Selasa, 27 November 2012

Mantan TKI Jadi Pengusaha Tahu


KISAH sukses H. Abdurrahman ini, kiranya perlu ditularkan dan bisa menjadi motivasi bagi para tenaga kerja Indonesia (TKI). Empat tahun memburu Ringgit di Malaysia pada awal 1990-an lalu, kini hidupnya telah membuahkan hasil.

H. Abdurrahman, seperti dikutip dari laman BNP2TKI, sukses menjadi salah satu pengusaha produsen tahu di kampungnya di Desa Lalangon, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur.

Haji Durahman, begitu sapaan akrab H. Abdurrahman, menuturkan, pada 1984 lalu dirinya tertantang ketika ditawari temannya untuk membeli alat pembuat tahu yang masih sederhana.

"Tetapi, saya tidak memiliki cukup uang untuk membeli dan sekaligus modal untuk membuat tahu,” ungkap Haji Durahman menceritakan kenanangan pahit masa lalunya, belum lama ini.

Sejak itulah, ia merasa tertantang untuk memiliki alat pembuat tahu tersebut. Lantaran tidak ada uang untuk membeli alat pembuat tahu itu, Haji Durahman kemudian nekad mengadu nasib menjadi TKI ke Malaysia pada awal 1990-an. Ia geluti dengan tekun bekerja di Malaysia itu, demi bisa membeli alat pembuat tahu plus untuk modalnya.

“Kesuksesan usaha membuat tahu yang dijalaninya bertahun-tahun hingga seperti sekarang ini, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, membutuhkan proses panjang dan pengorbanan,” kata Haji Durahman yang kini menjadi pemilik perusahaan tahu di Desa Paberasan, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep ini.

Menurutnya, keberhasilan usahanya sekarang ini sebenarnya tidak datang begitu saja serta berkat perjuangan dirinya sendiri semata. “Namun, usaha yang saya jalani ini dilatar belakangi saudara-saudara yang ingin membangun dari ketidak berdayaan, karena tidak memiliki pekerjaan,” ujarnya.

Sekarang, dari usaha pembuatan tahu itu, sedikitnya ada 10 hingga 12 orang pedagang sayur yang mengambil tahu di tempat Haji Durahman. Dari hasul usahanya juga, ia bisa menghidupi 6 orang karyawan.. Setidaknya, ia mengaku bisa menciptakan tenaga kerja dari hasil pengalaman menjadi TKI di luar negeri.

“Semua sudah ada yang mengatur, hanya manusia harus ikhtiar untuk berharap rizki dari Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa, agar diberikan kelancaran dalam berusaha,” pungkasnya.

Sumber : indonesia-bisa.com

2 komentar:

  1. Salam kenal dari saya mbak Romlah sengajah mempublikasikan cerita ini disini, saya bukan sombong tapi saya semata" hanya ingin berbagi kepada anda yang lagi butuh pertolongan.. Saya duluh kerja di malaysia sebagai PRT selama 7 tahun gaji waktu itu kurang lebih 3,5 juta per bulannya namun itu tidak pernah cukup untuk kebutuhan keluarga saya karna setiap bulannya harus membayar hutang piutang orang tua di BANK, singkat cerita.. Sekarang hutang orang tua saya sudah lunas senilai 335 juta dan sekarang saya sudah punya usaha tokoh perlengkapan bayi berkat bantuan MBAH BALAPATI melalui pesugihan putih dana gaib senilai 1 miliar.. Duluhnya saya takut untuk mengikuti pesugihan ini karna saya pikir ada tumbal ternyata tidak ada sama sekali dan jarak jauh pun bisa.. Singkat cerita duluhnya saya cuma melihat komentar seseorang di internet tentang MBAH BALAPATI alhamdulillah ternyata bener" terbukti dan saya salah satu orang yg sudah membuktikannya sendiri.. Siapa tau ada teman yg lagi ada masalah baik keuangan ataupun hal" lainnya silahkan coba konsultasi dengan beliau call/sms di nomer:+6282190534451 anda baik beliau pasti ramah melayani anda.. Muda"han dengan adaNya pesan singkat saya ini bisa bermanfaat.



    Salam bagi teman nak rantau.
    Spirit at work :-)



    BalasHapus
  2. Assalamualaikum Wr. Wb

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}


    WhatsApp Only::::{+33753893351}
    Email:::::::{{aditya.aulia139@gmail.com}}
    {{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}}

    BalasHapus