Kamis, 13 September 2012

Sukses Petani Bertaraf Nasional


SUGIHARTI merupakan Ketua pada kelompok tani Tunas Karya, Jorong Kurnia Kamang, Nagari Kamang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, terlahir pada tanggal 23 Februari 1969 di Padang Panjang.

Kelompok tani ini juga telah bergabung pada Gapoktan Kerukunan Tani Mandiri. Pendidikan terakhir beliau adalah S1 Ekonomi. Memiliki 3 orang anak dari suami yang bekerja sebagai seorang petani sawit.

Kegiatan yang dilakukan Sugiharti sehari-harinya adalah menjalankan tugas sebagai pengelola usaha tani kelapa sawit seluas 4 ha dengan produktivitas mencapai 5 ton/ha/bulan, kakao seluas 0.5 ha dengan produksi 40 kg/bulan, pinang berjumlah 100 pohon dengan produksi 100 kg/bulan, ternak sapi berjumlah 15 ekor dengan luas kandang 400 m², ternak ayam buras berjumlah 100 ekor dengan luas kandang 48 m², dan ternak itik berjumlah 250 ekor dengan luas kandang 1.600 m².

Ternak sapi beliau juga berintegrasi dengan kebun kelapa sawit miliknya, sehingga dapat saling menguntungkan antara lain kotoran sapinya dapat menjadi pupuk organic di areal kebun kelapa sawit sehingga dapat memperbaiki struktur tanah dan menambah unsur hara tanah, pengendalian gulma pada kebun kelapa sawit dapat berkurang dengan adanya sapi yang memakan rumput-rumputan, sapi dapat digunakan sebagai alat angkut hasil panen buah kelapa sawit melalui gerobak yang ditarik.

Kemudian kebun kelapa sawit dapat menjadi ladang makanan bagi sapi untuk penggemukannya. Selain di bidang pertanian, Sugiharti juga mengelola kolam ikan antara lain ikan lele berjumlah 29.600 ekor dengan luas kolam 296 m², ikan nila berjumlah 8.700 ekor dengan luas kolam 580 m², ikan patin berjumlah 10.000 ekor dengan luas kolam 500 m², dan ikan gabus berjumlah 250 ekor dengan luas kolam 500 m².

Tidak hanya di hulu, Sugiharti juga mengelola industri hilir berupa pengolahan ikan lele asap (salai) dengan produksi 150 kg/bulan. Dalam bidang kehutanan, Sugiharti juga menanam pohon mahoni dan pohon jati masing-masing sebanyak 100 pohon yang ditanam pada sekeliling batas kebun miliknya. Sugiharti dalam mengelola unit usahanya dibantu juga oleh suami dan karyawan yang berjumlah 8 orang.

Dari segi permodalan, Sugiharti pada tahun 1998 mendapatkan kredit dari KKPA (Kredit Koperasi Primer Anggota) sebanyak Rp. 6.500.000,-. Kemudian pada tahun 2008, beliau mendapatkan kredit dari Bank Pembangunan Daerah (Bank Nagari) sebanyak Rp. 50.000.000,-. Selanjutnya pada tahun 2010 mendapatkan pinjaman dari Bank Mandiri sebanyak Rp. 330.000.000,-.

Semua pinjaman tersebut digunakan oleh Sugiharti untuk modal bagi usaha taninya seperti yang telah diuraikan di atas. Dalam perjalanannya, Sugiharti terus bersemangat dalam mengembangkan usaha taninya, terbukti dengan telah banyaknya warga masyarakat lain termasuk di luar daerah yang telah mengikuti jejaknya untuk berkolam ikan.

Saat ini Sugiharti telah mencoba untuk mengembangkan hasil olahan ikan berupa dendeng ikan, abon ikan, crispy ikan, bakso ikan, kerupuk ikan, dan pakan ikan. Pemerintah Daerah melalui Instansi terkait juga memberikan perhatian yang cukup besar kepada Sugiharti dengan mengirim beliau untuk mengikuti pelatihan-pelatihan baik di bidang budidaya pertanian, perikanan maupun hasil olahannya.

Selain itu, hasil olahan yang diusahakan oleh beliau juga selalu diikutkan pada pameran-pameran yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung maupun Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Sumber : inspirasi.lintas.me

Tidak ada komentar:

Posting Komentar