Selasa, 18 September 2012

Modal Minim datangkan Sukses

Sabtu yang lalu saya mendapat mata kuliah Entrepreneurship, dimana dosen saya mengundang seorang temannya, berinisial “J”, untuk sharing kepada kita semua. Sharing mengenai pengalaman pribadinya, jatuh bangunnya, hingga ia bisa sukses sekarang. Pak “J” saat ini berusia 28 tahun dulunya ia pernah DO saat kuliah, karena dia mengambil jurusan computer enginerring, dan pada semester ke 3, ia tak sanggup melanjutkannya, karena ia merasa kesulitan menghadapi matakuliah tersebut. Setelah gagal, ia mencoba lagi masuk di bidang marketing, dan juga sambil kerja di luar. Dari kerjaannya itu ia mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan. Sebelumnya ia juga pernah menjual tiket-tiket untuk keluar kota dan juga keluar negeri (ticket agency), tentunya lama-kelamaan ia mulai familiar dengan dunia travelling, nah mulailah perlahan-lahan ia menciptakan bisnis sendiri. Saat itu, Pak “J” tidaklah mempunyai modal yang besar, tapi ia mempunyai banyak networking dan juga mempunyai dasar pengetahuan mengenai dunia travelling. Bisnis tersebut ia rintis hingga saat ini ia berhasil dan sudah memimpin 3 perusahaan dimana salah satu perusahaannya ada di Amerika Serikat, dan duanya di Indonesia.

Ia mengajarkan kepada kita, memulai bisnis tidak perlu modal besar, apalagi ia memulai dengan zero capital, dan terbukti ia berhasil, dan quotenya berbunyi “Start with what you have, and the business is YOU”. Itu pesan yang selalu ia ucapkan ketika ia men-share tentang pengalamannya kepada kita.

Sedikit cerita berupa pengalaman pribadi saya (tidak bermaksud untuk menyombongkan diri yhaa, hehehe ^^), dulu di saat SMP, saya pernah menjadi business planner kecil-kecilan sebanyak 2 kali, yaitu membuka stand makanan selama 2 hari berturut-turut dalam rangka meramaikan suasana classmeeting. Dengan kondisi keuangan yang pas-pasan, saya tidak memikir masalah modal untuk 2 hari, tapi yang saya pikirkan hanyalah hari pertama, saya membuat rancangan sedimikian rupa, sehingga pada hari pertama, bisnis kami menghasilkan keuntungan sebesar 300 ribu, dari keuntungan tersebut, saya lanjut ke planning hari kedua, tidak jauh beda dengan planning hari pertama, tapi ada beberapa hal yang saya perbaharui, dan ternyata saya bisa mendapatkan keuntungan sebesar 600 ribu. Total keuntungan yang saya peroleh selama 2 hari adalah 900 ribu, dan modal yang saya gunakan hanya 300-350 ribu/hari. Tetapi sebelumnya, saat pertama kali saya membuka stand makanan (tahun kedua SMP), saya mengalami kerugian, di samping tidak ada network, mungkin rancangan bisnis saya tidak sesuai, dan pengalaman itu saya bawa untuk rancangan pembukaan stand kedua kalinya (tahun ketiga SMP). Dan terbukti saya bisa mengubahnya menjadi lebih baik. Karena pas saya buka stand untuk yang kedua kalinya, saya mempunyai network yang cukup besar dan juga segala sesuatu saya persiapkan dengan matang. Saya memulainya dengan modal pas-pasan, dengan pengalaman sebelumnya yang saya dapatkan, tentunya tak lepas dari bantuan serta dukungan teman-teman. Saya bisa, tentunya teman-teman yang lain juga pasti bisa.

Sumber : kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar