Kamis, 25 Oktober 2012

Ouval Research Sukses Bisnis Clothing

Ouval Research didirikan oleh tiga anak muda yaitu M. Rizki Yanuar,Firman Firdaus, dan Arif Maskom pada tahun 1997. Ketiganya adalah pemain skateboard. Berawal dari keinginan mereka untuk memenuhi kebutuhan komunitas skateboard. Maka lahirlah ide-ide kreatif dan inovatif hasil pemikiran idealis dari ketiga anak muda itu. Mereka beranggapan bahwa skateboard bukan hanya sekedar olahraga tapi lebih jauh dari itu merupakan sebuah gaya hidup. Hasil pemikiran kreatif dari ketiga pentolan Ouval Research tersebut terlahirlah karya-karya gaya berpakaian, kaos, sweeater,  yang akhirnya menjadi trend dan gaya komunitas lokal maupun internasional.

Ouval Research sendiri merupakan akronim dari” Originality for Understanding Viction and Artificial Language”. Yang memiliki filosofi semangat, spontanitas, kebersamaan, dan semua hal tentang percaya diri sendiri, serta menikmati hidup, disitu terlihat adanya sedikit “pemberontakan” gaya remaja dan anak muda.

Kisah sukses ini diawali dengan hasil patungan yang menghasilkan modal sebesar Rp. 200 ribu. Dari modal kecil itu mengalirlah kaos dan sweater karya-karya kreatif dari Ouval, yang dimulai dengan melayani usaha sesuai dengan pesanan dari konsumen juga dengan sistem konsinyasi.

Hingga pada tahun 2000 Ouval Research membuka toko sendiri di Jalan Buah Batu, Bandung dengan modal Rp. 20 juta untuk sewa tempat, disain ruangan dan persediaan barang. Dari sinilah mereka mengawali sukses sebagai pebisnis clothing dengan design kaos dan design sweater yang sukses.

Disusul pada tahun 2003 Ouval mengembangkan usahanya dengan membuka toko lagi di di Jalan Sultan Agung, kawasan elit di Bandung, dengan modal Rp. 60 juta. Toko ini yang menjadi perpanjangan distribusi produk kaos dan sweater melalui berbagai distro diluar Bandung.

Produk-produk kaos dan sweater Ouval Research  telah menyebar lebih dari 100 distro di seluruh Indonesia. Produk-produknya tidak sebatas kaos, sweater, dan celana saja, tapi telah merambah hingga memproduksi hoodie, kemeja, tas, topi, sepatu, sandal, papan skateboard, dan aksesoris seperti sabuk, dompet, agenda, gantungan kunci dan lain-lain.

Apa yang membuat Ouval Research begitu sukses melakukan penetrasi pasar? Inilah rahasia sukses mereka “Kami Limited Edition” konsumen diberikan pelayanan yang special dengan desain produk yang terbatas tidak banyak ditemukan secara mudah. Ouval Research hanya mengeluarkan 30 design kaos atau sweater setiap bulannya dan tiap kaos dan sweater-nya hanya diproduksi sebanyak 50 sampai 100 buah saja. Produk yang benar-benar “limited” yang membuat konsumen  merasa sangat special.

Selain “limited edition” Ouval Research juga memiliki konsep desain kaos dan design sweater tersendiri yang membedakannya dengan perusahaan-perusahaan lain yang sejenis. Konsep desain ini dinamakan “contemporary design”, yaitu sebuah konsep desain modern yang melihat unsur-unsur kehidupan, khususnya kehidupan anak muda saat ini (today’s youth live) dalam sebuah perspektif baru. Disainnya mencakup dunia musik, olah raga, gaya hidup, budaya, kebijakan politik pemerintah, kekerasan, lingkungan, kemiskinan, serta modernisme, yang sekaligus menjadi karya seni yang bisa dinikmati.

Sumber :  andalasclothing.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar