Senin, 17 September 2012

Bubur Kacang Hijau Sukses Meraih Pelanggan

Usaha bubur kacang hijau bisa terangkat di pasaran, karena memiliki banyak manfaat. Salah satunya praktis disajikan dan bergizi tinggi. Saat cuaca sedang dingin di pagi hari maupun di malam hari, bubur kacang hijau yang disajikan hangat ini bisa jadi pilihan utama.

"Olahan kacang hijau dalam bentuk bubur termasuk penganan terasa manis yang tergolong ramai dicari di masyarakat, selain olahan penganan yang menggunakan bahan baku dari beras ketan," kata Totok, karyawan salah satu rumah makan yang sekaligus menyediakan beragam penganan di Denpasar.

Terang Totok, rasa bubur olahan dari kacang hijau ini cukup menghangatkan dengan komposisi air, kacang hijau, gula kelapa dan jahe serta tanpa tambahan bahan pengawet. Paduan rasa manis dari gula, kelapa dan kacang hijaunya cukup pas dan rasa jahenya juga terasa meskipun tidak terlalu menyengat.

Jadi, bisa diterima lidah semua kalangan. Dari segi manfaat kesehatan, imbuhnya, bubur kacang hijau ini juga banyak mengandung vitamin dan mineral.

Salah satunya vitamin B1 dan B2, merupakan vitamin yang terkandung dalam kacang-kacangan. Protein (zat pengatur dan pembangun), kalsium (untuk ketahanan tulang dan gigi) dan zat besi (antianemia).

Jelasnya, semua manfaat tersebut, tidak heran bila sejak dahulu ibu-ibu hamil sering dianjurkan mengkonsumsi kacang hijau agar bayi yang dilahirkan mempunyai rambut lebat. Di pasaran harga bubur kacang hijau ini ditawarkan relatif terjangkau dengan berkisar di bawah Rp 5.000 per porsi.

Biasanya transaksi pembelian bubur kacang hijau ini biasanya ramai pada pagi hari terutama saat liburan, sebab saat itu kebanyakan orang melakukan aktivitas olah raga pagi dan seringkali mengkonsumsi bubur kacang hijau ini setelah melakukan aktivitas tersebut.

Akuinya, saat liburan tiba rata-rata penjualan bubur kacang hijau bisa mencapai 50 mangkok, sedangkan pada hari biasa permintaan rata-rata laku 20-an mangkok per hari.

Hal senada diungkapkan Sukriman, pebisnis sejenis lainnya. Kata dia, kacang hijau ini bisa dijadikan peluang bisnis, salah satunya dalam bentuk bubur. Tidak itu saja, sari dari kacang hijau juga dapat diolah menjadi minuman, sama seperti dengan olahan dari susu kedelai yang juga tidak kalah nilai gizinya.

“Bubur kacang hijau umumnya diusahakan oleh usaha kecil rumah tangga dan kini sudah banyak diusahakan belakangan ini,” tandasnya. Gerobak Sepeda Motor Pak Sobari Mangkal di Jl. Merbabu, dekat Laboratorium Prodia Malang; - Pak Sobari memulai usaha berjualan bubur sejak 1978 dengan gerobak dorong di sekitar Jl. Merbabu, namun pada 2004 ia berganti menggunakan sepeda motor agar dapat berkeliling ke wilayah lain di kota Malang.

Begitu pula dengan Bubur Kacang Hijaunya. Kacang hijau yang diolah dikupas terlebih dahulu. Sehingga bubur kacang hijaunya terasa lembut namun tidak hancur. Rasanya manis dan beraroma wangi. Sangat menggoda selera.

Sumber : suaramedia.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar