Minggu, 21 Oktober 2012

Peternak Kambing Sukses Milyaran

Peternak kambing etawa kini makin maju. breeding kambing peranakan etwa PE berkuping panjang ini juga di lakukan oleh bapak Muslikan Gofur yang tinggal Peduhuhan  Karangsono  Ngunut Tulung Agung. Dengan mengorbitkan  farm Duta etawa  group  sangklir Ia sukses membesut  kambing  tersebut hingga ratusan ekor. Dia pun juga telah  berpengalaman sehingga membagikan pengetahuanya kepada setiap orang apabila akan menekuni  usaha peternak  dengan mengontak di nomor   081 556 410975.

Usaha ini di mulai sejak tahun  2001 yang silam dengan memanfaatkan dana pasca  menjadi   TKI di Malaysia Johor baru selama 6 tahun sebagai kuli bangunan. Saya melirik usaha ini sebab  usaha kambing PE  di pandang dapat menguntungkan selainjuga saya  sudah capek  Jadi TKI. Tentu saja usaha  kambing ini saya lakukan setelah terjun dan keliling ke berbagai ternak  dan saya memutuskan untuk masuk hingga sekarang ’ papar Gofur kepada majalahburung ini.

Lebih lanjut dia menjelaskan  awal berdiri  hanya  6 ekor kambing  betina 4 dan 2  jantan,  Alhamdullilah  sekarang menjadi  200 ekor, cempe, induk  jantan dan betina  dan hasil  dari breeding banyak di beli oleh orang Madura, Jateng, Jatim sendiri  Bali, dan NTB ketika masih anakan atau cempe  “kata Gofur.

Ketika wartawan majalahburungpas.com ini melanjutkan  pertanyaan, apa tips agar bisa sukses di bidang tersebut ? Dia lantas membuka,  bahwa setiap usaha kita musti yakin bahwa suatu usaha akan berhasil atau percaya diri,  kedua  berani dengan resko dan tantangan, juga ulet,  tetapi  yang terpenting  keyakinan  usaha  akan jalan merupakan pondasi pertama. Selain juga harus memohon kepada-Nya dalam  merintis.

Sedang yang lain Siap mental  adalah hal yang penting pula, sebab rintisan itu susah, dan akan  di cemooh oleh para orang yang tidak senang  dan tidak yakin akan usaha kita, dan ini akan di temuai setiap pelaku “jelas Gofur. 

Mensikapi  beragam kendala tersebut  saya  justru malah  tertantang dan ini merupakan  cambuk untuk maju, sehingga pada suatu saat atau  Pertama  kali jual untuk kambing PE  kelas kontes  laku 25 juta.   Menarik yang  lainnya, juga  Pernah menjual  1 ekor Rp.  55 juta umur baru  38 hari di beli oleh seorang Dokter  Petrokimia  Gresik. Setelah merasa berjalan maka modalpun  di tambah dengan meminjam  dana dari lembaga keuangan atau  Bank  sebanyak 250 juta Rupiah dan itu dapat membuat usaha semakin  lancar. 

Kisah suka duka  selama berdiri  sudah  saya alami dan ini merupakan pengalaman yang membuat air mata menetes, karena Atas karunia-Nya saya dapat menghasilkan pundi-pundi  Rupiah  yang lebih dari  2 milyar rupiah, yang merupakan  rekor  dan ini tertinggi di Indonesia, karena dihasil  dari ternak bukan sebagai  pedagang kambing.

Kemajuan yang saya raih tentu saja membuat  Efek ekonomi  lebih mapan, juga membuat keharmonisan rumah tangga dan keluarga  semakin rukun  karena  seringnya ada di rumah, di samping kesehatan juga terjamin berkat mengonsumsi hasil susu kambing peranakan  Etawa  setiap hari “Beber  Muslikan Gofur. 

Di  sesi  pemaparan yang lain usaha usaha perkambingan ternyata tidak sulit dan dapat di kembang oleh masyarakat  umum. Pria berkumis ini melanjutkan,  untuk  mengatasi pakan  hijauan,  maka juga menerapkan tanam rumput  secara kelompok  dengan  jual beli.  Jangan ragu untuk berkiprah kalau  Anda itu mau maju, “kata Muslikan Gofur  yang  tiap bulannya  mendapatkan cempe sekitar 10 ekor dan tiap tahun 130 ekor. 

Berbagai  prestasi dan pengalaman  beternak kambing etawa ternyata juga menjadi  lirikan dari  R 1 hal ini karena berdasarkan prestasi, yang  di peroleh  oleh kelompoknya dengan  meraih juara  1  nasional, juara umum, juga juara Kaligesing Purworejo dan juara umum di Malang dan jepara. Saat  RI 1 memberikan  suport  kami di berikan benih dan itu di saksikan oleh para mentrinya sebanyak  10 mentri dengan waktu lama 2 jam duduk di bawah pohon kelapa di kandang ini “ungkap Gofur mengenang peristiwa langka tersebu.

Bantuan Kambing sejumlah  150 ekor  untuk  5 kabupaten di  Jatim di terima  pada tanggal 31 maret  2010 yang lalu dan itu mampu membuat semangat para kelompok untuk terus  berkiprah di ternak kambing.

Di akhir perbincangan dengan majalahburungpas.com online ini  “Saya berharap bapak presiden banyak memberikan bantuan kepada anggota peternak  Etawa  di dalam negri dan  ini merupakan modal, sedang bantuan untuk  yang luar negri yaitu berupa promosi,  juga agar dapat di reaslisasikan karena ini termaasuk yang di sampaikan dalam pertemuan kepada kelompok ternak.

Di sesi penutupan, meskipun Muslikan Gofur  lebih fokus di kambing tetapi  Ia terpantau  juga memlihara  Perkutut dan derkuku, hal ini di sebabkan  sebelum ternak hewan berkaki 4 ini telah mendapat pengetahuan dari peternak derkuku  dari H.Yusuf Hasan KLM pungkasnya. 

Sumber :  majalahburungpas.com

1 komentar:

  1. kunjungan d sore hari salam sukses selalu lewat blognya !

    BalasHapus