Selasa, 18 Desember 2012

Sukses Sup Buah


Bandung sebagai salah satu kota besar yang memiliki potensi sebagai kota sentra bisnis kuliner dan bisnis fashion ternyata sudah tidak dapat diragukan lagi. Dari mulai bisnis fashion, bisnis makanan, hingga bisnis minuman banyak ditemukan di kota tersebut. Salah satu potensi bisnis dari kota Bandung, adalah bisnis sop buah. Yang dulunya menu sop buah hanya dikenal masyarakat Bandung saja, sekarang minuman ini dapat ditemui di berbagai kota selain Bandung, bahkan hingga dikenal pasar mancanegara seperti di negara tetangga Malaysia. 

Di Yogyakarta, menu sop buah juga mulai banyak ditemui di pinggiran jalan yang ada di kota tersebut. Salah satu penjual sop buah yang ada di kota Yogya adalah Bapak Saryono. Pedagang kaki lima yang menjajakan menu minuman sop buah dan jus buah ini membuka usahanya di pertigaan jalan Babarsari, lebih tepatnya di depan Depok Sport Center. Dalam menjalankan usahanya, Pak Saryono bekerja sama dengan Bapak Hedi yang berada di Bandung. Dengan memakai brand Fresh – I sop buah, Pak Saryono setiap bulannya memberikan fee kepada partnernya sebesar 10%. 

Menu sop buah disukai hampir semua masyarakat, baik kalangan masyarakat menengah atas maupun kalangan menengaj kebawah. Campuran buah, sirup serta susu kental manis yang menyehatkan banyak dicari konsumen dari mulai anak – anak, remaja, sampai orang tua. Rasa sop buah yang segar biasa dinikmati para konsumen di siang hari sebagai penghilang dahaga mereka di cuaca yang panas. Kebanyakan pembeli sop buah Pak Saryono adalah para mahasiswa yang ada di sekitar lokasi usahanya. 

Sop buah Pak Saryono tidak jauh beda dengan sop buah Bandung lainnya, yang membedakan hanya sirupnya saja. Beliau membuat sendiri sirup yang dipakai untuk berjualan sop buah, sehingga keaslian rasa manis dari gula tetap terjaga tanpa memakai pemanis buatan. Sedangkan buah yang menjadi bahan baku sop buahnya antara lain melon, apel, jeruk, anggur, mangga, pear, alpukat, semangka, stroberi, dan jambu biji. Untuk menambah kenikmatan rasa sop buah, ditambahkan pula susu kental manis putih. 
Semangkok sop buah buatan Pak Saryono, dihargai Rp 5.000,00. Dalam sehari Pak Saryono bisa menjual sop buahnya hingga 50 mangkok, dengan omset rata – rata per hari antara Rp 150.000,00 sampai Rp 400.000,00.

Pemasaran usaha sop buah ini lebih mengandalkan promosi dari mulut ke mulut, para konsumen yang datang kebanyakan mengetahui warung Pak Saryono dari kerabat dan teman – temannya. Selain itu untuk menarik minat para konsumen, digunakan baner bertuliskan sop buah lengkap dengan gambar berbagai macam buah yang menarik para konsumen. Kualitas rasa sop buah Pak Saryono yang terjaga, membuat para pelanggan selalu ingin kembali lagi membeli sop buah buatannya. 

Usaha sop buah merupakan salah satu contoh usaha yang tidak memerlukan modal terlalu besar, selain itu usaha ini mudah untuk dijalankan. Karena proses pembuatan produknya tidak susah, hanya membutuhkan buah segar dan sirup yang berkualitas, Anda sudah dapat menjalankan usaha tersebut. Waktu operasional usaha ini juga tidak terlalu lama, karena biasanya usaha sop buah beroperasi dari mulai jam 10.00 sampai jam 17.00. Diluar jam tersebut dapat Anda gunakan untuk mencoba bisnis lain atau untuk istirahat. 

Untuk masalah kekurangan usaha, hampir sama dengan usaha minuman dingin lainnya. Masalah cuaca yang sering hujan menjadi resiko bagi pelaku usaha, sebab jika sering hujan di siang hari minat konsumen untuk menikmati sop buah juga menurun. 

Agar usaha sop buah Anda selalu diminati para konsumen, hal utama yang harus tetap dijaga adalah kualitas rasa sop buah. Untuk bahan baku sop buah, pilihlah buah – buahan yang masih segar. Selain itu untuk sirup, hindari pemakaian pemanis buatan. Karena akan menimbulkan image buruk dimata para konsumen. 

Potensi bisnis sop buah dari Bandung dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan bisnis minuman yang menguntungkan. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha. Salam Sukses.

Sumber : serambiusaha.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar