Rabu, 21 November 2012

Desain Otomotif Sukses Besar


Sebutan konsultan desain produk memang tidak sepopuler jasa konsultan desain grafis maupun jasa konsultan lain. Karena itu, Iman Setiobudy berusaha keras memperkenalkan industri yang masih muda ini kepada masyarakat.Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan mobil Xenia dan Avanza. Betul, ada banyak mobil Xenia dan Avanza yang masih tampil dengan penampilan standar.  Namun, kini, banyak pula pemilik “mobil sejuta umat” tersebut yang telah memodifikasi mobilnya dengan aneka aksesori.

Tren ini ternyata telah memberikan rezeki melimpah kepada para desainer aksesori mobil? Salah satunya adalah Iman Setiobudy. Pria kelahiran Banyuwangi, 25 Januari 1968 ini turut andil dalam mendesain aksesori kedua mobil tersebut. “Saya membuat desain beberapa aksesori, seperti pijakan kaki, penahan bemper depan, penahan lumpur dan lainya,” kisah Iman, bangga.

Iman adalah seorang konsultan desain produk. Selain itu, ia juga termasuk orang yang pertama kali mengembangkan desain produk menjadi sebuah hasil industri. Iman juga termasuk orang pertama yang mendirikan perusahaan konsultan desain produk. Ia memulai bisnisnya di 2003. “Saat itu belum ada perusahaan yang benar-benar fokus sebagai konsultan produk. Kebanyakan masih bekerja free lance atau sekaligus memproduksi desainnya,” tuturnya.

Iman terdorong membangun perusahaan konsultan desain produk karena melihat celah yang begitu luas dalam industri ini. Iman memilih mendirikan perusahaan konsultan khusus untuk otomotif. Alasannya sederhana, Iman pernah bekerja di bidang otomotif selama sembilan tahun. Karena tekadnya sudah bulat, Iman pun memutuskan keluar dari perusahaan penyedia aksesori untuk sebuah perusahaan otomotif, tempatnya bekerja.

Lantas, bersama salah seorang rekan, Iman mendirikan PT IXI Indodesain. Nama IXI merupakan singkatan Imajinasi, Ekspresi, dan Indonesia. “Saya ingin menggali desain-desain lokal Indonesia yang kaya guna diangkat dalam sebuah desain produk,” tuturnya. Tapi ternyata perusahaan Iman tidak bisa langsung beroperasi. Butuh waktu satu tahun sampai nama IXI Indodesain secara resmi berbadan hukum sebagai perusahaan konsultan.

Setelah itu, kerja keras Iman pun dimulai. Iman  harus rela berkeringat pergi keliling menawarkan ide-ide desainnya.  Selain itu, Iman juga merogoh kocek yang tidak sedikit. Pasalnya, “Di awal memulai bisnis kita tidak bisa hanya menjajakan gambar desain, tetapi juga harus memiliki model yang telah jadi,” jelasnya.

Iman mengatakan untuk satu buah model lengkap ia harus menyiapkan uang sekitar Rp 7 juta. Iman menggunakan uang tabungan selama bekerja sebagai modal. Keluarganya juga membantu menggenapi modal yang dibutuhkan. Untungnya, Iman sudah memiliki jaringan yang didapat saat ia bekerja di tempat lama. Selain itu, karena hubungannya dengan para klien dari bekas kantornya cukup baik, desain Iman relatif mudah diterima.

Dalam dua tahun, Iman bersama PT IXI Indodesain telah menerima 10 proyek desain produk. Jumlah yang lumayan. Jumlah itu pun sedikit demi sedikit makin meningkat. Pria yang pernah menyabet juara 1 The Panther Challenge 1993, juara 5 desain LG tahun 1995, dan juara 2 desain merek tahun 1996 ini bisa dibilang pernah menangani desain produk untuk hampir seluruh ATPM yang ada di Indonesia. “Toyota, Nissan, Yamaha, Peugeot sudah.  Tapi mobil jenis sedan belum pernah saya tangani,” katanya.

Iman sendiri mengaku menikmati profesinya sekarang. Maklum saja, profesi ini memang cukup menjanjikan. Apalagi, nilai karya dari sebuah desain saja, kadang-kandang sudah mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup selama sebulan penuh. Iman bilang, sebuah desain bisa dihargai minimal Rp 5 juta per proyek. Padahal. “Satu mobil itu kan tidak mengerjakan satu desain aksesori saja. Saya pernah mengerjakan tujuh desain untuk satu mobil Xenia yang nilainya mencapai Rp 140 juta,” tuturnya.

Nah, kalau di awal berbisnis dulu Iman harus menjajakan desain secara door to door, kini bisnisnya sudah lebih stabil. Ia telah memiliki pelanggan tetap, di antaranya Daytona Asia dan Dasawindu Agung. Tapi hal itu tidak membuat Iman puas begitu saja. Dia berharap bisa membangun IXI Indodesain menjadi perusahaan konsultan yang mampu menghasilkan desain untuk semua industri. Kini, Iman memperluas bisnisnya. Ia tidak lagi hanya mengerjakan desain produk otomotif, tapi  juga menerima pembuatan desain grafis serta desain furnitur.

Sumber : jpmi.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar