Selasa, 08 Januari 2013

Sukses Nico Siahaan


Sebuah acara yang sukses tentu merupakan hasil kerja keras tim penyelenggara yang solid.

Mungkin, itulah salah satu kenikmatan sekaligus tantangan bekerja di balik panggung. Tak heran jika dewasa ini, bisnis Event Organizer (EO) semakin menjamur, khususnya di kalangan selebriti.

Presenter berdarah batak, Nico Siahaan, menjadi salah satu selebriti yang sukses menjalankan bisnis EO miliknya, En3rgy Communication selama 10 tahun. 

Mampu dipercaya untuk menggelar beberapa acara, membuat Nico tidak sungkan berbagi cerita mengenai seluk-beluk menyelenggarakan sebuah acara yang sukses.

Sebelum membangun bisnis EO, awalnya Nico berniat membangun sebuah manajemen artis. Namun, secara tidak disengaja niat tersebut malah berubah menjadi bisnis EO.

"Ketika melihat orang lain mengerjakan sesuatu, rasanya ingin membantu," tutur ayah dari dua anak ini kepada Majalah Hello, beberapa waktu lalu.

Kedekatan Nico dengan dunia EO sudah terjalin sejak tahun 90-an. Sebagai salah satu karyawan di divisi off air Radio Oz Bandung, Nico banyak belajar seluk-beluk menyelenggarakan sebuah acara, mulai dari lomba debat hingga konser musik.

Konser Sendiri milik mendiang Chrisye yang diselenggarakan di Eldorado pun menjadi pintu yang memperkenalkan Nico dengan para profesional di dunia EO dari Jakarta. "Sampai di Jakarta, saya sempat bekerja dengan mereka untuk belajar," tambahnya.

Meskipun sudah banyak menggelar acara, namun ada acara yang membekas dalam memori Nico. Salah satu yang paling diingatnya adalah ketika ia dan tim mengerjakan acara perubahan logo salah satu stasiun TV swasta di Indonesia.

"Itu adalah acara besar pertama yang kami gelar, dengan menghadirkan banyak artis. Klien juga terlihat puas. Acara itu adalah batu loncatan bagi kami," ungkap pria bernama lengkap Junico Bisuk Partahi Siahaan ini.

Melihat klien bahagia akan suksesnya acara adalah salah satu hal yang memberi kepuasan tersendiri bagi Nico dalam menjalani bisnis EO.

"Satu hal yang sama dari pekerjaan di dunia hiburan dan EO adalah keinginan untuk membahagiakan orang lain," lanjut Nico. "Kita harus menciptakan kreativitas yang dapat menghibur orang."

"Saya senang mengerjakan sesuatu yang membuat orang lain tersenyum. Inilah yang membuat kami mau bekerja lebih keras untuk orang lain. Event organizer harus memiliki kreativitas yang tak terbatas."

Nico pun membeberkan rahasianya mempertahankan bisnisnya, mengingat usaha EO kini kian menjamur.

"Kalau tidak banyak belajar, pasti akan tertinggal. Salah satunya, kita harus sering memerhatikan konser atau acara apa pun, agar kreativitas kita terus terasah dan mengalirkan ide-ide," pungkasnya. 

Sumber : entertainment.ghiboo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar