Rabu, 13 Maret 2013

Sukses Dengan Kuliner Pepes Ikan Mas

Pepes menjadi salah satu masakan khas Sunda yang memiliki banyak penggemar. Selain pepes tahu, ayam, dan berbagai bahan baku lain, pepes ikan menjadi menu favorit menemani nasi. 

Melihat penggemar pepes yang bejibun, muncullah peluang bisnis nan gurih. Salah satunya yang bisa menjadi pertimbangan adalah tawaran Pepes Magic Ibu Itje. Berlokasi di daerah Cibaduyut, Bandung, pemilik bisnis ini juga pemilik restoran dengan nama yang sama, yang sudah berdiari sejak 2007.

Setahun bisnis restoran ini berjalan, Pepes Magic Ibu Itje mulai menawarkan kemitraan bisnis. “Kita berharap semakin banyak yang tahu dan suka dengan pepes,” ujar Adi Satya Wibawa dari bagian promosi dan support Pepes Magic Ibu Itje. Saat ini, sudah ada dua mitra Pepes Magic Ibu Itje di Bandung.

Hanya pepes ikan mas

Restoran Pepes Magic Ibu Itje hanya menawarkan pepes ikan mas. Dibandingkan dengan jenis ikan lain seperti bawal, kembung, tongkol, atau kerapu, ikan mas memiliki rasa lebih lezat dan daging yang lembut. 

Menu ikan mas terdiri bumbu black pepper, asam manis, dan juga chile ginger. Harganya tergantung dari besar kecilnya ikan. Untuk ukuran kecil dengan berat 250 gram (gr) harganya Rp 15.000, sedangkan ukuran setengah kilogram harganya Rp 35.000.

Anggapan ikan mas yang memiliki banyak duri dan berbau tanah dijamin tidak akan ditemui di restoran ini. “Kita ada trik, makanya disebut pepes magic,” cetus Adi berpromosi. Untuk menghilangkan berbagai masalah ikan mas, proses sudah mulai saat membersihkan ikan. Duri yang mengganggu bisa diatasi dengan proses memasak steam. 

Agar rasa seragam, Adi menyarankan mitra untuk membeli bahan baku bumbu dari pusat. Tiap paket bumbu untuk 5 kg ikan harganya Rp 20.000. Adapun ikannya bisa didapatkan mitra dari wilayahnya sendiri. “Itu untuk menjamin agar ikan tetap segar,” katanya. Tapi, jika mitra tidak mau repot, Pepes Magic Ibu Itje juga bersedia menyuplai pepes siap konsumsi kepada mitra dengan diskon 20%.

Jika Anda berminat bergabung menjadi mitra Pepes Pepes Magic Ibu Itje, ada dua pilihan kemitraan, yakni paket food court dan paket mini resto. Paket food court ditawarkan dengan nilai investasi sebesar Rp 50 juta. 

Adapun paket mini resto dengan investasi Rp 150 juta, belum termasuk tempat. Mitra nantinya akan mendapatkan fasilitas gerai dan perlengkapan masak. Selain biaya sewa tempat dan investasi, mitra juga diwajibkan membayar royalty fee sebesar 2,5 % dari omzet per bulan.

Adi memperkirakan omzet rata-rata Rp 800.000 sampai Rp 1 juta per hari untuk paket food court. Adapun paket mini resto, omzetnya Rp 2 juta–Rp 3 juta. Dengan omzet tersebut, balik modal mitra terjadi setelah 14 bulan untuk paket food court, dan 22 bulan untuk paket mini resto. 

Agar cepat balik modal, mitra diperbolehkan menambah varian menu, seperti sup ikan patin, iga bakar, dan ikan kakap. Reni Susanti Handayani, salah satu mitra Pepes Magic Ibu Itje di Bandung, mengatakan, pepes bukan makanan musiman. Ia mengaku sejak bergabung pada akhir tahun lalu, respons konsumen baik. “Kami juga menerima paket delivery order.
 
sumber : jpmi.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar