Senin, 12 November 2012

Cosa aranda Seorang Blogger Jutawan

Di sebuah harian nasional jawa pos tanggal 14 mei 2009 aku menemukan sebuah artikel yang menarik tentang bagaimana seorang blogger bisa meraup ribuan dollar dari blog yang dikelolanya. Begini artikelnya aku petikkan sebagai bahan masukan untuk memulai bisnis dari sebuah hobi menulis di blog.

Dari media bernama blog, ribuan dollar bisa diraup. Salah satu syaratnya, blog tersebut sudah diakui kualitasnya, banyak pengunjungnya, dan menarik minat pemasang iklan.

Cara utama mendapatkan uang dari blog adalah menggaet pemasang iklan. Para pengiklan akan tergiur memasang iklan apabila pengunjung blognya banyak. Cosa aranda, seorang blogger jutawan mengatakan, paling tidak ada dua macam iklan blog. “ Pertama Pay per Click (PPC) dan yang kedua Pay per Impression (PPI), “ kata blogger asal Surabaya itu saat menjadi pembicara pada BNCC National IT Talk Show (BITS) bertema menguak Kisah sukses Para Blogger Indonesia, selasa (12/5) lalu.

Acara itu diadakan Bina nusantara Computer Club (BNCC) Universitas Bina Nusantara (Binus), di auditorium kampus anggrek, Kebun Jeruk, Jakarta. Turut hadir dalam acara tersebut Raditya Dika, penulis buku laris “kambing jantan” dan Enda Nasution, blogger yang kerap dijuluki “ bapak blogger” Indonesia.

Iklan jenis PPC, kata Cosa, akan memberikan kontribusi uang tiap kali di click. Jumlahnya bervariasi. Mulai 0,02 dolar hingga 0,05 dolar. Jumlah uang baru terasa kalau yang click ribuan orang. Kalau masih berkutat pada ratusan orang, masih belum terasa. “ Yang paling dikenal di sini biasanya dari google adsense” katanya.

Selain PPC, ada PPI. Iklan ini kata cosa, adalah iklan gambar bergerak. Iklan tersebut akan memberikan kontribusi uang berdasarkan berapa kali pemutaran. Iklan ini biasanya dalam format flash yang akan berputar sendiri tiap kali website diakses. Biasanya iklan akan dibayar minimal seribu kali penayangan, ujarnya.

Cosa termasuk orang yang sukses meraup uang dengan cara tersebut. Dia memasang iklan tersebut di beberapa blognya yang memulai dikembangkan pada 2003. ribuan pengunjung mengakses blognya. Penghasilannya pun terdongkrak. Pada Juli 2007, penghasilan Cosa mencapai USD 5.000 ( lebih kurang 50 juta). Setiap bulan terus meningkat sampai sekarang. “ Paling tidak, saat ini gaji saya setara direktur lah” katanya disambut tepuk tangan hadirin.

Upaya lain meraih uangdari blog bisa dengan menjual halaman blog. Seperti iklan dalam surat kabar, banner dalam blog dijula dengan tariff tertentu. Perjanjian dilakukan dengan menyepakati tariff iklan dan lama pemasangan.
“ Menjual halaman bisa dilakukan secara online atau menawarkannya sendiri ke peusahaan-perusahaan, “ kata lulusan urusan Sistem Informasi sekolah Tinggi manajemen Informatika dan Teknik Komputer ( Stikom ) Surabaya itu.

Cara lain masih ada. Kata cosa, blogger juga bisa jadi makelar blog. Yakni mereka yang membeli blog untuk dijual lagi. Blog-blog yang dibeli murah di perbaiki untuk ditingkatkan pengunjungnya. “setelah pengunjung banyak, blog itu ditawarkan kepada orang lain. Tentu saja dengan harga lebih mahal” ujarnya.

Salah seorang rekan cosa pernah sukses melakukannya. Dia memperbaiki sebuah blog dan kemudian menjualnya lagi. “ Blog itu laku Rp 700 juta. Sekarang dia sudah nggak ngeblog lagi. Tapi, bisnis property dari uang penjualan blog” katanya.

Karena itu , kata Cosa , yang perlu dilakukan adalah terus meningkatkan jumlah pengunjung. Apabila pengunjung banyak, kemungkinan mereka meng click iklan semakin besar. Dengan banyaknya pengunjung langkah bisnis yang lain bisa dilakukan.

Meski begitu, kata Enda nasution, mendapatkan uang dari blog tetap tidak mudah. Harus tetap bekerja keras untuk meningkatkan jumlah pengunjung blognya. “ jadi jangan dianggap kita diam lantas uang datang. Tidak bisa seperti itu. Upayanya juga keras seperti pekerjaan lain,” kata pria yang dijuluki bapak blogger Indonesia itu.

Namun, kata Enda, mereka yang baru pertama membuat blog bisa memulai nya dengan membuat tulisan. Tak harus berorientasi uang. “ Tulisakan saja pengalaman sehari-hari. Dan paksa diri untuk terus menulis,” katanya.

Demikian artikel tentang kisah sukses seorang blogger. Yang mengais dolar dari sebuah blog. Semoga dapat menginspirasikan kita untuk mencapai sukses yang lebih besar lagi.
Bila anda sudah siap memulai bisnis melalui blog dan seluk bisnis online silahkan buat blog dan rajin mengisi artikel.


Sumber : didiksugiarto.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar