Selasa, 25 Desember 2012

Sukses Bisnis Hijab


Hijab saat sudah menjadi salah satu trend mode di tanah air sehingga wanita tidak bosan mengenakan penutup aurat yang itu-itu saja. Melihat peluang tersebut, Tsummadana Wulan (22) merintis karir dengan mendesain hijab dan menjualnya via online. Bahkan saat ini produknya sudah dipakai puluhan artis tanah air.

Di sebuah butik kecil bernama Miulan di samping rumahnya di Jl Kedung Batu Selatan no.88 Semarang atau tepat di belakang Klenteng Sam Po Kong, Wulan dan tujuh karyawan mengemas puluhan hijab dan busana muslim yang siap dikirim ke penjuru tanah air bahkan luar negeri.

"Mau dikirim ke luar Jawa. Pelanggan juga ada dari Singapura, Brunei Darusalam dan yang paling sering Hongkong," kata Wulan di butiknya, Sabtu (17/11/2012).

Dengan menjual hijab dan baju muslim, saat ini Wulan sudah bisa mewujudkan keinginannya untuk Umroh, jalan-jalan ke luar negeri dan membeli barang yang diinginkannya. Ia pun menceritakan kisah suksesnya saat ditemui detikcom.

Awalnya ia hanya mahasiswi biasa di Fakultas TekniK Informatika Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang hingga akhirnya dosen memberikan tugas kewirausahaan yaitu membuat usaha tanpa modal. Gadis cantik ini pun memutar otak dan mengawalinya dengan menjual pakaian pantas pakai miliknya.

"Dari penjualan itu akhirnya dapat modal dan membuat pernak pernik asesoris buatan sendiri misalnya gelang, kalung, cincin dan lainnya," tandasnya.

Untuk menyokong usahanya, Wulan juga menjadi anggota salah satu Multi Level Marketing (MLM) hingga akhirnya dia bisa membangun toko. Tapi tidak seperti yang diharapkan, tokonya tidak dipenuhi pengunjung bahkan tergolong sepi. Lagi-lagi Wulan harus memutar otak agar usahanya sukses.

"Lalu dibantu Ibu, saya mendisain hijab dari referensi internet dan dijual via online. Dari situ ternyata banyak peminatnya, maka terlahirlah Miulan bulan November 2011 lalu," ujar Wulan bangga.

"Sebulan setidaknya membuat empat desain baru," imbuhnya. Lama-kelamaan, usahanya semakin berkembang, Wulan pun bisa mempekerjakan tujuh karyawan. Bahkan ibu-ibu di sekitar tempat tinggalnya juga ikut kebagian rejeki dengan membantu memotong dan menjahit kain yang akan dijadikan hijab.

"Ibu-ibu di sini ikut membantu, sedangkan karyawan di butik tinggal melakukan finishing dan packing. Ya istilahnya bagi-bagi rezeki, lah," tutur Wulan.

Selain dijual per buah, hijab buatan Wulan juga dijual dengan sistem Distributor dengan minimal pembelian 100 buah, Agen dan Reseller dengan minimal pembelian 20 buah yang akan mendapatkan diskon khusus.

"Ada diskon 40 persen dan 20 persen. Harga hijabnya antara Rp 30-95 ribu," katanya.

Yang menjadi ciri khas hijab dari Wulan hingga banyak diminati adalah karena bahannya yang terbuat dari kain kaos, serta disain minimalis dengan asesoris bunga berwarna soft yang terkadang saling bertabrakan namun tetap menjadi kombinasi yang baik.

"Karena desain saya, jadi saya beri nama sesuka hati misalnya Cottonia Flowering Shawl (CfO), Classy Shawl (CS), dan Hoodie Vest Two Face . Tapi saat ini desain juga mengikuti permintaan pasar," tutur dara kelahiran 23 Desember 1990 tersebut.

Dari usahanya yang baru berdiri setahun itu, Wulan saat ini memiliki pendapatan bersih hingga jutaan rupiah perbulan, omsetnya pun hingga seratus juta rupiah. Selain itu dengan memanfaatkan twitter, ia berhasil membuat produknya dipakai oleh beberapa artis untuk dipakai dalam pengambilan gambar film. "Misalnya Julia Peres, Lyra Virna, Lia Ananta, Asti Ananta, Sheza Idris dan masih banyak lagi".

Sementara itu menurut Wulan, lebih efektif untuk menjual produknya lewat jejaring sosial karena pasar anak muda sekarang lebih condong menggunakannya. Dengan akun www.facebook.com/miulan.hijab , Wulan memperoleh pelanggan berlimpah bahkan tak ayal ada orang yang meniru desain bahkan namanya.

"Itu tidak masalah, yang penting kita saat menjual saling percaya saja. Menggunakan panggilan akrab seperti 'sist dan cint' ternyata efektif membuat pelanggan merasa nyaman untuk berbelaja," kata Wulan sambil tersenyum.

Salah satu pelanggan Miulan, Dwi Putri Normasari mengaku senang dengan desain hijab yang dihasilkan Wulan, ia pun selalu menyempatkan diri membeli hijab saat melewati butik Miulan.

"Disainnya lucu, harganya juga terjangkau. Saya selalu mampir dulu kalau lewat sini," katanya.

Sumber : news.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar