Rabu, 19 Desember 2012

Nona Shyam Badan Shrestha


Nona Shyam Badan Shrestha adalah Direktur Eksekutif Nepal Knotcraft Centre (NKC). NKC adalah pelopor pusat kerajinan tangan yang didirikan 22 tahun yang lalu untuk meningkatkan pekerjaan dan mengandalkan pada kemampuan diri sendiri bagi para wanita tuna sosial dan ekonomi di daerah-daerah perkotaan Nepal. Pusat tersebut yang hanya dimulai dengan beberapa orang wanita yang menghasilkan barang-barang macrame, kini telah memperluas peluang pekerjaan untuk ratusan wanita baik didaerah perkotaan maupun didaerah pedesaan Nepal, dan telah memperluas keanekaragaman produknya termasuk boneka etnis dan barang untuk hadiah yang dibuat dari sekam jagung, serbuk gergaji daur-ulang, dan kertas nasi. Produk merek terbaru NKC, yaitu Fiber Weave Nepal, mempromosikan keanekaragaman kekayaan alam Nepal selagi menawarkan peluang pekerjaan untuk para wanita didaerah pedesaan yang membuat mereka independen secara ekonomi. NKC mengekspor produknya terutama ke Jepang dan Amerika Serikat.

BizMantra, SME Toolkit di Nepal, menyelenggarakan sejumlah lokakarya promosi secara berkala untuk membiasakan UKM Nepal dengan versi Toolkit orang Nepal ( www.bizmantra.org ) dan untuk membantu meningkatkan proses bisnis mereka. Nona Shrestha telah mengambil bagian dalam Lokakarya Promosi BizMantra yang diselenggarakan bersama Women Entrepreneurs Association of Nepal (WEAN). 

Nona Shyam Badan Shrestha, telah membagi pengalamannya dalam Seminar BizMantra yang belum lama ini berlangsung

Setelah lokakarya tersebut, Nona Shrestha mengunjungi website BizMantra (www.bizmantra.org ). Ia membaca bagian akuntansi dan pemasaran dari Toolkit dan berhasrat kuat untuk mengetahui apakah strategi penetapan harganya sudah tepat dan sistem akuntansinya sudah efektif.

Nona Shrestha kemudian berkunjung ke BizMantra untuk konsultasi. Ia mengakui bahwa walaupun ia adalah salah satu pengusaha yang terkemuka di Nepal, namun pengetahuan akuntansinya masih lemah. Tuan Sailesh Man Shrestha, seorang konsultan BizMantra, mengkaji ulang harga produk-produknya dan menjumpai bahwa penetapan harganya kurang optimal.

Nona Shrestha dan timnya telah menghitung segala biaya produk dengan memasukkan biaya bahan mentah dan upah. Kemudian mereka menetapkan harga semua produk dengan kenaikan harga 40%. Namun demikian, mereka tidak menghargai waktu yang dikeluarkan, biaya litbang, dan segala pengeluaran rupa-rupa lainnya.

Nona Shrestha menjelaskan bahwa NKC perlu mengubah penetapan harganya untuk setiap lini produk khusus, dan bahwa dalam kenyataannya perusahaan telah terlampau rendah menetapkan sebagian dari produk-produknya.

Dengan bantuan BizMantra, Nona Shrestha mempertimbangkan seluruh pengeluaran langsung dan tidak langsung (biaya bahan mentah, upah, biaya litbang, dan segala pengeluaran rupa-rupa lainnya) dalam menghitung biaya keseluruhan dari setiap produk. Dianjurkan bahwa ia menurunkan harga semua produk yang kompetitif di pasar dan yang telah tersedia untuk waktu yang lama, dan bahwa ia menaikkan harga semua produk unik dan eksklusif dengan hampir 300%. Pada awalnya, ia ragu-ragu mengenai peningkatan harga, akan tetapi ia mengadopsi kebijakan penetapan harga baru sebagaimana dianjurkan oleh BizMantra. Hasilnya: pertumbuhan dalam pendapatan, keuntungan lebih tinggi dan tidak adanya kerugian dalam voluma penjualan.

BizMantra pada saat ini sedang membantu NKC dengan manajemen organisasi secara menyeluruh. Sebagian dari pencapaian mereka baru-baru ini mencakup:
•  BizMantra membantu NKC meluncurkan ruang pameran produk seratnya di Kupondole, Patan.
•  BizMantra mempromosikan produk NKC pada dua pameran:
•  Pekan raya yang diadakan oleh Federation of Nepalese Cottage and Small Industries (FNCSI) dari tanggal 9 hingga 12 Desember 2005 di Bhrikuti Mandap. Pada pekan raya ini NKC menghasilkan penjualan dengan jumlah Rs. 2770.
•  Pekan raya di Patan yang diadakan dari tanggal 16 hingga 19 Desember 2005 . Jumlah pendapatan Rs. 5499 telah dihasilkan dalam pekan raya ini.
•  BizMantra merancang dan mengembangkan website untuk NKC ( www.nepalknotcraftcentre.com.np ), yang diperbarui secara teratur.
•  BizMantra membimbing NKC mengenai cara yang terbaik untuk mempromosikan diri sendiri pada Pameran Dagang Kerajinan Tangan ke 7, yang diadakan dari tanggal 23 Februari 2006 hingga 27 Februari 2006. NKC menghasilkan jumlah pendapatan Rs. 19.090.

Nona Shrestha menjelaskan, "BizMantra adalah pendukung yang besar sekali bagi SME dalam memperlancar segala persoalan yang berhubungan dengan pengelolaan.”

Sumber : indonesia.smetoolkit.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar