Senin, 07 Januari 2013

Sukses Bajigur Rasa Durian


ANDA pasti pernah mendengar kata "bajigur"? Ya, bajigur adalah minuman tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Minuman ini enak diminum di kala cuaca dingin, karena ciri khas minuman ini selalu disajikan dalam keadaan hangat.

Minuman yang terbuat dari campuran gula merah dan santan, merupakan teman minum kala menyantap singkong goreng atau pisang goreng dipagi atau sore menjelang malam hari tiba.

Namun apa jadinya bila minuman tradisional tersebut dimodifikasi dengan durian? Tentunya berbeda dengan bajigur pada umumnya dan memberikan sensasi rasa tersendiri.

Adalah Tutang (35), yang mengkreasikan bajigur dan buah durian menjadi sebuah minuman yang menggiurkan. Berawal dari sebuah keisengan, bapak tiga orang anak ini mencoba memadukan buah durian. Hasilnya tidak main-main. Buktinya, minuman baru ini diapresiasi baik oleh para penikmat kuliner.

"Kenapa saya jual bajigur durian ini? Karena biar orang tertarik untuk mencoba, biar beda dan unik saja. Selain itu biar harga jualnya jadi tinggi dan ada perubahan rasa yang signifikan, sehingga hasilnya pun mejadi enak," ungkap Tutang, ketike berbincang kepada okezone, belum lama ini.

Pada awalnya, Tutang hanya berjualan es kelapa muda saja, namun memasuki bulan November 2009, ketika memasuki musim dingin Tutang memiliki inisiatif untuk beralih menjual minuman hangat, dan bajigur-lah yang dipilih. Meskipun pada hari pertama menjual bajigur durian ini hanya laku satu gelas saja, namun setelah seminggu berlalu, Tutang pun berhasi menjual 15 liter dalam satu hari, di mana satu liter terdiri dari lima gelas. "Tiga bulan kemudian, bajigur duriannya laku sebanyak 90 liter per harinya," paparnya.

Tutang pun mematok minuman hasil kreasinya ini dengan harga yang terjangkau. Hanya dengan Rp7.500 per gelas, pembeli sudah bisa merasakan sensasi minuman yang beda daripada yang lain.

Dengan modal awal sebesar Rp200 ribu, kini Tutang pun dapat meraih omset sebesar Rp1,5 juta-Rp2 juta per hari. Bahkan, bisa mencapai di atas Rp2 juta pada akhir pekan. Jika dikalkulasi, Tutang mengaku bisa meraih omzet sebanyak Rp60 juta.

Sementara, Tutang dapat menghabiskan 40 hingga 50 butir buah durian. Jumlah itu dapat menghasilkan 150 hingga 200 gelas per harinya.

Sumber : economy.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar