Rabu, 13 Maret 2013

Kiat Usaha Dengan Kegigihan

Tadinya, saya berpikir bahwa Mak Syukur itu artinya “emak” dalam bahasa Jakarta, yang berarti ibu. Tetapi setelah saya tiba di Padang Panjang, tempat sate Mak Syukur itu berasal, baru saya tahu, panggilan “Mak” dalam Sate Mak Syukur merupakan kepanjangan dari “Mamak”, yang itu adalah panggilan untuk laki-laki dewasa. Hehe… (kecele.com).

Biasanya, memang penjaja makanan itu terkenalnya perempuan, tetapi Mak Syukur (Almarhum), adalah sebutan untuk Syukur Sutan Rajo Endah, penjaja sate yang mulai mengembangkan usaha memikul sate dari tahun 1941. Mak Syukur hidup tahun 1911-1985, artinya, ia memang mulai usaha di sekitar umur 20-30 tahun, menjajakan sate di sekitar Padang Panjang. Kalau dulu Mak Syukur harus berkeliling menjajakan satenya, sekarang ini giliran orang-orang yang bela-belain datang dari berbagai kota untuk makan di kedai Sate Mak Syukur di Kota Padang Panjang, tepatnya di Jalan Sutan Syahrir Silaing Bawah, termasuk Presiden SBY beserta ibu Ani.

Ruang dalam Sate Mak Syukur
Pikiran saya, kalau Presiden SBY aja datang ke tempat ini, tentu saja tempat ini mempunyai keistimewaan. Karena itulah, sehari setelah selesai dari sebuah acara pelatihan di Padang, saya bergegas menuju Padang Panjang. Kebetulan, ada rombongan kawan menjemput. Terima kasih untuk Ust Mahfuz, Ust. Angga, dan tim dari Pesantren Thowalib Gunung yang telah berbaik hati menjemput dan mengantar ke Sate Mak Syukur ini.

Saya sendiri mengenal sate Mak Syukur ini lewat cabangnya di Kelapa Gading. Sate khas Padang ini memang terasa enak, tentu saja jika dimakan di tempat asalnya, akan menambah enaknya hidangan ini. Saya tertarik makan sate padang karena memang kuahnya yang berbeda. Jika sate madura atau kebanyakan sate menggunakan kacang dan gula, maka sate padang menggunakan kuah kuning kental yang gurih.

Sate Mak Syukur terbuat dari daging rusuk dan punuk sapi yang dimasak sampai empuk dengan kuah kuning kental dengan rasa yang tidak terlalu pedas. Ada juga Sate Mak Syukur yang terbuat dari usus, jantung, dan lidah sapi. Untuk menambah selera, potongan bawang goreng ditebarkan di atas sate. Seporsi makan, terdapat tujuh tusuk sate dan ketupat, dihargai Rp 15.000.

Sorbat Telur (campuran jahe) yang sehat dan menyegarkan
Saat saya bertanya, minuman apa yang unik yang jarang ada di tempat lain, dengan sigap sang pelayan menyebut Sorbat Telur. Ini minuman unik terbuat dari jahe campur telor, minuman nikmat terutama pada saat suhu dingin. Berbeda dengan udara Kota Padang yang panas menyengat, Kota Padang Panjang memang memiliki udara yang lebih sejuk dan dingin. Menyeruput minuman ini sehabis makan sate, membuat badan terasa jauh lebih hangat.


Disajikan di atas daun pisang
Sambil memakan sate dan menusuk ketupat satu per satu, saya membayangkan perjuangan Mak Syukur waktu muda dulu. Membawa gerobak sate dari satu daerah ke daerah lain, menjajakan dan mencari pembeli. Pasti perjalanan yang tidak mudah, apalagi saat itu masa-masa kemerdekaan RI, di mana ekonomi rakyat juga belum pulih benar.

Dan semua merek-merek besar di dunia ini memang membutuhkan perjuangan dan kerja keras panjang. Dari mulai usaha tahun 1941, baru pada tahun 1980an Mak Syukur mendapatkan hasil. Artinya, butuh kesabaran, kerja keras, dan konsistensi dalam mengembangkan usaha. Mungkin sekarang yang kita lihat adalah kesuksesan dan saatnya memanen dari apa yang telah diusahakan. Tetapi di balik itu semua, tidak boleh dilupakan bahwa kesuksesan itu membutuhkan perjuangan yang panjang.

Dalam sehari, pada hari-hari biasa kedai Sate Mak Syukur ini bisa menghasilkan sekitar 3000 tusuk sate. Dan saat libur, bisa dua kali lipat. Saya berempat saat datang ke sini sekitar jam 19.00 malam, sudah hampir kehabisan. Maklum saja, biasanya rombongan bis wisatawan yang datang dari arah Padang menuju Bukit Tinggi, biasanya selalu menyempatkan diri untuk mampir makan di Sate Mak Syukur ini.

Puas rasanya sudah menikmati sate legendaris Sumatera Barat ini. Masih terbayang kentalnya bumbu kuning nikmat yang menyertai irisan sate bertabur bawang. Suatu saat, saya akan ke sana lagi.
 
sumber :  kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar