Kamis, 27 Desember 2012

Bisnis IT dan & Internet


Teknologi Informasi dan internet bukan saja memiliki posisi strategis dalam manajemen sebuah perusahaan, tapi sejarah membuktikan bahwa orang-orang muda meraih banyak income dari bisnis IT.

Pada tahun 1990 Jerry Yang menjalani program doktor di Stanford University. Bersama dengan sahabatnya David Filo, mereka lebih menyukai kegiatan surfing di Internet, daripada aktifitas dan penelitian program doktor yang mereka ikuti. Mereka mulai mengumpulkan link situs-situs yang menarik, sampai akhirnya list yang mereka buat telah menjadi terlalu panjang dan terlalu banyak. Mereka kemudian membaginya menjadi banyak kategori dan subkategori. 

Inilah peristiwa bersejarah yang mengawali lahirlah perusahaan besar bernama Yahoo! Yahoo merupakan singkatan dari “Yet another Hierarchical Officious Oracle”. Awalnya, yang mengakses ke direktori Yahoo! hanya Yang, Filo, dan beberapa teman dekat mereka di Stanford University. Namun, dari obrolan mulut ke mulut, orang mengakses ke Yahoo! menjadi semakin banyak. Mengetahui bahwa orang yang mengakses ke Yahoo! menjadi sangat banyak, mereka akhirnya menjadikan Yahoo! sebagai bisnis.

Kisah lain lagi terjadi pada suatu pagi di musim dingin tahun 1974, dalam perjalanan mengunjungi sahabatnya Bill Gates, Paul Allen membaca artikel majalah Popular Electronics dengan judul World’s First Microcomputer Kit to Rival Commercial Models. Artikel ini memuat tentang komputer mikro pertama Altair 9090. Allen kemudian berdiskusi dengan Bill Gates, dan mereka menyadari bahwa era “komputer rumah” akan segera hadir dan meledak, membuat keberadaan software untuk komputer-komputer tersebut sangat dibutuhkan. 

Bill Gates kemudian menghubungi perusahaan pembuat Altair, yaitu MITS (Micro Instrumentation and Telemetry Systems). Dia mengatakan bahwa dia dan Allen, telah membuat BASIC yang dapat digunakan pada Altair. Tentu saja ini adalah bohong. Bahkan mereka sama sekali belum menulis satu baris kode pun. MITS, yang tidak mengetahui hal ini, sangat tertarik pada BASIC. Dan hebatnya dalam waktu 8 minggu BASIC telah siap diimplementasikan dan bekerja sempurna di Altair. Setahun kemudian Bill Gates meninggalkan Harvard, dan bersama dengan Paul Allen mendirikan Microsoft.

Di Indonesia salah satu bisnis IT yang sukses adalah situs berita Detikcom. Kisahnya bermula dari keisengan Budiono Darsono, mantan wartawan tabloid Detik yang dibredel, membuat media online pada 9 Juli 1998. Situs tersebut dibikin untuk melepas kerinduannya terhadap dunia pers. Dikatakan iseng, karena awalnya cuma Budi seorang yang menjadi wartawan, sementara servernya nebeng di Agrakom (perusahaan IT). Praktis, dia hanya bermodalkan semangat, serta sebuah tape recorder dan handie-talkie. 

Sekarang dengan unique visitor sebanyak 650-700.000 per hari (1 unique visitor bisa mewakili 5 orang pembaca), tarif iklan Detikcom berkembang luar biasa. Yang paling mahal Rp 140.000.000 per bulan, sedang yang termurah Rp.20.000.000 per bulan. Budi menjelaskan, lantaran infrastruktur dan pembacanya tumbuh besar, mau tidak mau rate mereka ikut tumbuh. 

Sukses Detikcom ini bukanlah semata-mata berkat faktor lucky, lantaran mereka hadir dengan timing yang tepat. Setidaknya ini dibuktikan dengan daya tahan (endurance) mereka menghadapi pecahnya “bubble” internet. 

Dan masih banyak kisah-kisah lain tentang kesuksesan bisnis IT, yang kadang dimulai dari sesuatu yang sederhana, dari sebuah hobi atau kemampuan kita membaca kebutuhan masyarakat terhadap suatu solusi. Bidang IT termasuk bidang yang unik, karena banyak sekali pebisnis dan tokoh-tokoh IT lahir justru karena kekuatan karakter dan kreatifitas.

Sumber : managementfile.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar