Minggu, 07 Oktober 2012

Gado-Gado Kelas Atas

Perjuangan ibu dan anak untuk lepas dari masalah ekonomi yang melilit mereka ternyata bisa menjadi kekuatan yang sempurna. Bagaimana tidak? Bermodal kepiawaian sang bunda dalam mengolah makanan, dan putranya dalam mengatur manajemen, bisnis kelas rumahan itu pun ‘naik kelas’ menjadi bisnis ‘gedongan’.

Banyak orang ragu mengangkat gado-gado ke level bisnis yang lebih bergengsi, karena takut rugi. Tapi, lain halnya dengan Juliana Hartono (64 tahun) malah berani membangun restoran mewah untuk jualan gado-gado. Rupanya, bisnis itu sukses hingga beranak pinak menjadi 10 restoran gado-gado dengan nilai aset miliaran rupiah.

Kisah perjuangan Juliana Hartono (Pendiri Gado-Gado Boplo) dan putra sulungnya, Calvin Hartono dalam mengembangkan usaha Gado-Gado Boplo sungguh luar biasa. Berawal dari sebuah gang sempit di Jalan Kebon Sirih, bisnis makanan itu kini berkembang pesat menjadi sebuah restoran gado-gado yang telah dikenal masyarakat luas, bahkan menjadi favorit para pejabat dan selebritis. Citra masakan gado-gado sebagai makanan tradisional berhasil diangkat sebagai makanan yang berkelas.

“Awalnya dimulai di tahun 1970, mami mulai berjualan gado-gado di halaman rumah kami di sebuah gang sempit di Kebon Sirih. Jadi kami hanya melayani tetangga sekitar rumah, dengan harga jual Rp 25,- per porsi” ujarnya. “ Mami harus bekerja keras mencari nafkah, karena Papa saya sudah meninggalkan kami. Dan karena mami sangat hobi memasak, akhirnya beliau memutuskan untuk berjualan makanan” tutur Calvin. Menu gado-gado dipilih karena cara penyajiannya yang dinilai cukup mudah ketika itu.

Kelihaian sang ibu mengolah bumbu gado-gado ternyata mendapat respon positif dari tetangga sekitar, sehingga halaman rumahnya selalu ramai dipenuhi para pembeli. Hingga pada tahun 1980, mereka memindah lokasi berjualan di garasi rumah milik seorang kerabat di jalan raya Wahid Hasyim, tepatnya di seberang Apotik Boplo.

Di sekitar daerah tersebut juga terdapat sebuah pasar tradisional, yang terkenal dengan nama Pasar Boplo. Dari situlah akhirnya nama Boplo dipakai sebagai brand restoran gado-gado mereka, saat ini nama Gado-Gado Boplo telah dipatenkan. “Saya salut dengan mami, walaupun hanya sampai tingkat 3 SD, namun telah berpikiran maju dengan memikirkan masalah merk. Hingga akhirnya disepakati memakai nama Gado-Gado Boplo” terang Calvin.

Pada tahun 2004, mereka mendapat tawaran untuk mengakuisisi sebuah restoran yang hampir mati di Jalan Barito, Jaksel. Dan dari situlah Gado-Gado Boplo bertransformasi menjadi sebuah restoran modern, dengan tempat dan fasilitas yang nyaman, namun tetap mengandalkan menu utama makanan tradisional, gado-gado.

Selaku pengelola restoran, Calvin merasa optimis dengan bisnis itu. Bagi dirinya, makanan tradisional khas Betawi ini, memiliki prospek besar bila dipasarkan di level yang lebih tinggi. “Sebenarnya makanan itu disukai semua orang. Yang membuatnya identik dengan kalangan menengah ke bawah, akibat kondisinya saja. Selama ini, orang yang ingin membeli gado-gado harus sambil berdesak-desakan, berpanas-panasan, dan sambil bercucuran keringat. Itulah sebabnya mereka (kalangan menegah ke atas. Red) malas membeli gado-gado, karena tidak terbiasa dengan suasana itu,” tutur Calvin.

Ketika diminta untuk memberikan kiat–kiat sukses bagi para calon entrepreneur, dengan mantap Calvin menjawab “ Konsistensi! Anda harus terus konsisten dengan usaha anda, kerjakan dengan penuh gairah. Dan buat teamwork yang solid. Kita di Boplo semuanya kerja tim, kita tidak bisa One Man Show. Kita seperti satu tubuh dengan banyak anggota tubuh yang saling melengkapi dengan fungsinya masing-masing “ jelasnya. “Lalu mulailah merintis dari yang kecil. Jangan mengharapkan sesuatu yang instan dan maunya langsung besar. Justru proses itu yang akan mendewasakan kita dan membuat kita kuat sehingga kita tidak mudah dijatuhkan, jadi jangan menghindari yang namanya proses.”

Ide Kacang Mete
Menurut Juliana, bisnis gado-gadonya mulai merangkak naik setelah dia menggunakan kacang mete sebagai bahan utama bumbu gado-gado.  "Saya terinspirasi dari konsumen yang suatu hari membawa segenggam kacang mete. Dia minta dibuatkan gado-gado, tapi menggunakan kacang yang dibawanya itu. Ternyata rasanya lebih gurih dan lezat," jelas Juliana seperti dilansir berita usaha membeberkan resep andalannya itu. Sejak itulah gado-gado buatannya menggunakan kacang mete.

Berkat kerja keras perempuan kelahiran Jakarta, 7 Juli 1944 ini, usaha gado-gadonya terus berkembang pesat. Juliana semakin bersemangat untuk mengembangkan usahanya itu. Tak hanya gado-gado, tapi juga menyajikan makanan tradisional lainnya seperti, soto betawi dan nasi rames. "Waktu itu saya sudah punya karyawan sekitar 5 orang. Saya bahagia sekali usaha ini terus berkembang," ujarnya bangga.

Senada dengan Calvin, Juliana mengakui usahanya itu tak selalu berjalan mulus. Pasang surut pernah dialaminya sebagai pengalaman berharga demi kemajuan usahanya. Ia mengaku pernah mengalami jatuh bangun karena berbagai penyebab. Misalnya sumber daya manusia yang belum memadai, perselisihan dengan investor, dan masih banyak lagi.

Ingin Go International
Namun semua kendala itu tak membuatnya putus asa. Juliana justru mengambil hikmah dari semua ujian tersebut untuk introspeksi diri demi kemajuan usahanya. "Saya juga pernah mendapat serangan isu menggunakan minyak babi hingga sempat membuat heboh. Syukurlah semua itu tidak berhasil menghentikan usaha saya, karena saya selalu menjunjung tinggi kejujuran, integritas dan kepercayaan," tandas wanita yang pernah menyabet Indonesian Creative and Inovative Award, kategori makanan di tahun 2006 itu.

Dengan prinsip usaha itulah ia mampu bertahan dan eksis di usaha makanan meski kompetisi di bidang usaha tersebut semakin ketat. "Secara berkala saya melakukan survei kecil-kecilan untuk mengetahui selera konsumen dan selalu bereksperimen dengan menu-menu baru. Inovasi di berbagai hal juga selalu dilakukan demi kepuasan konsumen," jelasnya membeberkan kunci suksesnya.

Inovasi, lanjut Juliana, tak hanya dilakukan pada menu-menu yang disajikan, tapi juga fasilitas, strategi promosi dan peningkatan kualitas SDM. "Misalnya kami memberikan free desert pada hari-hari tertentu, paket murah, adanya live music dan masih banyak lagi program lainnya demi kepuasan konsumen," jelasnya.

Mengenai strategi pengembangan usahanya, Calvin mengaku, masih ingin berkonsentrasi di wilayah Jakarta dan sekitarnya saja. Menurut Calvin, sejauh ini sudah ada banyak tawaran dari daerah-daerah lain, namun dengan berbagai pertimbangan, ia belum berani, kecuali investornya bersedia mengikuti pola pengembangan yang selama ini telah berjalan, yakni pola kemitraan ala Boplo, di mana investor yang masuk hanya menanamkan modalnya saja, sementara seluruh pengelolaannya ditangani pihak Boplo.

“Jadi dia (investor.red) sebagai pemegang saham pasif, tinggal menikmati keuntungannya saja, tidak perlu turun. Itulah yang selama ini berjalan, dan terbukti bisa berjalan dengan baik,” papar Calvin. Sedangkan untuk sistem franchise yang belakangan banyak diterapkan sejumlah pengelola restoran, Calvin mengaku belum berani. “Kami tahu kemampuan sendiri karenanya belum berani untuk franchise. Buat apa dipaksakan, kalau nanti image Boplo malah hancur,” ujar Calvin.

Sumber : ciputraentrepreneurship.com

1 komentar:

  1. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG GAIB
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    BalasHapus