Ouval Research didirikan oleh tiga anak muda yaitu M. Rizki
Yanuar,Firman Firdaus, dan Arif Maskom pada tahun 1997. Ketiganya adalah
pemain skateboard. Berawal dari keinginan mereka untuk memenuhi
kebutuhan komunitas skateboard. Maka lahirlah ide-ide kreatif dan
inovatif hasil pemikiran idealis dari ketiga anak muda itu. Mereka
beranggapan bahwa skateboard bukan hanya sekedar olahraga tapi lebih
jauh dari itu merupakan sebuah gaya hidup. Hasil pemikiran kreatif dari
ketiga pentolan Ouval Research tersebut terlahirlah karya-karya gaya
berpakaian, kaos, sweeater, yang akhirnya menjadi trend dan gaya
komunitas lokal maupun internasional.
Ouval Research sendiri merupakan akronim dari” Originality for
Understanding Viction and Artificial Language”. Yang memiliki filosofi
semangat, spontanitas, kebersamaan, dan semua hal tentang percaya diri
sendiri, serta menikmati hidup, disitu terlihat adanya sedikit
“pemberontakan” gaya remaja dan anak muda.
Kisah sukses ini diawali dengan hasil patungan yang menghasilkan
modal sebesar Rp. 200 ribu. Dari modal kecil itu mengalirlah kaos dan
sweater karya-karya kreatif dari Ouval, yang dimulai dengan melayani
usaha sesuai dengan pesanan dari konsumen juga dengan sistem konsinyasi.
Hingga pada tahun 2000 Ouval Research membuka toko sendiri di Jalan
Buah Batu, Bandung dengan modal Rp. 20 juta untuk sewa tempat, disain
ruangan dan persediaan barang. Dari sinilah mereka mengawali sukses
sebagai pebisnis clothing dengan design kaos dan design sweater yang
sukses.
Disusul pada tahun 2003 Ouval mengembangkan usahanya dengan
membuka toko lagi di di Jalan Sultan Agung, kawasan elit di Bandung,
dengan modal Rp. 60 juta. Toko ini yang menjadi perpanjangan distribusi
produk kaos dan sweater melalui berbagai distro diluar Bandung.
Produk-produk kaos dan sweater Ouval Research telah menyebar lebih
dari 100 distro di seluruh Indonesia. Produk-produknya tidak sebatas
kaos, sweater, dan celana saja, tapi telah merambah hingga memproduksi
hoodie, kemeja, tas, topi, sepatu, sandal, papan skateboard, dan
aksesoris seperti sabuk, dompet, agenda, gantungan kunci dan lain-lain.
Apa yang membuat Ouval Research begitu sukses melakukan penetrasi
pasar? Inilah rahasia sukses mereka “Kami Limited Edition” konsumen diberikan pelayanan yang special dengan desain produk yang terbatas
tidak banyak ditemukan secara mudah. Ouval Research hanya mengeluarkan
30 design kaos atau sweater setiap bulannya dan tiap kaos dan
sweater-nya hanya diproduksi sebanyak 50 sampai 100 buah saja. Produk
yang benar-benar “limited” yang membuat konsumen merasa sangat special.
Selain “limited edition” Ouval Research juga memiliki konsep desain
kaos dan design sweater tersendiri yang membedakannya dengan
perusahaan-perusahaan lain yang sejenis. Konsep desain ini dinamakan
“contemporary design”, yaitu sebuah konsep desain modern yang melihat
unsur-unsur kehidupan, khususnya kehidupan anak muda saat ini (today’s
youth live) dalam sebuah perspektif baru. Disainnya mencakup dunia
musik, olah raga, gaya hidup, budaya, kebijakan politik pemerintah,
kekerasan, lingkungan, kemiskinan, serta modernisme, yang sekaligus
menjadi karya seni yang bisa dinikmati.
Sumber : andalasclothing.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar