Kamis, 31 Januari 2013

Bisnis Makanan Ringan


Camilan yang beredar di pasaran banyak sekali ragamnya, dari yang bikinan pabrik besar sampai bikinan industri rumahan. Dan sebagian besar mengandung zat aditif kimia tambahan. Kalau zat tersebut memang diperuntukkan untuk makanan tentunya tidak masalah asalkan sesuai ambang batas yang diizinkan. 

Vetsin atau MSG adalah bahan kimia yang ditambahkan ke dalam makanan untuk meningkatkan cita rasa makanan. Padahal sebenarnya dengan bumbu bumbu natural dari alam sudah cukup bisa membuat makanan menjadi enak dan gurih. Hanya saja MSG sangat murah harganya. Jadi sering dipakai oleh pelaku industri makanan untuk menguatkan rasa produk mereka dengan biaya sekecil mungkin. Dibanding dangan pemakaian bumbu natural alami, pasti biaya pemakaian MSG lebih murah.

Keripik adalah salah satu produk makanan ringan yang sering ditambahkan MSG di dalamnya, terutama keripik dengan cita rasa yang asin, misal keripik tempe, keripik jamur, keripik singkong, dan lain-lain. Karena bahan utama keripik tersebut bercita rasa tawar, industri makanan berinovasi dengan menambahkan perasa. Jadi selain MSG, bahan kimia yang ditambahkan bisa berupa perasa buatan, pewarna makanan, serta pengawet makanan.

Meskipun bahan bahan kimia tambahan tersebut diizinkan penggunaannya dalam batas tertentu, tetap saja jika dikonsumsi di atas ambang batas akan menimbulkan gejala penuruan kesehatan. Terlebih lagi kita tidak bisa memantau, apakah suatu makanan yang kita konsumsi mengandung bahan kimia atau tidak. Karena kadang pabrikan terutama industri makanan rumahan tidak mencantumkan komposisi produknya secara lengkap.

Untuk mengisi kebutuhan konsumen yang peduli dengan makanan ringan yang sehat, Dyah Purana yang selama ini malang melintang dalam bisnis online-nya Aremafood.Com, menciptakan produk keripik tempe dan jamur bebas MSG. Keripik tempe tersebut sangat terkenal di Malang, tapi kebanyakan produk keripik tersebut menggunakan MSG, dan bahan perasa tambahan kimia lain.

Dyah bereksperimen membuat keripik tempe non-MSG rasanya tidak kalah enak. Karena masyarakat awam kebanyakan berasumsi, keripik tanpa MSG pasti rasanya hambar. Dengan penambahan bumbu bumbu alami yang memang dipakai sebagai bumbu adonan tepung keripik tempe, rasanya tetap enak meski tanpa MSG. Tapi rasa gurihnya memang tidak setajam jika menggunakan MSG, ini gurihnya 'mild', dan tidak bikin eneg.

Keripik tempe dari kota Malang terkenal dengan aneka rasa, selain rasa original ada aneka rasa barbeque, balado, keju, dan sebagainya. Kemudian Dyah berkesperimen lagi untuk membuat perasa dari bahan alami, seperti misalnya rasa keju. Bumbu keju bisa dibikin dari keju bubuk ditambah protein whey untuk menguatkan rasa kejunya. Jadilah keripik tempe dengan perasa keju alami. Memang produk akhirnya menjadi agak mahal, tapi tidak berefek negatif bagi kesehatan jangka panjang.

Selain keripik tempe, Dyah juga membuat keripik jamur tiram. Tempe dan jamur tiram adalah bahan makanan yang mudah didapat dan kaya akan protein. Dyah memasarkan produknya di toko online Aremafood.Com miliknya, selain melalui agen-agennya yang tersebar di kota kota besar. Jakarta adalah yang tertinggi menyerap hasil produksinya.

Kane Kane adalah nama yang diciptakan sebagai merek produk keripik tempe dan jamur tiram tersebut. Orang asli kota Malang pasti paham apa arti Kane Kane. Malang terkenal dengan bahasa lokalnya 'boso walikan', yaitu bahasa lokal yang membalik cara baca dari belakang. Kane Kane artinya adalah Enak Enak. Cocok dengan online store milik Dyah yang lebih dulu eksis Aremafood.Coma yang diambil dari kata Arek Malang.

Dyah memanfaatkan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter untuk mengenalkan produknya. Pelanggannya kebanyakan adalah orang kantoran yang terbiasa berbelanja online dan melek internet. Tren berbelanja online sudah semakin meningkat belakangan ini. Karena memudahkan konsumen menjangkau produk yang secara geografis jauh dari lokasi tempat tinggalnya.

Sumber : ciputraentrepreneurship.com

1 komentar:

  1. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG GAIB
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    BalasHapus