Jumat, 04 Januari 2013

Usaha Warnet


Tak salah jika ada ungkapan anak muda bisa jadi pengusaha. Buktinya, Endang Lesmana memiliki warung internet (warnet) di Cibinong, Bogor. Omzet tertinggi Rp 1 juta per hari.

Seperti kita lihat. di Indonesia terdapat berbagai macam profesi. Mulai dari dokter, pengacara, hingga petani.
Dan saat ini, saya mendapatkan kesempatan untuk melihat berbagai wirausaha di sekitar lingkungan rumah saya yang setidaknya dapat menambah pengetahuan bagi kita dan khususnya untuk saya. sehubungan juga dengan adanya Tugas Kuliah saya yaitu untuk melihat wirausaha disekitar lingkungan rumah saya yang mungkin bisa ditiru nantinya untuk membuka usaha sendiri. dan pada kesempatan ini saya akan menceritakan tentang berwirausaha Warnet (warung internet). Pemilik usaha Warnet ini ternyata tak lain dan tak bukan adalah seorang pemuda bernama Endang Lesmana. yang masih berusia 27 tahun, ia memilih profesi menjadi seorang pengusaha.

Awalnya tidak pernah terlintas dipikirannya untuk menjadi seorang pengusaha. Diawali dengan membantu seorang temannya yang mempunyai sebuah rental komputer. Namun karena suatu hal, usaha rental komputer tersebut tutup. Saat itulah terpikir oleh Endang untuk memiliki usaha seperti milik temannya itu. 

Setelah melihat usaha rental komputer sebelumnya. Endang berinovasi untuk menambahkan fasiltitas internet pada usahanya yang baru. Jadi tidak tidak sekedar mengetik dan print saja. 

Maka pada awal tahun 2007. Endang membuka sebuah warung internet (warnet) yang bernama em@h.NET. Berlokasi di Jalan SRANDAKAN dekat ITC, Cibinong. 

em@h NET memiliki fasilitas internet, rental komputer, print biasa-warna, hingga print foto. Ruangan yang didesain menarik dan dilengkapi AC. Tentunya akan memberikan kenyamanan pada konsumennya. 

Endang memutuskan membuka usaha warnet dikarenakan berbagai alasan. Pertama, warnet merupakan usaha yang masih sangat berpeluang besar. Pada saat itu jumlah warnet di sekitarnya masih sangat terbatas, sehingga em@ah NET berpeluang mendapatkan lebih banyak konsumen. 

Alasan berikutnya adalah meningkatnya kebutuhan masyarakat akan interrnet. “siswa-siswi SMP/SMA cari tugas sudah tidak membuka buku lagi, tapi mencari di internet,” kata Endang. Selain siswa ternyata masih banyak masyarakat sekitar yang membutuhkan internet. 

Menjadi pengusaha pasti memiliki tujuan untuk kesejahteraan ekonomi. Baik diri sendiri, keluarga, maupun lingkungan sekitar. Omzet rata-rata em@h NET mencapai Rp 300 ribu – Rp 700 ribu per hari. Bahkan dalam waktu kurang dari dua tahun sudah balik modal. Hmm.. sangat menggiurkan bukan?  Selain keuntungan berupa materi. Membuka sebuah usaha seperti warnet ini tentunya membuahkan keuntungan lain. Endang mengaku jadi memiliki lebih banyak teman. Semua konsumen dari em@h NET dianggapnya sebagi teman dan pastinya akan memperluas networking. 

Pengusaha tidak hanya berlimpah dengan keuntungan. Dibalik itu semua banyak tantangan yang harus dihadapi untuk melangkah menjadi pengusaha sukses. Tantangan yang harus dihadapi em@h NET sehari-hari yaitu kendala teknis, diantaranya jaringan koneksi internet yang sering terganggu, dan virus komputer yang merajalela. 

Tantangan terbesar bagi Endang adalah perkembangan teknologi yang begitu pesat. Semakin murahnya tarif internet membuat kemudahan bagi seseorang untuk mengakses internet kapan dan dimana saja. Cukup menggunakan ponsel dan laptop sudah bisa mengakses internet dengan cepat dan murah. Tentunya lebih fleksibel daripada pergi ke internet. 

Namun untuk mengatasi hal tersebut Endang berencana untuk tidak malakukan inovasi terhadap usaha warnetnya agar lebih menarik. “ Inovasi usaha yang sudah ada cuma buang-buang duit,” katanya. Dia berencana untuk memindahkan usaha warnetnya ke daerah luar Cibinong yang masih memiliki peluang besar. 

Memutuskan menjadi pengusaha memang bukan hal yang mudah. Penuh tantangan dan resiko. Namun bukan berarti anak muda takut menjadi pengusaha. “Untuk menjadi pengusaha harus selalu terbuka, fokus, dan jangan cepat puas dengan usaha yang sudah ada,” kata Endang Lesmana pemilik usaha warnet em@h NET di Jl Srandakan No.93, Sabtu (13/02/10).

Lebih cepat memulai pasti lebih menuai hasil. Sebagai generasi muda, bisa memulai menjadi pengusaha semenjak di bangku sekolah maupun kuliah. Namun tetap memprioritaskan pendidikan. Anak muda pasti bisa jadi pengusaha!!! Ujar Endang.

Dengan kata lain, kita dapat meniru usaha beliau ini yang dapat berguna bukan hanya untuk diri kita sendiri, 
namun juga untuk orang lain. apalagi ini sebuah contoh untuk kita para pemuda agar supaya mau mencoba dan mau sukses di usia dini. Semoga cerita saya mengenai wirausaha warung internet (Warnet) ini dapat menjadi motivasi dan inovasi baru bagi kita sebagai Generasi Muda.

Sumber : usahabiznizku.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar