Senin, 07 Januari 2013

Yogi Tyandaru Bisnis Dagang Konsep Ibadah


Jika menanam padi, maka rumput pasti ikut tumbuh. Namun jika menanam rumput, maka jangan harap padi akan ikut tumbuh. Perumpaan itu pas dilekatkan pada roda usaha yang dijalankan pemilik jaringan pasar swalayan Fajar Toserba, Yogi Tyandaru. Dalam menjalankan usahanya, dia lebih mengedepankan ibadah dibandingkan pencarian laba. Hasilnya, usahanya berkembang pesat. Tak hanya berperan dalam dakwah untuk mendekatkan diri dan masyarakat pada Allah, usahanya juga mendatangkan keuntungan berlipat ganda.

Yogi bercerita, Fajar Toserba sebenarnya dirintis pertama kali oleh ayah mertuanya, H Jana. Kala itu, sang ayah mertua menjadi pedagang rokok keliling selama 11 tahun di Jakarta. Dari usaha menjajakan rokok, mulai dari Tanah Abang, Mangga Dua, dan Pasar Pagi, ayah mertuanya jadi tahu pusat penjualan berbagai macam barang. Seperti misalnya sepatu, pakaian, maupun ikat pinggang.

Dengan bekal ilmu itu, H Jana mendirikan toko kecil di rumahnya di Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan pada 1997. Semakin hari, usahanya semakin berkembang. Dia pun membuka toko lagi di pasar Kramat Mulya dan di Jalan Raya Jalaksana. Toko di Jalaksana inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya Fajar Toserba.

Yogi baru memasuki kehidupan H Jana saat menikah dengan putri tunggalnya pada 2001. Saat itu, dia diminta oleh ayah mertuanya untuk membantu mengembangkan Fajar Toserba. Namun, lulusan Fikom Unisba Bandung itu menolaknya. Jiwa jurnalisnya yang gemar berpetualang membuatnya lebih memilih tetap bekerja dan tinggal di Jakarta.

Namun, Jakarta ternyata bukan tempat terbaik untuknya. Buktinya, Yogi tergolek sakit hingga dua tahun lamanya. Berbagai upaya pengobatan tak jua membuahkan kesembuhan. Dia kemudian berusaha introspeksi mengenai dosa dan kesalahannya, terutama pada orang tua. Dia ingat, pernah menolak permintaan mertuanya yang menghendakinya pulang guna membantu mengembangkan usaha Fajar Toserba. ‘’Saya akhirnya sadar dan minta maaf pada ayah mertua,’’ tutur Yogi, 
Ternyata, kesediaannya mengikuti keinginan sang ayah mertua adalah keputusan yang tepat. Buktinya, sakit yang dideritanya selama dua tahun langsung sembuh. Dia akhirnya terjun mengikuti usaha ayah mertuanya.

Namun, meski berstatus sebagai menantu pemilik Fajar Toserba, tak membuat Yogi langsung menduduki tampuk kepemimpinan. Ayah mertuanya justru mendidiknya dari level terbawah. Saat itu, dia ditugaskan menjadi petugas cleaning service di Fajar Toserba. ‘’Coba bayangkan, lulusan sarjana jadi cleaning service,’’ kata Yogi.

Ia ditempatkan sebagai petugas penitipan barang. Di pos barunya itu, dia sering menjadi sasaran kemarahan pengunjung yang tersinggung jika harus menitipkan barang.cTak berhenti sampai disitu, ‘karier’ Yogi terus meningkat. Silih berganti dia merasakan berbagai posisi pekerjaan di toserba milik ayah mertuanya. Mulai dari pelayan toko, sopir pengangkut barang, petugas input data, hingga kasir. Meski merasa perih dan sempat berburuk sangka terhadap perlakuan ayah mertuanya, dia tetap menjalani semua itu. Yogi akhirnya sadar, ada makna besar dibalik perlakuan yang diterimanya. Ayah mertuanya tidak ingin dia menjalankan usaha itu secara instan. Karena salah satu kelemahan pribumi yang terjadi selama ini adalah kegagalan saat regenerasi. Biasanya, generasi pertama yang merintis dan mengembangkan usaha, generasi kedua justru yang menghancurkan.

Setelah merasakan berbagai posisi yang ada di Fajar Toserba, Yogi akhirnya mendapat kepercayaan ayah mertuanya. Dia diberi proyek besar senilai Rp 8,9 miliar untuk membuka cabang Fajar Toserba di daerah Luragung, Kabupaten Kuningan. Dengan luas tanah dua hektare dan bangunan seluas 5.000 meter persegi, Yogi diharuskan membuka toserba sendiri. Padahal, dia tidak memiliki pengalaman bikin toko. Dia pun harus mengalami susahnya menghadapi birokrasi dan pejabat, termasuk preman yang tinggal di wilayah tokonya. ‘’Bapak sengaja tidak memberi tahu trik-triknya, saya diharuskan menjalaninya sendiri,’’ kata Yogi.

Namun, dari beragam kesulitan itu, Yogi akhirnya punya pengalaman membuat toko. Bahkan, Fajar Toserba saat ini sudah memiliki 15 cabang dan 400 orang karyawan yang tersebar di wilayah Kuningan dan sekitarnya. Sekitar dua atau tiga tahun mendatang, dia akan menerapkan sistem franchise.

Menurut Yogi dalam mengembangkan Fajar Group, ada tiga konsep yang sejak dulu diterapkan ayah mertuanya. Yakni, pengembangan wilayah dan pembangunan daerah, dakwah dan ibadah, serta profit. Ketiga konsep itu sangat jauh berbeda dengan konsep yang dikembangkan para pelaku bisnis ritel lainnya.
‘’Kreatifnya kami ya disitu,’’ ujar Yogi.

Untuk pengembangan wilayah dan pembangunan daerah, konsep yang diterapkan Fajar Toserba meniru ‘samudera biru’ yang luas. Maksudnya, mendirikan sebuah toserba tidak harus di tengah kota. Selain sesak, juga menimbulkan kemacetan. Karena itu, pengembangan Fajar Toserba selalu di pinggir kota.Namun, sebelum mendirikan toserba, hal pertama yang dibangun terlebih dulu adalah masjid. Setelah itu, mendatangkan ustadz untuk mengajari masyarakat di sekitarnya mengenai agama. Tak lupa, dibangun pula kios-kios kecil yang disewakan dengan harga murah kepada masyarakat setempat. Para penyewa kios pun dijadikan sebagai mitra. Karenanya, pengembangan Fajar Group tidak akan membuat warung-warung kecil gulung tikar. Justru sebaliknya. Daerah yang sepi menjadi berkembang. Di saat itulah, baru Fajar Toserba kemudian didirikan. ‘’Dengan menerapkan ketiga konsep itu, maka dimanapun ada Fajar Toserba, maka daerah yang sepi akhirnya jadi kota kecamatan yang ramai,’’ tegas Yogi.

Untuk menjaring konsumen, Yogi pun membidik masyarakat menengah ke bawah. Dengan demikian, masyarakat kecil yang hanya memakai sandal jepit dan turun darii angkot pun tidak malu belanja di Fajar Toserba. Yogi pun membiasakan pengamalan ibadah dalam kehidupan sehari-hari kepada para karyawannya. Namun, caranya bukan dengan perintah lisan. Berbagai amalan ibadah, dia contohkan secara langsung dalam bentuk tindakan nyata. Misalnya, setiap adzan solat berkumandang, dia akan berhenti beraktifitas dan bergegas menuju masjid untuk solat berjamaah. Melihat hal itu, karyawannya secara otomatis akan ikut serta.

Meski kini telah mereguk keberhasilan, namun Yogi merasa itu bukan semata-mata karena perannya. Menurut dia, pembuka keberhasilannya yang pertama adalah rido Allah. Dia menilai, usahanya dalam mengembangkan Fajar Toserba hanya bernilai 10 persen. Sedangkan 90 persen lainnya, adalah pertolongan dari Allah. ‘’Selalu ada intervensi dari Allah sehingga bisa berhasil,’’ tegas Yogi.

Yogi mengaku, bisnis ritel yang digelutinya selalu memiliki masa surut. Setiap tahun, masa surutnya mencapai tiga sampai empat bulan. Namun, hal itu diatasinya dengan cara berhemat di saat masa-masa ramai, yakni lebaran dan liburan.

Tak hanya mengalami masa surut, bisnis ritel juga mendatangkan persaingan yang sangat keras. Namun, untuk menghadapinya, Yogi memiliki lima strategi. Pertama, menyediakan berbagai kelengkapan barang yang dibutuhkan masyarakat sekitar. Bahkan, dia menyediakan catatan kepada konsumen mengenai barang-barang yang mereka butuhkan. Tak hanya itu, barang-barang yang dijualnya pun 90 persen adalah produk lokal.

Strategi kedua, menerapkan harga bersaing. Jika ingin memberikan diskon, maka akan langsung diberikan tanpa terlebih dulu menaikan harganya terlebih dulu. Ketiga, display toserba yang menarik. Keempat, tecnology sevice dan human service. Semua karyawan Fajar Toserba, diajarkan untuk selalu akrab, ramah, dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen. Kelima, kebersihan dan kenyamanan. ‘’Maju dan mundurnya usaha sudah ditentukan Allah. Kita hanya tinggal berusaha saja supaya tidak tertinggal.

Sumber : ceritapengusaha.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar