 lusin sendok bebek, 1 buah kain serbet, 1 buah lap kanebo, 1 buah parutan keju, 2 baju seragam kerja, 500 lembar brosur promosi.

    Bagi calon mitra silahkan bisa datang langsung ke alamat kami yang tertera di samping kanan atas blog ini, atau bisa telpon langsung ke bagian marketing kami dengan nomor HP:0853-8584-2653

    BalasHapus
  2. Apakah bisa d kirim ke area jawa

    BalasHapus